Dalam dunia komunikasi di era tahun 1973. Telepon genggam pertama ditemukan oleh Martin Cooper, seorang karyawan Motorola. Sebuah telepon genggam pertama berhasil diselesaikan dengan total bobot seberat dua kilogram. Untuk memproduksinya, Motorola membutuhkan biaya setara dengan US$1 juta. “Pada tahun 1983, telepon genggam portabel berharga US$4 ribu (Rp36 juta) setara dengan US$10 ribu (Rp90 juta).

dynatac-evolution

Dari situlah, awal perkembangan telepon genggam makin mencuat dari generasi ke generasi. Generasi ke-O yaitu telepon genggam yang tidak lepas dari radio. Sistem telepon seluler 0-G masih menggunakan sebuah sistem radio VHF untuk menghubungkan telepon secara langsung pada PSTN landline. Kelemahan sistem ini adalah masalah pada jaringan kongesti yang kemudian memunculkan usaha-usaha untuk mengganti sistem ini. Menginjak generasi ke-1 yaitu telepon genggam yang sebenarnya. Penemuan inilah yang telah mengubah dunia selamanya. Teknologi yang digunakan 1-G masih bersifat analog dan dikenal dengan istilah AMPS. AMPS menggunakan frekuensi antara 825 Mhz- 894 Mhz dan dioperasikan pada Band 800 Mhz. Karena bersifat analog, maka sistem yang digunakan masih bersifat regional. Lanjut ke generasi ke-2 yaitu Pada generasi 2G sinyal analog sudah diganti dengan sinyal digital. Penggunaan sinyaldigital memperlengkapi telepon genggam dengan pesan suara, panggilan tunggu, dan SMS. Generasi ke-3 dan ke-4 jauh lebih hebat lagi, selain banyak fitur, generasi ini juga menawarkan begitu banyak spesifikasi.

ipad

Model ponsel saat ini tidak pernah lepas dari sentuhan photoshop. Disini, Saya akan menuliskan tutorial photoshop tentang desain iPad 2 yang sangat fenomenal dari waktu ke waktu. Applikasi yang bagus, desain yang elegan, dan harga yang cukup tinggi adalah karakteristik dari produk Apple. Lalu, seperti apa sih cara mendesain iPad 2 itu? Berikut penjabarannya..

Preview

7

 

Langkah 1: Buatlah Basic Shape iPad

Buat dokumen Photoshop baru yang memiliki luas kanvas 1500x1200px.

Mari ciptakan sebuah persegi panjang bulat dengan menggunakan Rounded Rectangle Tool dengan Radius di 50px. Ini akan menjadi bentuk dasar dari iPad.

2

Kita perlu mengubah bentuk ini. Gunakan Free Transform (Ctrl / Cmd + T) untuk modifikasi. Ctrl-click/Cmd-click dan tarik sudut sampai Anda mendapatkan bentuk di bawah ini.

3

Tambahkan Bevel dan Emboss dan lapisan efek Gradient Overlay ke dalam bentuk. Bevel dan Emboss akan memberikan penampilan 3D dan Gradient Overlay menghindari warna datar pada body iPad.

Bevel dan Emboss

4

Gradient Overlay

5

Dan Inilah Hasil dari Gaya Layer Tersebut : 

6

Saat ini, iPad kita terlalu bersih dan datar. Tidak realistis sama sekali. Kita perlu menambahkan beberapa noise texturing ke permukaan untuk memberikan efek yang lebih taktil agar terlihat lebih nyata.

Untuk memulai, buat layer baru dan tempatkan di atas iPad. Isi layer dengan warna putih.

Klik kanan pada layer putih dan pilih Convert to Clipping Mask (Ctrl / Cmd + Alt / Option + G).

Mulai sekarang, segala sesuatu yang kita pasang di lapisan tersebut secara otomatis akan berada pada dalam tubuh iPad karena clipping mask.

Ubah layer Blend Mode pada Multiply dan kurangi Opacity menjadi 35%.

7

Pilih Filter> Noise> Add Noise.

8

Buat layer baru dan tempatkan di atas iPad. Sekali lagi, ubah layer ke clipping mask.

Ctrl-click/Cmd-click the iPad shape layer untuk membuat pilihan di sekitar iPad. Klik kanan dalam seleksi dan pilih Stroke dari menu.

9

Pilih warna hitam (# 000000) untuk opsi Color, mengatur Lebar untuk 15px dan mengatur Lokasi Inside.

10

Ini adalah hasil dari perintah Stroke:

11

Lembutkan garis stroke menggunakan filter Gaussian Blur (Filter> Blur> Gaussian Blur).

12

Beralih ke Eraser Tool (E). Hapus pilihan Anda (Ctrl / Cmd + D). Gunakan Eraser Tool untuk menghapus stroke atas dan kanan.

13

Kurangi Opacity layer menjadi 7%.

14

Ulangi proses sebelumnya untuk membuat stroke lainnya di sisi atas dan kanan iPad. Kami ingin Stroke menjadi lebih terang karena ini adalah sisi dimana cahaya akan datang. Jadi, atur Opacity menjadi 3% (bukan 7%).

15

 

Langkah 2: Menggambar Layar iPad

Gambar bentuk persegi panjang hitam dengan Rectangle Tool.

16

Aktifkan Free Transform (Ctrl / Cmd + T). Ctrl-click/Cmd-click dan tarik setiap sudut untuk mencocokkan sudut layar dengan bentuk iPad.

Buat dokumen Photoshop baru dengan ukuran kanvas 1107x831px. Paste wallpaper atau screenshot dari sebuah situs web ke dalamnya. Simpan PSD sebagai screen.psd.

17

Kembali ke PSD iPad. Klik File> Place dan pilih PSD yang baru saja kita buat (screen.psd). Sekarang, screen.psd melekat PSD utama sebagai Smart Object.

18

A Smart Object Photoshop adalah tipe khusus dari layer yang berisi data gambar dari vektor atau gambar bitmap. Mereka bisa menjadi data vektor dari Adobe Illustrator, file Photoshop yang lain, layer dalam file yang telah Anda convert ke Smart Object, dll. Hal ini memungkinkan kita untuk membuat file Photoshop fleksibel dengan komponen yang mudah berubah.

Kurangi Layer Opacity Smart Objek  menjadi 0% sementara untuk membantu Anda menyesuaikan ukuran dan sudut objek.

Ctrl-click/Cmd-click dan tarik masing-masing untuk mengubah kontrol di sudut-sudut sampai sesuai layar.

19

Kembalikan Layer Opacity Smart Objek menjadi 100%. Tekan Ctrl / Cmd + Alt / Option + G untuk mengubah layer ke clipping mask. Gunakan clipping mask di sini untuk memastikan bahwa gambar apapun yang kita gunakan hanya akan menampilkan area di dalam layar iPad (bidang itu yang berada di luar clipping mask tidak akan ditampilkan).

1

Mari menambahkan refleksi ke layar. Buat white shape di bawah dengan Pen Tool (P).

2

Mengkonversi shape menjadi clipping mask dan kurangi Opacity menjadi 10%.

3

Pilih lapisan layar dan berikan sebuah Inner Shadow dan Inner Glow.

Inner Shadow

13

Inner Glow

10

Di bawah ini, Anda dapat melihat bahwa Inner Shadow menambahkan kedalaman layar dan Inner Glow memberikan layar definisi lebih pada tepi layar.

6

 

Langkah 3: Buat Penutup Antena

Gambarlah sebuah persegi panjang hitam tipis dengan Rectangle Tool. Putar menggunakan Free Transform (Ctrl / Cmd + T) sampai cocok dengan sisi kiri iPad.

7

Ctrl-click/Cmd-click iPad layer bentuk dasar untuk memuat seleksi di sekitar tubuh iPad, kemudian klik tombol Add Layer Mask di bagian bawah Layer Panel.

8

 

Langkah 4: Buat Kamera Face Time

IPad memiliki web cam di depan. Kita perlu menambahkan ini ke dalam komposisi. Gambarlah sebuah lingkaran kecil dengan Ellipse Tool di sisi kiri iPad. Berikutnya tambahkan Outer Glow.

9

Outer Glow

10

 

Langkah 5: Membuat Tombol Depan

Anda dapat menemukan tombol Home pada beberapa perangkat Apple (termasuk iPhone). Ini adalah tombol multi-purpose yang berfungsi kontekstual tergantung pada apa yang sedang Anda lakukan, tetapi sering terjadi, jika menekan itu akan mengembalikan Anda ke Home screen.

Untuk menggambar tombol Home, gunakan Ellipse Tool untuk menggambar bentuk lingkaran. Set Opacity ke 100% dan Fill menjadi 0%.

11

Berikan bentuk Drop Shadow, sebuah Inner Shadow, dan Gradient Overlay.

Drop Shadow

12

Inner Shadow

13

Gradient Overlay

7

ni adalah hasil dari layer style kita diterapkan di atas:

15

Gambarlah sebuah persegi panjang bulat di tengah tombol Home dengan Rounded Rectangle Tool. Set Fill ke 0%. Dengan ini kita akan memberikan efek lapisan Stroke.

16

Stroke

17

Ini adalah hasil dari layer style Stroke:

18

 

 

Langkah 6: Buat Smart Cover

Apple juga menciptakan Smart Cover, merupakan cover yang dirancang khusus untuk melindungi dan menopang iPad 2. Kita akan menariknya dalam komposisi ini.

Untuk memulai, gambarlah bentuk yang ditunjukkan di bawah, di belakang iPad.

1

Klik kanan layer Smart Cover di Panel Layers dan pilih Convert to Smart Object dari menu contextual. Kita mengubahnya menjadi Smart Object untuk membuat proses perubahan warna lebih mudah.

2

Setelah mengkonversi layer ke Smart Object, Anda akan melihat sebuah ikon di sudut kanan bawah thumbnail preview layer, yang menunjukkan bahwa itu adalah Smart Object.

3

Duplicate bentuk yang baru saja kita buat dan ubah warnanya menjadi # 8db0ca. Duplicate path, modifikasi dan atur mode menjadi Subtract di Options Bar. Lihat gambar di bawah ini untuk referensi. Tujuan kita adalah untuk mendapatkan bentuk biru tipis untuk ketebalan Smart Objek.

4

Gambarlah sebuah persegi panjang bentuk bulat dan mengatur Fill ke 0%. Tekan Ctrl / Cmd + T untuk mengaktifkan Free Transform dan kemudian menggunakan gambar di bawah ini sebagai referensi untuk transformasi yang diperlukan.

8

Tambahkan Inner Shadow dan Gradient Overlay.

Inner Shadow

13

Gradient Overlay

14

Gunakan Brush Tool (B) dengan hitam sebagai warna kuas untuk melukis pada area yang ditunjukkan di bawah ini. Kemudian Ctrl-click/Cmd-click pada layer untuk memuat pilihan di sekitarnya, dan kemudian hapus daerah yang dipilih. Kita harus akhiri dengan bayangan halus yang menambah kedalaman tambahan ke bentuk.

8

Gambarlah bagian depan Smart Cover dengan Pen Tool.

9

Gambarlah bentuk putih tipis untuk ketebalan Smart Cover. Set Opacity ke 14% dan convert layer ke clipping mask.

10

Lukis bayangan iPad gips itu pada Smart Cover menggunakan Brush Tool.

11

Gambarlah sebuah persegi panjang bulat dengan  Fill 0%. Ubah sampai kita telah mengikuti bentuk:

12

Berikan sebuah lapisan Shadow batin dan Gradient Overlay.

Inner Shadow

13

Gradient Overlay

14

Gunakan soft brush kecil untuk menarik bayangan halus dan highlights di atas bentuk.

15

Gambar bayangan di bawah bagian dalam Smart Cover.

16

Gambarlah sebuah persegi panjang bentuk bulat dengan Fill 0%. Ubahlah sampai kita telah mengikuti bentuk:

1

Berikan lapisan Inner Shadow, sebuah Overlay Color, dan Gradient Overlay.

Inner Shadow

13

Color Overlay

3

Gradient Overlay

4

Ini adalah hasil dari layer style yang kita diterapkan di atas:

8

Paint subtle highlights di sisi kiri dari bentuk.

6

Gambar bayangan halus di sisi bawah dari bentuk.

7

Kedua highlight dan bayangan akan menciptakan efek 3D pada bentuk.

8

Pilih soft brush yang lebih besar. Lukislah bayangan dalam Smart Cover. Hapus bayangan yang tumpah di luar Sampul Pintar.

tutorial-ipad2-6-25

 

Langkah 7: Buat Engsel Smart Cover

Gambar bentuk persegi panjang putih untuk engsel Smart Cover. Putar dan letakkan di bawah iPad.

9

Berikan Sentuhan Inner Glow

5

Seperti yang Anda lihat di bawah ini, Inner Glow memberikan bentuk datar penampilan 3D.

1

 

Langkah 8: Bayangan Detailing

Gunakan Polygonal Lasso Tool (L) untuk menggambar pilihan di bawah Smart Cover yang berbentuk sesuai dengan gambar di bawah ini. Buat layer baru dan tempatkan di bawah iPad kemudian isilah selection dengan warna hitam. Hapus pilihan Anda (Ctrl / Cmd + D) dan kemudian gunakan filter Gaussian Blur untuk melunakkan bayangan.

2

Gunakan soft brush kecil untuk melukis lebih tepat di bawah bayang-bayang wajah iPad.

3

Selanjutnya, membuat pilihan yang lebih besar dengan Polygonal Lasso Tool dan mengisinya dengan hitam juga. Lembutkan menggunakan filter Gaussian Blur. Kurangi Opacity layer sampai kita memiliki bayangan lembut baik.

4

Gunakan soft brush kecil untuk melukis lebih banyak bayangan di bawah iPad dan di bawah engsel Smart Cover.

5

 

Langkah 9: Tambahkan Latar Belakang

Kita sudah selesai membuat iPad. Selanjutnya, kita harus menciptakan latar belakang yang melengkapi itu.

Buat layer baru dan tempatkan di bawah iPad dan layer bayangannya. Isi layer baru dengan gradien radial yang berlangsung dari putih di pusat menjadi abu-abu.

6

Duplikat layer (Ctrl / Cmd + J) kemudian mengubahnya sampai kita memiliki dasar.

7

 

Langkah 10: Mengatur Layers Anda

Oke guys, kita sudah selesai dengan produksi aktual. Kita bisa berhenti di sini jika kita ingin.

Namun, salah satu tujuan saya dalam tutorial photoshop ini bukan hanya untuk menciptakan image yang datar dari iPad, melainkan, PSD Template / mockup yang lain dapat digunakan untuk menampilkan image mereka sendiri.

Jadi beberapa langkah berikutnya semua berhubungan dengan mempersiapkan file Photoshop untuk umum. Gunakan tips-tips ketika Anda berbagi file PSD dengan tim desain Anda atau ketika Anda tawarkan PSD gratis di website Anda.

Pertama, kami ingin memastikan bahwa semua lapisan yang terorganisasi dengan baik, sehingga siapapun – termasuk orang-orang yang memiliki pengetahuan yang terbatas Photoshop – dapat dengan mudah menggunakan PSD Anda.

Berikan setiap layer nama yang sesuai dan atur layer ke dalam kelompok layer. Kunci kelompok layer yang tidak akan sering diubah untuk memastikan bahwa pengguna tidak akan sengaja memodifikasinya. Ini termasuk kelompok-kelompok seperti tombol Home dan bentuk dasar iPad.

Ingatkah bagaimana kita menciptakan Smart Objects untuk layar dan Smart Cover? Kita menggunakan Smart Objects karena Smart Object dapat dimodifikasi dengan mudah.

Gandakan “layar” Smart Object dan “Smart Cover Color” Smart Object dengan Alt-dragging/Option-dragging dalam Panel Layers.

Letakkan di atas semua layer lain dan kemudian menyembunyikannya dengan mengklik ikon mata di sebelah kiri nama mereka. Layer-layer digandakan sama dengan layer asli. Jika kita edit layer ini, maka layer asli juga akan berubah.

Kita duplikat mereka tepat di atas sehingga semua Smart Objects akan cepat diakses. Kita akan melihat lebih lanjut di bawah ini.

8

Tutup kelompok layer untuk menyembunyikan semua layer yang berantakan. Simpan file PSD.

9

 

Langkah 11: Mengubah Content Layar

The iPad mockup sudah selesai dilakukan. Dalam langkah ini, kita akan mengubah isi layar. Klik dua kali pada “layar” Smart Object layer dan akan dibuka di window terpisah.

10

Tempel gambar baru dalam dokumen baru.

11

Tekan Ctrl / Cmd + S untuk menyimpan perubahan. Tutup file dan kembali ke PSD utama. Anda dapat melihat bahwa konten layar secara otomatis diperbarui. Tidak ada transformasi atau modifikasi yang diperlukan. Hal ini membuat mudah bahkan untuk pemula pengguna Photoshop untuk swap gambar keluar.

12

Saya menggunakan proses yang sama untuk mengubah konten layar menjadi Six Revisions. Yang saya lakukan adalah mengambil screen capture dan mempaste ke dokumen Smart Object. Sangat mudah.

13

 

Langkah 12: Mengubah Smart Cover Warna

The “smart cover color” Smart Object adalah sedikit berbeda karena itu benar-benar vektor objek yang kita buat dalam dokumen PSD utama (yang tidak kita import). Jadi mari kita lihat bagaimana Smart Objects membantu kita dengan jenis data.

Dalam Panel Layers, klik dobel “smart cover color” Smart Object. Seperti “layar” Smart Object, dibuka di window dokumen baru. Di sana, Anda akan menemukan layer penyesuaian Warna Solid. Klik dua kali pada thumbnail warna dalam Panel Layers untuk mengubah warna.

14 15

Simpan file dan kemudian menutupnya. Ketika Anda kembali ke PSD utama, warna Smart Cover secara otomatis diperbarui.

16

 

Ringkasan Tutorial

Dalam tutorial ini, saya telah menunjukkan pada Anda bagaimana membuat iPad 2. Lebih dari itu, saya menunjukkan kekuatan menggunakan Smart Objects dan bagaimana untuk mengatur dan membuatnya fleksibel, mudah digunakan pada file PSD.

Saya harap Anda menikmati tutorial Photoshop ini dan telah mengambil beberapa trik dan teknik yang berguna! Jangan lupa bahwa Anda dapat menggunakan iPad 2 mockup untuk menampilkan desain dan screenshot Anda sendiri.

preview

Seperti yang sudah Sribu.com tulis, begitu banyak tutorial Photoshop yang bisa kita pelajari. Beberapa yang telah kami tulis yaitu tutorial photoshop memanipulasi foto, membuat icon melalui photoshop, dan beberapa yang lain bisa Anda lihat di blog kami. Thanks for reading and have a great experiences.

 


Riska

Ibu rumah tangga yang hobi menulis, terutama prosa. Telah lama berkecimpung di dunia teater dan aktif menulis hingga sekarang. Karya masih tersimpan rapi di file komputer pribadi dan rencana akan di publish beberapa waktu kemudian. Gemar musikalisasi puisi dan juga memasak. Hot coklat swiss, empal gepuk dan makanan khas Sulawesi yang jadi andalanku.