photo source: adaircreative.com

Iklan banner merupakan salah satu bentuk iklan online paling populer saat ini. Desain banner yang menarik bisa meningkatkan traffic untuk website Anda, mendapatkan penjualan serta membantu meningkatkan brand awareness.

Dalam bentuk dasarnya biasanya desain banner  ini berupa gambar berbentuk rectangular dan tampil di antara content di sebuah website. Desain iklan banner ini biasanya berbentuk memanjang dan disesuaikan dengan space yang tersedia pada website tersebut.

Iklan banner ini biasanya dihitung setiap impresi yaitu setiap saat anda banner tampil di halaman web untuk customer potensial maka ini dihitung satu impresi. Bagaimana cara agar iklan banner anda bisa diklik oleh customer potensial tersebut? Tentu ada tips untuk pembuatan desain banner yang baik, berikut diantaranya:

1. To the Point

Sebaiknya desain iklan banner anda pendek dan to the point. Jika iklan banner Anda terlalu panjang dan tak memiliki makna maka orang akan mengabaikannya dan lupa mengenai iklan banner Anda.

2. Lokasi Terbaik Jika Anda memasang iklan banner maka pastikan untuk memilih lokasi terbaik. Pikirkan di space mana pada sebuah halaman web yang akan menarik minat customer Anda. misalnya saja produk Anda adalah shampo maka Anda lebih baik memasang iklan banner di rubrik lifestyle. 3. Koordinasikan Koordinasikan pemasaran yang Anda akan lakukan. Tentu harus ada sinkronisasi antara program marketing yang Anda jalankan dengan iklan banner Anda. 4. Informatif Desain iklan banner harus informatif dan jelas serta memuat apa yang sebetulnya menjadi target dari strategi advertising Anda.

Desain banner SPECIAL PROMO AKHIR TAHUN

  5. Fungsi  Iklan banner sebaiknya tak hanya bagus dari segi desain namun juga untuk fungsinya. Anda harus memikirkan iklan banner paling efektif untuk meraih target audience. 6. Mudah Diingat Dalam sebuah iklan banner sebaiknya pesan yang disampaikan mudah diingat orang. Pesan yang membosankan akan membuat orang lupa dan tak ingat apa isi iklan banner Anda. 7. Kekuatan Word of Mouth Maksimalkan word of mouth marketing untuk  iklan banner Anda. Saat ini dengan keberadaan website dan social media maka memungkinkan perputaran informasi yang amat cepat. Sebuah desain banner yang eye catching bisa menyebar dengan cepat lewat social media seperti misalnya instagram. 8. Perhatikan Detail  Sebelum memasang iklan banner Anda pada halaman web sebaiknya Anda memeriksa kembali apakah ada fakta atau kata-kata yang salah karena jika terjadi kesalahan maka ini akan terlihat tak profesional.

article-2012893-0CF04F6400000578-920_634x420

9. Integrasikan strategi branding Anda  Dalam strategi marketing dan branding diperlukan sebuah integrasi dan keterkaitan antara satu strategi dengan yang lainnya. Misalnya Anda memilih iklan banner sebagai salah satu strategi promosi maka Anda bisa mengintegrasikannya dengan pembagian gimmick atau merchandise untuk menarik minat customer potensial. 10. Catchy! Desain iklan banner haruslah eye catching, bagus dan profesional. Desain yang menarik akan membuat target potensial anda tertarik untuk melakukan klik. Ini merupakan tujuan dari sebuah iklan banner. Demikian 10 tips pembuatan desain banner yang baik untuk penjualan karena desain dan marketing memiliki simbiosis mutualisme yang sangat kuat. Anda ada kebutuhan desain terutama desain banner bagi bisnis Anda? Dapatkan 100+ pilihan desain dengan harga terjangkau hanya di Sribu. Penuhi kebutuhan desain Anda bersama Sribu 🙂


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G