1207951267_a40bba8582_b
Facebook merupakan senjata pemasaran yang hemat biaya dan dengan potensi 66 Juta pengguna di Indonesia, hampir pasti target pasar Anda sudah menggunakan Facebook saat ini.

Jika kita perhatikan Facebook saat ini semakin memanjakan penggunanya dengan memberikan pengalaman bersosialisasi yang lebih visual. Hal ini bisa kita lihat dengan semakin membesarnya dimensi gambar dan foto di newsfeed dan cover pada profil Anda.

Tidaklah mengherankan jika akhirnya Facebook menggunakan model display advertising sebagai salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk memasarkan produk di Facebook.

Didalam display advertising, selain text, gambar adalah salah satu penentu menarik atau tidaknya iklan Anda adalah gambar yang Anda gunakan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat menggunakan gambar dalam menggunakan Facebook untuk pemasaran.

 1. Pahami Dimensi Yang Digunakan Oleh Facebook

Pada dasarnya, Anda bisa meng-upload gambar dengan dimensi berapapun ke Facebook dan gambar tersebut akan disesuaikan secara otomatis.

Namun, agar hasil desain Anda optimal dan muncul seperti yang Anda inginkan saat Anda gunakan untuk promosi, maka berikut ini adalah panduan dimensi dari Jon Loomer yang bisa Anda jadikan acuan:

facebook-image-dimensions

Facebook sering sekali mengubah dimensi gambar yang bisa Anda gunakan, walaupun panduan diatas adalah yang paling update (2014) namun jangan kaget jika suatu saat Facebook memberlakukan dimensi baru.

 

2. Perhatikan Komposisi Text Dalam Gambar

Facebook melarang Anda menggunakan menuliskan sesuatu melebihi 20% dari total luas gambar yang Anda gunakan untuk beriklan. Artinya Anda tidak bisa mengiklankan poster atau ilustrasi yang memiliki terlalu banyak tulisan didalamnya.

Karenanya, sebelum Anda menggunakan sebuah gambar untuk beriklan di Facebook ada baiknya Anda cek terlebih dahulu apakah gambar Anda memebuhi syarat dengan menggunakan aplikasi berikut ini:

https://www.facebook.com/ads/tools/text_overlay

Yang harus Anda lakukan tinggal menandai di bagian mana didalam gambar Anda terdapat tulisan. Jika tulisan didalam gambar Anda melebihi 20% maka ada baiknya Anda perbaiki terlebih dahulu.

 

3. Jika Bingung, Facebook Akan Menyediakan Gambar Untuk Anda.

Kecuali Anda seorang fotografer professional, mendapatkan foto yang bisa Anda gunakan sebagai ilustrasi iklan Anda akan sangat sulit.

Karenanya Facebook kini sudah melengkapi fitur beriklan mereka dengan gambar bebas hak cipta yang dapat Anda gunakan sebagai ilustrasi untuk iklan Anda. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video dibawah ini:

Jika Anda tidak bisa melihat video diatas, silahkan klik di sini.

Setelah Anda memiliki desain tau foto yang bagus sebagai ilustrasi promosi Anda, langkah selanjutnya adalah menggunakannya untuk beriklan di Facebook. jangan lupa men-download panduan gratis beriklan di Facebook disini.

Sebagai tambahan, untuk Anda yang ingin mengetahui strategri beriklan di Facebook yang saya gunakan untuk YukBisnis, Anda dapat membacanya di sini.

Selamat Mencoba.

 

Photo Credit: François @ Edito.qc.ca via Compfight cc


Fikry Fatullah

JuPe (Juragan Pemasaran) YukBisnis.com.