Tips Marketing Ampuh: Kartu Nama Sebagai Senjata Jualan

Seiring berkembangnya zaman, tren kartu nama pun terus berkembang. Coba saja lihat. Siapa saja sekarang memiliki kartu nama. Tidak hanya untuk identitas atau sekedar biar ‘keren’ saja, tetapi kartu nama adalah salah satu tips marketing yang ampuh untuk Anda yang berjualan. Tidak sedikit orang yang beralih untuk memfokuskan kartu nama sebagai senjata jualan melebihi brosur dan pamflet.

Ini adalah waktu untuk memikirkan bagaimana bentuk kartu bisnis Anda. Tidak hanya praktis untuk berbagi alamat email Anda, tetapi sebagai kesempatan menjual. Anda harus mempertimbangkan informasi apa yang ingin Anda berikan, dan siapa target Anda serta jangan lupakan apa tujuan Anda. Berikut adalah 7 cara Anda dapat memanfaatkan kartu nama sebagai tempat memasarkan perusahaan Anda.

1.    Multitask

Multitasking-More-Efficiently

Salah satu tips marketing ini adalah multitasking. Mengapa? Karena dengan kartu nama yang ‘multitask’, Anda dapat melayani tujuan lain daripada sekedar memberi informasi saja. Anda dapat menggunakan kartu nama untuk menawarkan promo atau diskon, kupon, atau sebagai tiket acara dan kartu catatan.

 2.    Drill-Down

ITA-QR-code-1

Yang dimaksud dengan drill-down adalah Anda dapat menyertakan kode QR Anda sendiri ke dalam kartu nama Anda, yang berfungsi agar pelanggan dapat melihat promo dan diskon. Dengan adanya kode QR, akan menunjukan bahwa Anda bukan perusahaan biasa, melainkan perusahaan yang dapat dipercaya dan perusahaan yang canggih dan up-to-date. Hal ini juga termasuk tips marketing yang baik, karena dengan adanya kode QR, perusahaan juga akan mendapatkan keuntungan seperti dapat melacak kartu tersebut.

3.    Adanya Testimonial

01-Testimonials

Strategi pemasaran lainnya yang baik adalah untuk menunjukkan potensial keuntungan kepada pelanggan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya pada bagian belakang kartu nama Anda, Anda berikan sedikit testimonial untuk membantu menggambarkan bagaimana hasil yang telah diperoleh oleh pelanggan yang sudah menggunakan produk/jasa Anda.

 4.    Mendidik

Gunakanlah kartu nama Anda sebagai sarana untuk mengajarkan pelanggan sesuatu. Sedikit fakta, kata bijak, atau sedikit statistika akan membuat kartu nama Anda menjadi lebih menarik. Bayangkan saja jika banyak orang yang memiliki kartu nama Anda akan ber-OH ria setelah membaca sedikit fakta umum yang terkadang banyak orang yang belum mengetahuinya. Itu rasanya sangat menyenangkan.

 5.    Penggalangan Dana

Fundraising-1

Kartu nama dapat memiliki kehidupan yang lebih bermakna dari sekedar berbagi angka. Tidak sedikit kartu nama yang mempromosikan sesuatu yang lebih dari sekedar bisnis mereka, tetapi juga memberikan informasi tentang penggalangan dana ataupun amal. Hal itu dapat membuat orang kagum dan akan terus mengingat Anda. Biarkan orang yang Anda berikan kartu nama Anda untuk mengetahui bahwa Anda bergairah dan penuh perhatian dan mereka akan lebih cenderung untuk menggali kartu Anda ketika mereka siap untuk membeli.

 6.    Jaringan

Hal ini adalah tips marketing yang penting Anda ingat. Semakin banyak Anda bertukar kartu nama dengan orang lain, semakin besar pula jaringan sosial yang telah Anda buat. Tetapi, tantangan Anda adalah untuk membuat kartu nama Anda terus diingat dan memberikan kesempatan terbaik untuk mengkonversi prospek menjadi pelanggan. Salah satu taktik yang efektif adalah memasukkan foto Anda pada kartu nama Anda, ini adalah cara yang bagus untuk membantu seseorang mengingat Anda secara pribadi.

 7. Insentif

Carrot

Strategi penjualan yang baik adalah selalu membahagiakan pelanggan. Bagaimana jika Anda memberikan setiap orang yang Anda temui 5 kartu, masing-masing dengan kode kupon? Katakan penerima bahwa jika semua lima kupon ditebus, mereka juga akan menerima diskon atau sesuatu yang lain yang bernilai. Jika mereka membagikan 100 kartu untuk Anda, Anda bisa memberikan mereka hadiah seperti tv, dvd, atau yang lainnya. Kemudian, Anda juga harus mencoba untuk menggunakan chip GPS dalam kartu nama Anda sehingga Anda dapat melacak seberapa jauh perjalanan kartu nama Anda. Keuntungan lainnya adalah Anda bisa saja menjadi orang pertama dalam lingkungan Anda yang menggunakan chip GPS pada kartu nama.

Sederhana bukan? Ketika desain dan marketing bisa memiliki simbiosis mutualisme, Anda dapat meningkatkan kualitas bisnis Anda. Jadi, Anda tidak hanya membuat kartu nama sebagai pengenal diri saja, tetapi dengan kartu nama yang memuat tips marketing diatas, Anda memberikan banyak sekali informasi mengenai bisnis Anda, tujuan bisnis Anda, bahkan sampai membantu Anda menjadi orang yang dikenal karena jebolan chips GPS atau pencetus penggalangan dana.

Kesulitan mencari jasa penyedia desain kartu nama berkualitas? Di Sribu, dapatkan 50+ pilihan desain kartu nama terbaik dengan harga terjangkau. Klik disini untuk info lebih detail.


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G