Tips dan cara menagih pekerjaan freelance desain Anda

freelance

Seiring berkembangnya teknologi, bidang bisnis pun semakin maju. Contohnya saja, jika dulu orang-orang harus bekerja dengan cara kontrak pasti yang memiliki jadwal yang sangat padat, sekarang sudah ada yang namanya Freelance. Freelance adalah suatu kondisi status yang tanpa ikatan. Jadi, sang freelancer adalah orang yang tidak mengikatkan diri mereka pada instansi manapun.

Salah satu keuntungan bekerja freelance adalah Anda dapat bekerja dengan santai dimana pun anda berada. Maksudnya adalah anda tidak harus ke kantor dan bekerja disana. Anda bisa mengerjakan tugas Anda di rumah sambil menonton tv. Kemudian Anda juga dibayar pula. Enak bukan?

Tetapi tak jarang freelancer tidak dihargai oleh perusahaan yang mempekerjakannya. Contohnya adalah masalah gaji yang terkadang telat, biaya yang terkadang tidak sepadan dengan apa yang sudah dikerjakan, cara dibayar, dan masih banyak lagi. Ternyata tidak ada salahnya loh kalau kita speak up. Kali ini Sribu akan menjelaskan bagaimana cara dan tips menagih pekerjaan freelance desain Anda.

1.    Tetapkan sistem pembayaran. Project VS Jam

master HMI250

Banyak orang yang tidak setuju bahwa sistem pembayaran freelance harus ditentukan antara berapa project yang diberikan atau dengan berapa jam anda bekerja. Padahal hal ini adalah hal penting yang anda harus pikirkan sebelum bekerja freelance. Apa keuntungan maupun kerugian masing-masing.

Pembayaran per Jam

 Ada beberapa designer yang tidak memikirkan berapa project yang dikerjakan, melainkan mereka memikirkan berapa jam mereka sudah bekerja. Biasanya mereka menentukan harga mereka sendiri, dan menolak project yang tidak sesuai dengan tariff harga yang mereka tentukan. Jika anda memilih untuk dibayar per jam, anda harus mengerti keuntungan maupun kerugian pembayaran yang dilakukan dengan menghitung berapa jam anda telah bekerja.

Keuntungan:

  • Tidak bermain main dengan estimasi untuk berbagai project
  • Menghemat waktu, karena klien sudah menyetujui tarif yang anda berikan
  • Anda akan menghitung tingkat yang cocok untuk anda, sehingga anda akan memanfaatkan setiap jam kerja

Kekurangan:

  • Bagi klien yang tidak tahu berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk mendesain, mereka akan enggan untuk menyewa anda
  • Adanya kemungkinan terjadi over-pricing atau lower-pricing. Maksudnya adalah bisa saja jika anda memilih pembayaran per project akan lebih murah atau lebih mahal bayarannya
  • Klien yang memiliki project kecil akan berpikiran bahwa tingkat anda terlalu tinggi untuk mereka

Pembayaran per Project

Disisi lain, ada juga pembayaran per project. Jika anda merasa pembayaran per jam tidak memuaskan, anda harus mempertimbangkan pilihan ini.

Keuntungan:

  • Anda tahu persis berapa jumlah yang anda inginkan untuk mengerjakan suatu project
  • Mudah mendapatkan project, karena biasanya tarif jam akan membuat klien takut dan berpikir berulang-ulang kali

Kerugian:

  • Kesalahan estimasi akan membuat anda bekerja lebih, sehingga anda harus mengerjakan project tersebut lebih berat padahal bayaran anda tidak bisa dirubah dari kesepakatan
  • Tidak adanya harga konstan, sehingga membuat klien berpikiran bahwa anda seorang penipu

2.    Berurusan dengan masalah harga

key-to-pricing

Ada beberapa hal yang akan selalu anda dapatkan jika bekerja freelance, yaitu:

–          Telat dibayar

Ini adalah salah satu hal yang sangat sering terjadi saat bekerja freelance. Salah satu cara untuk menganggulanginya adalah anda harus berinisiatif untuk mengingatkan klien untuk membersihkan invoice mereka.

–          Menetapnya pada kontrak

Cara terbaik yang dapat digunakan untuk menanggulanginya adalah menetapkan kontrak di awal project. Cara ini sebenarnya menguntungkan kedua belah pihak. Untuk klien, keuntungannya adalah dapat dipastikannya bahwa designer akan menyelesaikan project tersebut tepat waktu, sedangkan untuk designer adalah pembayaran yang tepat waktu. Jika salahs satu pihak melanggar, akan adanya proses hukum sesuai dengan perjanjian di surat kontrak.

–          Komunikasi

Faktor yang paling penting adalah komunikasi yang baik antara klien dan freelancer. Seperti yang dikatakan oleh banyak orang bahwa komunikasi adalah kunci dari segalanya.  Jika suatu saat terjadi klien yang lupa membayar, anda cukup ingatkan dengan ramah tanpa adanya cacian atau makian. Karena anda juga harus mengingat bahwa manusia itu tidak bisa luput dari kesalahan. Anda tidak boleh berpikiran negatif terus menerus.

–          Invoices

Salah satu hal yang sangat baik tentang invoices adalah apapun layanan yang anda gunakan, anda hanya butuh meng-klik satu button pengingat yang sudah jelas bahwa sudah waktunya pembayaran .

–          Pajak

Freelance dapat dianggap suatu bisnis, dan anda harus mengurus banyak hal dalam menanggulangi pajak anda. Jika anda baru dalam hal freelance, anda harus tahu bahwa menangani pajak berbeda dengan mendapatkan gaji. Ada banyak sekali bentuk dan dokumen file. Sehingga itu mengharuskan anda untuk memiliki kemampuan pembukuan yang baik.

3.    Layanan dan toolsnya

Karena sudah banyak sekali freelance di jaman sekarang, maka layanan dan toolsnya pun berkembang sangat cepat. Hal ini sangat berguna untuk membantu anda dalam mengelola freelancing anda.

–          FreshBooks

Freshbooks merupakan salah satu layanan online yang paling popular dalam jenisnya. Freshbooks memiliki sistem harga yang sangat fleksibel, dan mereka juga menyediakan uji coba pelayanan selama 30 hari. Anda juga dapat melacak pekerjaan anda dengan menggunakan aplikasi IOS melalui iPad ataupun iPhone. Paket sibayar berkisar antara $ 19,95 ke $ 39,95. Sekarang sudah lebih dari 5 juta orang yang menggunakannya.

 freshbooks

–          Less Accounting

Less Accounting adalah aplikasi web yang menjanjikan untuk menghemat sampai 80% dari waktu anda. Mereka menyediakan layanan akutansi yang membuat anda dengan mudah membuat pembukuan.

 less-accounting

–          Make Some Time

Aplikasi ini hampir sama seperti FreshBooks, bedanya adalah aplikasi ini gratis. Make Some Time memberikan layanan untuk melacak waktu anda secara online. Ia menawarkan beberapa faktur dan fitur laporan. Kekurangannya adalah tidak ada dukungan untuk aplikasi mobile. Tetapi anda tetap dapat menggunakannya di smartphone, dengan tampilan seperti browser.

make-some-time

 Anda sudah tahu kan tips yang dapat anda gunakan untuk menagih pekerjaan freelance anda. Setelah itu hal yang anda lakukan adalah money management. Money management memang merupakan hal yang sulit dilakukan terutama ketika digit angkanya berbeda dengan apa yang anda bayangkan. Jika anda memang tidak dapat memanajemen keuangan anda, anda dapat menyewa pihak seperti  expert number-cruncher untuk membantu anda mengelola penghasilan anda. Untuk tips-tips mengenai desain lainnya main aja ke Facebook Fan Page Sribu.com atau Twitter account Sribu di @sribudotcom.

Salam,

Tim Sribu

* Credits to:

hongkiat.com

^ Tips Tools Charging Your Clients


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G