bigstock-Word-Cloud-Franchise-437193911

Jika Anda mempunyai usaha kecil yang dapat dengan mudah direplikasi, maka membuatnya menjadi bisnis waralaba mungkin salah satu cara terbaik untuk memperluas bisnis dengan cepat. Dan jika Anda menangani dengan cara yang benar, maka pasti dapat mendongkrak keuntungan.

Berikut ini 8 tips untuk melakukannya:

1.  Buatlah terorganisir. Pikirkan bagaimana proses tepat bisnis Anda bekerja. Franchisee akan membutuhkan rincian dan pedoman yang tepat dalam menjalankan bisnis mereka. Proses ini membutuhkan waktu, tapi itu berharga, sekalipun Anda tidak berniat membuat bisnis waralaba, ini membantu bisnis berjalan lebih lancar. Mulai dari pemasaran, membuat tanda, membuat kartu nama hingga pelatihan pegawai, itu semua harus dilakukan dengan cara yang sama. Kembangkan panduan operasional untuk memberikan franchisee cara cepat pada referensi kebijakan dan praktik terbaik dan menciptakan proses pengesahan, sehingga Anda tidak perlu lagi membuat keputusan pada setiap masalah.

2.  Konsultasi Hukum. Mendapatkan saran dari seorang ahli itu benar-benar penting selama proses membuat waralaba. Sebagai permulaan, Anda harus mengisi berbagai formulir kelengkapan dokumen waralaba. Ini mempunyai format sangat berbeda yang perlu Anda ikuti, dan penting mendapatkan konsultasi hukum untuk memandu proses ini berjalan. Anda harus menetapkan harga, membuat sebuah perjanjian waralaba, dan menentukan perlindungan kekayaan intelektual. (Selain dapat membantu mempertemukan seorang pengacara, Asosiasi Franchise biasanya juga memiliki sumber daya lain yang sangat baik.)

3.  Jadilah pemilih. Sama seperti kencan, Anda harus sangat selektif ketika memilih franchisee. Sangat mudah menemukan orang-orang yang punya modal, tapi apakah mereka orang-orang yang tepat? Apakah mereka punya latar belakang tepat untuk menjalankan bisnis waralaba ini? Orang ini merepresentasikan Anda, sehingga harus cocok. Setelah itu, Anda disini untuk melindungi dan mengembangkan merek Anda. Atur proses wawancara dan tahu apa hal yang dapat membuat sepakat.

4.  Membangun dan melindungi merek. Sebagai pemilik bisnis waralaba, asset Anda yang paling berharga adalah merek, lindungi dengan segala biaya. Jangan sampai usaha kecil yang sudah Anda kembangkan hancur. Merek mewakili budaya, keyakinan dan sikap terhadap pelanggan. Ketika memutuskan waralaba, Anda memberi kesempatan pada orang-orang baru untuk mewakili merek Anda. Ini adalah resiko terbesar dalam waralaba. Pedoman yang jelas harus ditentukan dalam penggunaan semua asset merek. Pastikan Anda mengirimkan satu pesan jelas dari satu sumber yang jelas, dan pesan ini harus konsisten pada seluruh organisasi. Tidak ada detail terlalu kecil. Hal ini dapat terlihat memaksa, tetapi jangan pernah biarkan siapapun menggunakan asset merek dalam berbagai hal, tidak peduli seberapa kecil, tanpa persetujuan terlebih dulu dari Anda. Pantau segala sesuatu, perhatikan semua gambar dan video, serta pantau semua media social dari outlet secara teratur dan rinci. Perlu diingat bahwa tidak hanya Anda yang selektif, tapi para calon franchisee juga akan berhati-hati memilih waralaba yang tepat.

5.  Pilih lokasi yang tepat. Mana lokasi yang paling sesuai untuk bisnis Anda? Dimana merek Anda sudah dikenal? Pertimbangkan lokasi pertama dekat dengan rumah, tetapi tidak masalah untuk memlihi yang cukup jauh jika tidak mempengaruhi penjualan di lokasi awal. Dengan begitu, Anda dapat mengelola logistik dengan mudah. Perlu diingat, Anda pasti akan ingin mengunjungi lokasi tersebut secara langsung dari waktu ke waktu, jadi pilih lokasi yang muudah dijangkau.

6.  Temukan mentor. Bisa satu atau dua, bahkan lebih. Ada banyak orang yang bersedia member saran, Anda hanya perlu mencarinya.

franchise

7.  Tahu bagaimana cara tumbuh. Pertumbuhan yang stabil dan strategis sangatlah ideal. Apakah masuk akal untuk memperluas di tingkat internasional? Atau harus tetap pada rencana di satu wilayah saja?

8.  Dukungan ke franchisee. Pada awalnya, Anda akan memerlukan beberapa waktu untuk tatap muka dengan franchisee,  serta melalui teletpon dan email. Apakah semua dapat Anda lakukan untuk mendorong mereka dengan merayakan kemenangan dan kejadian penting. Jelajahi semua artikel yang membantu Anda dan bagikan. Terakhir, buatlah cara agar para franchisee dapat saling berhubungan.

Melihat usaha kecil Anda tumbuh menjadi bisnis waralaba tentu sangat membanggakan bukan? Jadi, cobalah tips-tips di atas, dan kembangkan bisnis Anda. Jangan terlalu lama terlena dalam zona nyaman. Segeralah keluar!


Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.