Strategi Promosi Dengan Budget Minimal

Saat ini ditengah kompetisi untuk memperebutkan target market yang kian ketat diperlukan strategi promosi dengan budget minimal yang memiliki high impact.

Strategi promosi dengan budget minimal memiliki kemungkinan memperoleh hasil maksimal. Dengan budget terbatas pengusaha harus memikirkan strategi promosi kreatif untuk memaksimalkan hasil.

Kunci untuk menciptakan strategi promosi dengan budget minimal namun memperoleh hasil maksimal adalah dengan memaksimalkan seluruh kreativitas anda.

Desain brosur yang menarik, website unik yang menarik perhatian pengunjung atau desain logo yang bagus merupakan salah satu contoh strategi promosi dengan budget minimal. Sebaiknya anda menggunakan prinsip strategi promosi dengan budget minimal untuk membangun brand dimata customer secara berkala dan ini akan membantu meningkatkan sales.

Ada beberapa alasan mengapa strategi promosi dengan budget minimal merupakan keharusan untuk berbisnis saat ini terutama bisnis dengan skala kecil menengah.  Biaya iklan yang amat mahal tidak selalu berpengaruh pada peningkatan sales. Setiap budget yang dihabiskan untuk strategi promosi haruslah berpengaruh pada peningkatan sales. Setidaknya customer anda harus mendengar 7 kali mengenai strategi promosi yang anda buat sebelum membuat keputusan untuk membeli. Strategi  promosi dengan budget minimal memang perlu dijalankan oleh setiap bisnis berskala kecil dan menengah.

Peningkatan pada sales memang banyak terjadi dengan menggunakan berbagai channel marketing. Pelanggan akan menjadi pembeli jika misalnya mereka membaca mengenai brand anda di koran, kemudian mereka menghadiri seminar dan membawa pulang brosur mengenai brand anda kemudian mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi website anda. Hal ini tanpa disadari merupakan bagian dari strategi promosi dengan budget minimal.

Semakin luas anda bisa menjangkau customer melalui berbagai channel maka semakin tinggi juga kesempatan strategi promosi dengan budget minimal yang anda buat berhasil.

Berikut beberapa cara memaksimalkan hasil pada strategi promosi dengan budget minimal.

1. Menemukan target yang tepat

target market anda

Bagian paling penting dari strategi promosi yang anda buat adalah dengan mentargetkan pada customer yang tepat. Anda akan membuang banyak budget serta waktu jika tidak dapat menemukan target market yang tepat dalam strategi promosi anda. strategi promosi dengan budget minimal bisa berhasil jika anda mendapatkan target customer yang sesuai dalam artian mereka memiliki kemungkinan besar untuk membeli produk atau memakai service brand anda. alokasikan waktu dan budget untuk melakukan riset kecil-kecil dan cermat dalam memilih customer. Tentunya akan lebih baik jika anda bisa menjangkau target pasar yang lebih kecil namun mereka akhirnya menjadi pembeli ketimbang target pasar besar namun tak memiliki dampak pada sales.

2. Membuat Brand Anda Berarti branding-awareness

Brand awareness merupakan strategi promosi awal untuk menjangkau audience yang nantinya bisa menjadi customer. Brand awareness dengan media yang tepat bisa menjadi strategi promosi dengan budget minimal. Pilih media yang lebih fokus dengan harga iklan lebih murah ketimbang media besar dengan harga iklan mahal namun kurang memiliki dampak pada customer yang anda tuju. Faktor desain merupakan hal penting dalam strategi promosi lewat media ini. Brand anda akan terlewatkan dan dilupakan begitu saja jika desain iklannya tak menarik.

3. Maksimalkan Referral

Salah satu strategi promosi dengan budget minimal yang paling efektif adalah menjangkau customer baru berdasarkan testimoni atau referensi dari customer anda yang puas akan produk atau service anda. customer yang puas akan memberikan testimoni atau referensi kepada orang lain dan ini amatlah efektif serta berbudget minimal. Orang akan lebih percaya testimoni kerabat atau teman mereka ketimbang iklan. Strategi promosi ini perlu anda maksimalkan secara berkala.

4. Buat website yang menarik visitor

web2

Sebuah bisnis terutama bisnis dengan skala kecil menengah mutlak memiliki sebuah website untuk menunjukkan identitas brand. Namun tentunya anda jangan membuat website yang terkesan asal-asalan dan tidak profesional. Desain website yang bagus, unik dan menarik akan membuat imej brand anda meningkat serta terlihat profesional. Selain itu desain website yang dirancang dengan bagus akan menarik visitor yang berpotensi menjadi pembeli. Tentu faktor content juga merupakan hal penting dalam sebuah website. Website dengan content yang relevan, menarik dan selalu diupdate akan menarik visitor. Hal-hal tersebut merupakan strategi promosi dengan budget minimal.

5. Menggunakan Social Media

social-media1

Saat ini berbagai brand baik besar maupun menggunakan social media sebagai strategi promosi dengan budget minimal. Social media seperti facebook dan twitter memang merupakan strategi promodi dengan budget minimal yang memiliki dampak besar bagi sebuah brand. Dengan campaign yang tepat serta content menarik social media merupakan strategi promosi dengan budget minimal terbaik untuk brand anda. Simak 6 tips social media yang mudah di lakukan disini.

6. Memanfaatkan jasa crowdsourcing

crowdsourcing

Salah satu strategi promosi dengan budget minimal adalah memanfaatkan jasa crowdsourcing atau melemparkan sebuah pekerjaan ke komunitas. Misalnya saja anda ingin memperoleh hasil desain maksimal dengan budget minimal maka anda bisa memakai jasa crowdsourcing. Tak hanya anda mendapatkan hasil desain berkualitas bagus dan profesional anda juga hanya mengeluarkan budget yang tak besar ketimbang menggunakan jasa perusahaan desain.

Bagaimana menurut Anda tentang artikel berikut? Komentar dan masukan Anda akan sangat kami hargai. Simak tips bisnis lainnya disini.


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G