Successful-Entrepreneurs-e1296019783102

Menjadi kaya dan menjadi seorang milarder mungkin bisa jadi topik yang tabu. Tapi tentu hal ini menjadi keinginan semua orang, termasuk mungkin Anda. Menjadikan hal itu nyata di usia 30 an seakan hanya fantasi. Seharusnya hal itu tidak tabu dan mungkin saja terjadi. Banyak orang yang keluar dari perguruan tinggi pada usia 21 karena berbagai alasan, mungkin kebanyakan orang menilai mereka tidak akan punya masa depan cerah. Namun kenyataanya banyak dari mereka yang di usia 30 menjadi jutawan atau bahkan miliarder.

Inikah langkah strategis untuk menjadi wirausaha sukses di usia 30 an:

1.  Kejar Uang

Dalam kondisi ekonomi seperti saat ini, Anda tidak dapat menjamin langkah Anda aman untuk menjadi jutawan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah fokus meningkatkan penghasilan secara bertahap dan mengulangi keberhasilan itu. Saat ini penghasilan Anda empat juta rupiah perbulan, 8 tahun lagi empat puluh juta rupiah. Terus ikuti kemana uang pergi, maka hal ini akan memaksa Anda mengontrol pendapatan dan melihat peluang bisnis yang ada.

2.  Jangan Pamer, Tapi Tunjukkan

Jangan pernah membeli jam mewah ataupun mobil kelas premium sampai arus kas dan investasi dipastikan benar-benar aman. Banyak wirausaha yang masih mengendarai Avanza walaupun sudah menjadi jutawan. Jadilah orang yang dikenal karena etos kerja, bukan karena pernak pernik yang dimiliki.

3.  Menyimpan Untuk Investasi, Bukan Hanya Menyimpan Untuk Tabungan

Satu-satunya alasan menyimpan uang adalah untuk berinvestasi. Letakkan uang Anda di tempat yang aman, jauh (tak tersentuh) dari piutang. Jangan pernah gunakan uang simpanan ini, bahkan tidak untuk keadaan darurat. Hal ini akan terus memaksa Anda mengikuti poin 1 (meningkatkan pendapatan).

4.  Hindari Hutang Yang Tidak Menguntungkan

Buatlah menjadi sebuah aturan bahwa Anda tidak akan pernah membuat hutang yang tidak menghasilkan uang untuk Anda. Boleh saja meminjam uang untuk sebuah mobil ketika mobil tersebut memang dapat meningkatkan pendapatan. Orang kaya menggunakan hutang untuk meningkatkan investasi dan arus kas. Sedangkan orang miskin menggunakan hutang untuk membuat orang kaya semakin kaya.

successful-entrepreneur

5.  Perlakukan Uang Seperti Kekasih Pencemburu

Jutaan orang menginginkan kebebasan finansial, tetapi hanya mereka yang menjadikan itu sebagai prioritas lah yang menjadi jutawan. Untuk menjadi kaya dan tetap kaya, Anda harus menjadikan hal tesebut sebagai prioritas. Uang bagaikan kekasih yang pencemburu. Abaikan dia, dan dia akan mengabaikan Anda, atau lebih buruk, dia akan meninggalkan Anda untuk seseorang yang punya prioritas.

6.  Uang Tidak Tidur

Uang tidak akan mengerti tentang waktu, jadwal, dan hari libur. Uang suka dengan orang yang memliki etos kerja besar. Misalnya, ketika seseorang bekerja di sebuah toko ritel yang tutup pada jam tujuh, tetapi dia sering di sana hingga jam sebelas malam untuk menghasilkan penjualan ekstra. Jangan pernah mencoba menjadi orang yang paling pintar atau paling beruntung, tapi tunjukkan bahwa Anda orang yang bisa bekerja lebih keras dari semua orang.

7.  Miskin Itu Tidak Masuk Akal

Menjadi miskin itu merupakan hal yang dibenci semua orang. Hilangkan pikiran yang mengatakan bahwa menjadi miskin bukan masalah besar. Hilangkan pikiran tersebut walau hanya sedikit. Ubahlah nasib Anda sendiri. Bill Gates pernah berkata, “ jika kamu lahir miskin itu bukan kesalahanmu, tapi jika Anda mati miskin itu kesalahan Anda.”

8.  Dapatkan Uang Anda Dan Tinggalkan Hal Berat

Investasi adalah salah satu cara menjadi jutawan, Anda harus bisa menghasilkan uang lebih banyak dari investasi daripada bekerja. Jika Anda tidak punya uang lebih, maka akan sulit untuk investasi. Seorang wirausaha sukses membuka sebuah bisnis dengan modal awal lima ratus juta rupiah, dan bisnis itu pasti akan memberi dia sejumlah uang yang jauh lebih banyak tiap bulannya. Investasi adalah satu-satunya alasan melakukan langkah-langkah lain, dan biarkan uang bekerja untuk Anda, biarkan uang yang melakukan tugas berat Anda.

9.  Carilah Pembimbing Seorang Miliarder

Sebagian besar dari kita dilahirkan dan dibesarkan di kelas menengah ke bawah atau miskin, dan pikiran serta ide-ide bisnis kita hanya terbatas pada kelas ini. Untuk menjadi jutawan, pelajarilah apa yang jutawan lakukan. Dekati mereka dan jadikan mereka pembimbing Anda dalam wirausaha. Kebanyakan jutawan akan senang ketika berbagi pengalaman hidup mereka.

10.  Target Angka Sebesar-Besarnya

Salah satu kesalahan terbesar kita adalah tidak berani mempunyai target angka yang besar. Berhentilah mempunyai target satu juta. Di planet ini uang tidak terbatas, hanya pikiran kita saja yang membatasi jumlah mereka.

path-to-success

Bagaimana? Menarik bukan menjadi seorang wirausaha? Segeralah jual produk atau jasa yang Anda kuasai. Lakukanlah 10 langkah menjadi wirausaha sukses ini, dan jadilah jutawan di usia yang muda. Promosikan produk Anda dengan membuat website bisnis. Jauhi orang-orang yang menyarankan cara serakah. Hindari cara kaya cepat, jadilah etis, dan ketika Anda sudah sukses, bimbinglah orang lain menjadi seperti Anda. Tidak ada kerugian dari berbagi.


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G