Bagi Anda pemilik usaha rumahan, ada banyak kegiatan pemasaran yang bisa Anda lakukan untuk memperkenalkan atau mempromosikan produk Anda. Ada 2 jenis strategi marketing yang cocok untuk dijalankan secara bersamaan , yakni melalui kegiatan marketing online dan kegiatan marketing offline. Dengan 2 metode strategi yang dapat dijalankan bersama ini Anda dapat mewujudkan strategi marketing yang baik untuk usaha rumahan Anda.

 1.       Marketing Bisnis Online

  online-marketing-jobsmy-1

Dengan menjalankan kegiatan marketing online seperti website, blog, email dan media sosial, Anda dapat meningkatkan angka penjualan offline usaha rumahan Anda. Berikut adalah hal yang bisa Anda lakukan untuk melakukannya:

–          Kembangkan Website yang Profesional

Jika Anda menggunakan media online untuk kegiatan pemasaran usaha rumahan Anda, Anda harus memiliki website dengan tampilan profesional sehinga secara tidak langsung menunjukkan kredibilitas usaha rumahan yang Anda jalankan juga.

–          Gunakan Jaringan Sosial

Anda juga dapat berinteraksi dengan target market serta pelanggan Anda melalui email. Namun, jika target market dan pelanggan Anda merupakan golongan tech-savvy, Anda dapat menggunakan media sosial seperti Youtube, Instagram, Facebook dan Twitter.

–          Buatlah Blog

Melalui kegiatan blogging yang berisikan berbagai artikel yang berhubungan dengan usaha rumahan yang sedang Anda jalankan. Anda juga dapat melakukan guest blogging dengan blogger yang memiliki audience yang sama dengan target market Anda.

–          Kirimkan e-Newsletter

Anda dapat menggunakan e-Newsletter agar tetap dapat berkomunikasi dengan target market maupun pelanggan Anda. Dengan menggunakan e-Newsletter, Anda dapat memberikan informasi terkini seputar usaha rumahan Anda dan juga berbagai promo yang sedang berlangsung pada saat itu

–          Beriklan Secara Online

Beriklan adalah salah satu kegiatan marketing yang sudah tak bisa diragukan lagi keefektifannya. Pasang iklan usaha rumahan Anda di dunia maya dan pastikan iklan yang disebarluaskan tepat sasaran dan menarik di mata target market.

–          Pastikan Bisnis Anda terdaftar dalam Direktori Online

Sebagai petunjuk bagi pelanggan baru usaha rumahan Anda, Anda dapat menggunakan Yahoo local dan Google Site untuk memberi tanda lokasi usaha rumahan Anda.

2.       Marketing Bisnis Offline

 offline-marketing

Jika Anda sudah menjalankan kegiatan marketing secara online, jangan lupa untuk menjalankan juga kegaitan marketing offline. Kegiatan marketing offline memang terlihat konvensional, tetapi Anda tidak dapat meragukan keefektifannya. Berikut adalah kegiatan marketing offline yang bisa diterapkan pada usaha rumahan Anda.

–          Buatlah Demo atau Seminar

Anda dapat menyampaikan berbagai hal seputar bisnis yang Anda jalankan kepada target market di luar sana dengan men-demo-kan produk maupaun jasa yang ditawarkan melalui usaha rumahan Anda. Anda juga dapat merencanakan kegiatan seminar yang membicarakan seputar bidang usaha rumahan yang Anda jalankan.

–          Kembangkan Berbagai Jenis Perlengkapan Marketing dalam Bentuk Cetakan

Anda dapat menggunakan berbagai media cetakan seperti brosur, poster, kartu nama dan berbagai bentuk perlengkapan marketing cetakan lainnya.

–          Bangun Jaringan Profesional

Anda dapat membentuk jaringan profesional dengan berbagai kegiatan marketing offline yang Anda lakukan seperti demo dan seminar. Selain itu, Anda juga dapat mengikuti berbagai perkumpulan wirausaha dan juga berkenalan dengan banyak pemilik usaha lainnya dan membangun hubungan yang profesional dengan mereka.

Dengan menggabungkan kedua jenis kegiatan marketing di atas, Anda dapat meningkatkan angka penjualan dengan signifikan. Susun rencana marketing baru Anda dengan menggabungkan keduanya, niscaya kesuksesan semakin dekat dengan Anda.


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G