content-marketing-strategy

Social media telah membuat pemasaran word of mouth jauh lebih bermanfaat, lebih cepat, dan lebih tepat sasaran. Sekarang orang-orang dapat saling mempengaruhi satu sama lain lebih kuat dari sebelumnya, menciptakan revolusi strategi marketing terbesar.

Ketika Anda menempatkan social media dalam kegiatan pemasaran tentunya Anda juga harus memperhatikan sisi content marketingnya. Content marketing adalah pesan yang disebarkan untuk menunjang kegiatan pemasaran yang dapat ditujukan untuk semua jenis, semua pembaca, berbagai waktu. Konten tersebut dapat berbentuk seperti postingan social media, tulisan pada blog, penjelasan produk dan artikel pada website, slideshow, webinar, podcast, video, foto, dan banyak lagi.

Jumlah konten yang sangat banyak hanya akan menambah panjang antrian pesan yang ingin disampaikan. Dengan begitu banyak konten dalam berbagai bentuk sehingga akan mudah menjauhkan Anda dari tujuan utama melakukan kegiatan pemasaran. Jadi, mari kita bahas tentang bagaimana caranya agar bisnis Anda bisa mendapatkan perhatian, lebih diingat, dan jadi bahan pembicaraan dengan strategi marketing dan content marketing yang Anda jalankan.

Topik yang menarik adalah nyawa dari content marketing. Coba Anda tanyakan pada diri sendiri, “Ide apa saja yang bisa saya keluarkan dan memiliki kaitan untuk membantu orang lain?” Anda juga harus mencoba memikirkan sesuatu atau menemukan sudut pandang baru. Selain itu, pikirkan juga hal lain yang bisa mencegah Anda melakukan kesalahan, memecahkan masalah dan juga membagi kesuksesan. Ide-ide yang relevan akan menjaga konten agar tetap pada tujuannya, yakni menginformasikan bisnis Anda kepada target market . Untuk membuat konten yang menarik lainnya, Anda bisa mendapatkan ide langsung dari target market, baik dari pelanggan mau pun calon pelanggan Anda.

Dalam kegiatan pemasaran, ‘solusi’ adalah sesuatu yang membuat orang bersedia untuk membayar. Dalam dunia konten, Anda harus memberi informasi yang membantu untuk memberikan solusi pada permasalahan mereka dan juga mencegah agar permasalahan tersebut tidak terjadi lagi pada mereka. Jadi, Anda tidak hanya menyediakan konten yang berorientasi pada solusi, tetapi konten yang membantu pembaca menghindari masalah yang mereka alami agar tidak terulang lagi pada kesempatan lain.

Mereka cenderung sangat termotivasi untuk menghilangkan atau mengurangi berbagai masalah yang mereka miliki dengan menerima solusi dari Anda. Sebagai contoh, bayangkan sebuah bank menawarkan Anda pinjaman yang dapat diterima dengan tanda tangan pada satu halaman.Tentu saja ini menjadi sangat menarik karena mereka bisa menyelesaikan masalah kebutuhan dana hanya dengan menandatangani 1 halaman. Pastikan manfaat yang Anda tawarkan pada konten Anda dapat menjawab kebutuhan target market. Buat konten menjadi bermanfaat dan juga menarik sehingga konten Anda menjadi menonjol dan mendapatkan perhatian.

content_marketing_compendium

Anda bisa memulainya dengan melakukan komunikasi kepada teman dan keluarga Anda mengenai konten yang ingin Anda sebarkan. Hal lain yang perlu Anda ingat adalah, tidak kata-kata yang diperhatikan selain kata-kata dari orang yang dikenal seperti dari seorang teman atau sanak saudara. Bukan hanya karena konten yang menarik, tapi hubungan yang Anda miliki dengan mereka tentunya juga baik. Maka dari itu, Anda juga harus memperhatikan hubungan Anda dengan target market. hubungan yang baik adalah peluang untuk membangun keterlibatan, dan keterlibatan akan membuat konten diperhatikan dan disebar.

Sebagai contoh, sebuah restoran dapat membangun hubungan dengan pelanggan untuk membuatnya berkunjung terus menerus dengan berbagai cara. Dalam proses ini, hubungan yang baik mampu meningkatkan loyalitas pelanggan. Pemilik restoran yang cermat pasti akan membuat website dan blog sebagai tempat bagi pelanggan untuk menemukan menu baru dan menu yang terserdia, artikel tentang nutrisi, dan lain-lain. Para pengunjung akan mencoba untuk mengakses situs untuk mengetahui konten pada situs Anda yang nantinya akan menggiring mereka hingga merasa lebih terhubung dengan restoran tersebut. Hal ini tentunya akan menambah kemungkinan Anda untuk mendapatkan pelanggan baru karena terhubungnya pelanggan dengan situs yang disediakannya.

Berbagai gambar yang digunakan baik desain logo, penggunaan warna, merek, dan berbagai elemen visual lainnya tentunya harus lebih diperhatikan lagi. Melalui grafis yang baik, Anda dapat mengemas konten dalam bentuk berbeda, menonjol, dan menarik yang pastinya mampu menarik perhatian. Ini termasuk strategi marketing yang baik selain hanya mengandalkan content marketing.

Itulah beberapa hal dari strategi marketing yang mengandalkan konten. Dengan konten yang baik, Anda akan terbantu untuk tetap berada pada jalur pemasaran yang tepat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!


Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.