How-to-Start-an-Online-Business

Memulai sebuah bisnis merupakan langkah yang diinginkan banyak orang. Orang-orang rela menginvestasikan seluruh waktu dan uangnya untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis. Sebenarnya tidak ada rahasia khusus dalam meraih kesuksesan itu. Lakukanlah hal-hal sesuai prosesyang tepat dan sebisa mungkin hindari kesalahan. Namun kebanyakan orang tidak mau mengikuti semua proses karena dianggap lambat. Mereka menginginkan cara ajaib yang hanya membutuhkan investasi uang dan waktu minimum. Tentu saja mustahil.

Salah satu sarana bisnis di era modern saat ini adalah bisnis online. Bisnis dengan internet penuh dengan konsep hebat, dan Anda harus mempunyai ide-ide yang hebat pula untuk membuat konsep tersebut bekerja. Tentukan sendiri waktu untuk bekerja, dan pekerjaan yang akan dilakukan, kemudian dapatkan penghasilan yang melimpah. Tapi ingat, butuh waktu dan usaha keras untuk kerja online seperti ini.

Pada dasarnya ada 5 faktor utama meraih sukses bisnis online:

1. Pilih Peluang Yang Menguntungkan

Menganilisis mana peluang bisnis yang menguntungkan adalah langkah awal yang penting. Website bisnis harus punya tujuan dan fokus. Bisa saja website membahas masalah yang luas ataupun mempersempit fokus masalah, misal ingin fokus pada bidang olahraga secara luas, atau dipersempit dengan membahas olah raga sepak bola saja, bisa dipersempit lagi dengan hanya membahas jenis bolanya saja.

Semakin sempit fokus masalah pada website, akan semakin bagus. Sebagai contoh, saat seseorang ingin mencari informasi mengenai jenis bola yang bagus, ia akan lebih senang mengunjungi situs Anda yang memang fokus membahas jenis bola. Ia akan lebih senang membaca 50 halaman tentang jenis bola dari pada membaca 1 halaman di situs yang membahas olahraga secara luas.

Jadi tentukanlah fokus apa yang akan dibahas pada website Anda. Carilah yang banyak permintaan, tetapi masih sedikit penawarannya. Ada banyak situs yang menyediakan data tersebut, sehingga tidak perlu repot untuk menebak.

2. Buat Konten Bernilai Tinggi

Keberhasilan bisnis online tidak lepas dari artikel atau konten yang disuguhkan pada halaman website dan mampu memenuhi keinginan pembaca. Buat orang-orang mudah dapat mengunjungi website Anda, dan buat mereka betah membaca satu persatu konten yang disuguhkan. Dengan begitu akan memungkinkan untuk menjual sesuatu atau membuat pembaca meng ‘klik’ iklan.

Internet menyuguhkan sangat banyak informasi namun tidak berarti banyak informasi akan menjemukan. Anda mungkin mempunyai informasi unik ataupun menarik yang jika dituangkan ke website, akan sangat berguna bagi orang lain.

3. Bangun Traffic Padat di Website

Tidak diragukan lagi, ini adalah kunci kesuksesan bisnis online. Konten-konten Anda mungkin memang bernilai tinggi dan mempunyai informasi berharga, tapi tidak akan bisa dibilang berhasil jika tidak ada orang yang mengunjungi. Manfaatkan mesin pencari gratis seperti Google untuk mendapatkan pengunjung sesuai target. Pilih kata kunci tertentu yang memiliki permintaan banyak, sehingga dapat muncul pada halaman pertama mesin pencari. Misalnya seperti artikel ini, kata kuncinya bisa saja “sukses bisnis online”.

Kata kunci ini ditempatkan di judul dan menyebar di seluruh bagian dalam konten. Juga di dalam judul, deskripsi, kata kunci yang di tulis oleh admin website dan tidak dapat dibaca oleh pengunjung namun dapat dibaca oleh mesin pencari. Jangan pernah mencoba memanipulasi jumlah pengunjung, karena mesin pencari punya seluruh data yang membuat kecurangan akan mereka ketahui. Banyak faktor yang membuat website Anda muncul di halaman pertama hasil pencarian.  Jadi buat website Anda sedemikian rupa sehingga pengunjung tertarik untuk berlama-lama di situs tersebut. Dan traffic website Anda akan meningkat.

4. Membangun Kepercayaan

Asumsikan Anda telah mempunyai konten bernilai tinggi dan jumlah pengunjung yang banyak, maka tinggal satu langkah lagi mendapatkan uang dari mereka. Dengan menyediakan konten-konten bernilai tinggi yang dapat dibaca secara gratis oleh pengunjung, dapat membangun kepercayaan dan hubungan dengan pengunjung. Setelah berhasil membangun hubungan, maka mereka akan lebih terbuka untuk membeli sesuatu yang Anda jual ataupun menerima rekomendasi untuk membeli suatu produk.

Kebanyakan kegagalan bisnis online salah satunya karena mereka teralu terburu-buru mengambil untung tanpa lebih dulu membangun hubungan dengan pengunjung.

how-to-start-an-online-business

5. Nikmati Uang Anda

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka lihatlah keuntungan yang bisa diambil dari pengunjung. Tidak sulit untuk menjual sesuatu ke orang-orang. Sediakan konten gratis yang bernilai tinggi dan biarkan orang-orang melakukan sesuatu yang akan menghasilkan uang, sesuai tujuan Anda tentunya.

Mungkin beberapa pengunjung memang tidak mendapatkan uang, tetapi itu tidak jadi masalah, karena Anda juga tidak memaksa mereka. Keberhasilan bisnis online tidak dinilai dari semua pengunjung harus menghasilkan uang untuk Anda. Hanya perlu beberapa orang meng’klik’ iklan yang ada, atau membeli produk yang dijual di website, bisa juga merekomendasikan produk orang lain dan mengambil komisi dari penjualan tersebut.

Pastikan jika mereka membeli sesuatu dari website kita, berarti saling menguntungkan. Menguntungkan bagi mereka karena mendapatkan barang yang memang dibutuhkan dan menguntungkan bagi Anda karena uang yang didapat. Dapatkan uang setelah menyuguhkan berbagai informasi berkualitas secara gratis.

Nah, tidak ada rahasia khusus untuk sukses bisnis online. Memang langkah-langkah di atas membutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar, namun suatu saat akan Anda nikmati hasilnya. Desain website Anda agar pengunjung tertatrik berlama-lama disana. Sediakan informasi berkualitas yang pengunjung inginkan atau butuhkan. Dengan begitu Anda tidak mendapatkan sesuatu tanpa menghasilkan sesuatu, seperti layaknya penipuan. Yakin bahwa segala kerja keras pasti ada hasilnya. Dan jangan pernah terburu-buru mengambil keuntungan.


Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.