Branding

Buatlah Brand atau merek yang sesuai dengan Model Bisnis UKM anda, misalnya bergerak di bidang Makanan, maka Brand tersebut harus mencerminkan Product tersebut serta Image Perusahaan yang meliputi layanan yang akan diperoleh pelanggan. Sesuaikan dengan Target Market yang akan dituju. Ada beberapa Jenis Brand, yaitu: Brand Perusahaan, Brand Produk, Brand Jasa, Brand Perorangan, Brand Organisasi, Brand Acara, Brand Geografis.

Tahap selanjutnya perhatikan brand elements yang digunakan, seperti :

1. Nama

Brand-Name

yang merupakan rangkaian kata yang digunakan untuk meng-identifikasikan perusahaan, product, jasa maupun jenis brand lainnya. Bisa juga mencerminkan visi dan misi perusahaan anda.

2. Logo

large_b313c50e85

Bentuk Visual yang mencerminkan Brand anda yang merupakan bagian dari brand image, karena itu tagline harus mampu mengkomunikasikan visi dan misi Anda, dan konsisten dengan apa yang Anda janjikan kepada publik Anda.

3. Grafik

Coca-cola-logo

Termasuk bentuk font yang digunakan untuk mencetak nama brand. Walt Disney memiliki grafik nama yang cukup legendaris, begitupun Coca Cola.

4. Bentuk

Coca-Cola-OGB

Bentuk unik dan berbeda dari botol kaca Coca Cola pada akhirnya membentuk sebuah identitas brand yang cukup kuat. Tak jauh berbeda, adalah bentuk-bentuk produk Apple, mulai dari iPhone, iPod hingga iPad yang meskipun selalu bervariasi, namun tetap mengesankan bentuk minimalis elegan yang menjadi ciri khasnya pun merupakan salah satu identitas yang tetap dipertahankan dan menjadi pembeda brand ini.

5. Warna

greenpeace_logo500px

Bagi sebagian brand, warna juga bisa melambangkan identitas brand tersebut. Sebut saja GreenPeace yang sesuai dengan warnanya selalu menggunakan warna-warna yang berhubungan dengan alam, seperti hijau dan cokelat. Atau, lagi-lagi Coca Cola yang identik dengan warna merah, begitupun maskapai AirAsia dan Palang Merah Internasional.

6. Suara

mission_impossible_two_ver1

Dalam hal ini, peranan sebuah jingle sangat berperan dalam mengaitkan persepsi brand dengan sebuah produk/jasa. Tentu saja, Anda dapat langsung mengenali jingle es krim Walls kapan pun Anda mendengarnya. Soundtrack film Mission Impossible – ya, film pun dapat menjadi sebuah brand yang kuat – juga menjadi salah satu penanda pentingnya asosiasi suara terhadap persepsi brand.

7. Aroma

Yang satu ini mungkin sedikit aneh, namun pada kenyataannya perpaduan aroma mawar-melati-musk dari Chanel No. 5 telah didaftarkan sebagai merek dagang, dan membuktikan bahwa aroma juga bisa dianggap sebagai identitas sebuah brand.

8. Citarasa

KFC_Logo

Kentucky Fried Chicken mengklaim ayam-ayam gorengnya memiliki citarasa yang berbeda karena diracik dari 11 bumbu dan rempah rahasia.

9. Pergerakan

lamborghini-wallpaper-2013-auto-car-hd-wallpaper-car-photo-lamborghini-wallpapers

Mungkin hanya Lamborghini yang memiliki mobil dengan bukaan pintu ke atas, bukannya ke samping seperti pada umumnya. Nyatanya, pergerakan yang unik tersebut menjadi identitas kuat yang membedakan Lamborghini dan produsen mobil lainnya.

Kini Anda telah memahami bahwa yang dimaksud dengan brand bukanlah sekedar logo atau nama atau tagline saja, melainkan semua atribut, termasuk kemasan, warna hingga perangkat pemasaran yang ikut menyatu dengan persepsi brand di benak masyarakat.

Brand yang efektif menciptakan persepsi bahwa tidak ada produk, layanan, organisasi atau komunitas lain yang menyerupai Anda, entah perbedaannya pada manfaat, bentuk, kemudahan penggunaan, harga atau prestise, yang pasti konsumen yakin bahwa Anda menawarkan sesuatu yang luar biasa. Untuk itu, banyak faktor yang memegang peranan, dan dapat berwujud maupun tidak berwujud, termasuk dekorasi kantor, pakaian personil, filsafat organisasi, kualitas layanan, desain materi cetak ataupun nilai tambah layanan. Intinya semua yang konsumen Anda sentuh, lihat atau dengarlah akan membedakan Anda dari kompetisi.

Sebagai pelaku usaha, Anda mungkin kini bertanya, bagaimana Anda bisa mencapai posisi tersebut, membuat brand Anda tampak menonjol di antara jutaan brand yang tersedia? Bagaimana seorang konsumen bisa memilih produk Anda di antara ratusan produk lain yang berjajar di sepanjang rak di pasar swalayan?

Jawabannya mudah saja: branding

Simak juga artikel: 3 Tips Menarik dalam Membangun Brand Awareness Usaha Anda


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G