Otak Kiri vs Otak Kanan: Mana Yang Lebih Baik Dalam Mendesain?

Konsep mengenai otak kiri dan kanan sedang trend loh Sribuddies!. Tidak Cuma dalam hal-hal berbau psikologi, tetapi pada zaman sekarang semua pekerjaan yang kita lakukan selalu dihubungkan dengan otak kiri dan otak kanan. Setiap individu berpikir dengan cara tertentu, memiliki minat lebih di daerah tertentu, dan di atas dan melampaui semua – yang paling efektif dengan cara tertentu. Pemahaman yang akurat dari otak kiri dan kanan dapat membantu seseorang untuk menjadi lebih produktif, efisien, dan kreatif.

Sekarang waktunya nih buat kalian para desainer. Yuk, kita bahas mengenai bagian otak mana sih yang paling dominan dan baik dalam mendesain.

OTAK KIRI VS OTAK KANAN

left_right_brain_xp

Sebelum membahas lebih lanjut, apakah kalian tahu perbedaan antara keduanya? Otak manusia dibagi menjadi dua bagian. Perbedaannya juga cukup signifikan. Selain karena yang satu terletak disebelah kiri dan yang lainnya sebelah kanan, perbedaannya juga terletak pada fungsi yang dilakukannya. Otak kiri berpikir secara sadar, bernalar melalui logika, menganalisis dan mengatur emosi. Sedangkan otak kanan berpikir secara tidak sadar, berhubungan dengan kreativitas. Dalam desain dapat dikatakan otak kanan melihat referensi visual secara keseluruhan, seperti apa itu pemandangan? Kemudian baru melihat rincian yanga ada di gambar tersebut. Sedangkan otak kiri melihat rinciannya terlebih dahulu, baru menyimpulkan apa yang terdapat pada karya seni tersebut.

Untuk orang-orang yang berdominan otak kanan lebih bergantung pada referensi visual untuk memahami dan sering kali belajar visual. Mereka lebih emosional dan mampu untuk memahami serta merefleksikan perasaan mereka. Kemudian, mereka juga sangat intuitif dan memiliki keingin tahuan yang sangat tinggi. Tetapi negatifnya, orang yang berdominan otak kanan cenderung tidak teratur dan kurang dalam memanajemenkan waktu mereka.

Sedangkan orang-orang yang berdominan otak kiri sangat teroganisir. Mereka menyukai deadline. Mereka juga orang yang lebih suka mendengarkan daripada membaca sesuatu dan lebih mengandalkan kata-kata untuk mengingat daripada alat bantu visual. Tetapi negatifnya, karena mereka orang-orang yang terinci step-by-step serta cara algoritmik, mereka sangat rentan terhadap kesalahan.

HUBUNGANNYA DENGAN DESAIN

Setelah mengetahui fungsi otak kiri dan otak kanan, pasti Anda berpikir bahwa orang-orang yang berdominan otak kanan kemungkinan besar lebih kreatif dalam mendesain daripada orang-orang yang berdominan otak kiri. Sebenarnya hal itu harus dikaji lebih baik. Bagi mereka yang dominan otak kanan, mereka dikatakan lebih kreatif dalam mendesain karena pandangan mereka melihat dunia lebih luas daripada orang lain. Sedangkan dominan otak kiri jauh lebih umum dan lebih analitis. Mereka bisa lebih kreatif dalam mendesain dari orang-orang dominan otak kanan, tetapi dengan cara yang berbeda. Untuk lebih memahami sifat artistik kedua belah pihak, mari kita lihat beberapa contoh dibawah ini:

ABSTRAKSI = OTAK KANAN

Orang berotak kanan mungkin bersandar lebih ke arah seni abstrak, karena kurangnya ketertiban dan kekacauan. Abstraksi juga memberikan konsep tanpa batas, sehingga dapat dianggap lebih outside-the-box, atau kreatif. Seni abstrak juga dikenal untuk menggambarkan emosi, bahkan dengan tidak ada bukti visual keras. Orang berotak kanan mungkin lebih mudah dapat menangkap makna sepotong abstrak lebih dalam.

abstract

 REALISME = OTAK KIRI

Sedangkan orang berotak kiri lebih tertarik dengan seni yang tertib dibandingkan abstrak. Apa yang dimaksud dengan seni tertib? Seni tertib lebih mengarah ke foto yang realitis seperti pemandangan, model atau apa saja yang berhubungan dengan pedoman dan bentuk.

photorealistic2

MANA YANG PALING DOMINAN?

Manusia menggunakan otak kanan dan kiri untuk mencocokkan kemampuan yang berfungsi secara penuh. Namun harus diingat, setiap manusia pun memiliki bagian yang dominan. Anda harus menentukan sisi otak bagian mana yang dominan terhadap diri anda. Sekarang sudah banyak sekali cara menentukan sisi dominan. Salah satunya adalah dua kuis online ini:

– Kuis yang ditujukan untuk para desainer

Kuis ini meliputi beberapa pertanyaan mengenai lukisan. Kuis ini ditujukan untuk para desainer walaupun kalian tidak melukis. Sebagai contoh, jika Anda seorang desainer web, Anda bisa menerapkan pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam ruang digital anda.

– Kuis tes kreativitas otak kanan vs otak kiri

Untuk kuis yang satu ini, tidak hanya untuk kalian para desainer. Karena kuis ini terlihat lebih umum. Kuis ini sangat berguna. Karena kuis ini memberikan rincian yang sangat detail dan hasil yang sangat akurat.

MANFAAT DALAM PEKERJAAN

Sekarang mari kita melihat ke dalam beberapa ide lebih lanjut tentang bagaimana kita secara khusus dapat lebih baik dalam pekerjaan hanya dengan memahami psikologi kita sendiri. Setelah mengikuti kuis di atas, Anda mungkin telah menemukan bahwa Anda tidak menggunakan 100% otak kanan maupun 100% otak kiri. Keadaan sebenarnya adalah campuran dari keduanya, sementara beberapa sifat mungkin bersandar jauh ke sisi yang berlawanan atau sebaliknya. Dalam keadaan-keadaan tertentu, kita mungkin hanya menjadi kanan / kiri berotak dengan persentase tertentu, sedangkan sisa persentase memimpin jalan berlawanan. Sekarang mari kita lihat beberapa strategi yang dapat membantu orang dengan kombinasi sifat-sifat:

PAHAMI GAYA ANDA

Seperti yang dikatakan diatas, orang yang berdominan otak kanan cenderung lebih ke arah abstraksi sementara orang-orang berotak kiri cenderung lebih ke arah realisme. Jika kita memiliki karakteristik campuran, kita mungkin cenderung ke arah campuran. Termasuk dalam hal mendesain.

Anda perlu menemukan gaya Anda, dan coba campurkanlah pilihan Anda antara abstraksi dan realisme. Menambahkan bentuk yang lebih mungkin bagi mereka yang berdominan otak kiri lebih kuat, tetapi dengan petunjuk dari pemikiran otak kanan. Abstraksi dengan sedikit bentuk mungkin bagi mereka yang berdominan otak kanan, tetapi memiliki sedikit pemikiran otak kiri. Jika Anda bisa menggabungkannya dengan baik hal itu dapat mencapai keseimbangan yang lembut.

mixed

Lihatlah beberapa jenis desain, dan buatlah catatan yang menarik bagi Anda. Kemudian simpanlah dalam koleksi Anda agar Anda dapat teliti kesamaan mereka. Kemudian uji sisi abstraksinya dan analisis. Jika Anda sudah lihai dalam melakukan hal ini, artinya Anda sudah berhasil mencampurkan sisi otak kanan dan kiri anda.

PATUHI OTAK ANDA

Jika Anda suka organisasi, tidak ada salahnya untuk menggunakannya dalam mendesain desain Anda. Jangan merasa perlu untuk lebih kreatif dengan menjadi lebih unik, berbeda, atau bahkan menjadi aneh. Satu bisa sama seperti aslinya dengan menggunakan pengukuran, bentuk, pola, dan aturan. Bagi orang-orang berotak kiri cobalah membuat satu aturan untuk mematuhi seluruh desain, dan kemudian datang dengan cara-cara yang berbeda-beda untuk mengubah aturan bahwa seluruh desain untuk membawa lebih banyak variasi . Misalnya, gunakan hanya satu bentuk dan mengubahnya menjadi gambar besar, gunakan hanya satu warna dalam nuansa yang berbeda, atau mencoba karya seni isometrik.

isometric

Jika Anda tidak menyukai bentuk, dan lebih suka mencoba abstraksi ekstrim , kemudian cobalah lakukan itu. Jangan tahan diri Anda untuk batas karena Anda merasa bahwa karya seni dibutuhkan organisasi. Hal ini dapat dilakukan, tetapi tidak harus. Sedangkan untuk orang berotak kanan harus mencoba bereksperimen dengan warna yang berbeda, pola, tekstur , dan apa pun, sambil menjaga gambaran besar dalam pikiran .

Karena dominasi kanan berarti melihat gambaran besar dan kemudian detail, bayangkan hasil pertama, dan kemudian detail sepanjang jalan. (Untuk web designer berotak kanan , ini adalah salah satu alasan lagi mengapa wireframing sangat penting).

BELAJAR MENGATASI KESALAHAN ANDA

Semakin kita memahami sisi positif kita, semakin besar pula kita dapat memahami kesalahan kita. Anda harus mempelajari hal-hal penting seperti belajar mengidentifikasi kesalahan Anda dan belajar memikirkan bagaimana Anda akan perbaiki. Jika seseorang memiliki kesulitan menemukan kreativitas karena mereka terlalu analitis, jangan melawan naluri alami Anda. Alih-alih mencari metode baru untuk memanfaatkan kreativitas dan mempraktekkan teknik-teknik baru . Ingat! Desain grafis atau seni bakat siapa pun yang sempurna pada awalnya – tidak peduli apa sifat alami mereka mungkin . Kedua belah pihak harus bekerja dalam hal itu , dan harus lebih mampu menerima kesalahan mereka dan bekerja pada mereka untuk memperbaiki diri .

Bagaimana Sribuddies? Memahami sisi kanan dan kiri dari otak adalah cara yang bagus untuk memperbaiki pekerjaan Anda, dan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang siapa Anda sebagai individu. Sering kali, jalan menuju kreativitas yang lebih baik terletak pada ilmu pengetahuan dan logika yang dalam hal ini adalah psikologi. Jadi, jangan pernah membatasi diri Anda dari banyaknya jalan yang bisa ditempuh untuk menjadi seorang desainer professional. Artikel ini dapat menambah wawasan Anda mengenai cara Anda mengetahui dominan otak Anda maupun bagaimana cara Anda menyeimbangkannya agar mencapai desain yang baik. Terus kembangkan kreativitas Anda ya Sribuddies. Karena kreatif muncul karena dilatih. Jadi Anda harus terus sering berlatih. Yuk coba tunjukkan kreativitasmu dengan mengikuti kontes Sribu. Jangan lupa untuk membaca ilmu-ilmu mengenai desain lainnya di blog Sribu, Facebook Fan Page Sribu.com atau Twitter account Sribu di @sribudotcom.

Salam,

Ryan Gondokusumo

Founder Sribu.com

* Credits to:

webdesignerdepot.com

^ understanding-your-brain-for-better-design-left-vs-right


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G

  • Fitra Fadilana

    kalo bisanya gambar 2 gunung, sawah, 1 rumah sm jalan itu otak kiri apa otak kanan ya?? 😀

    • Hehe. Coba saja dicek melalui kuis yang ada pada artikel kami. 🙂

  • yoanlogic

    mksh infonya..ijin kutip mas

  • prio

    info bagus gan

  • manusia

    bahasanya terlalu sulit dipahami, sok pinter

    • @manusia: Bukan sok pinter, tapi inilah fakta-nya.

    • Danang Apriatna

      Elu sok bisa

  • Muhammad Rizal

    Wahh Keren Infonya Gan
    Thank Atas Infonya Ya Gan

    • Hi @disqus_fju0XQ1Gbl:disqus: Terima kasih atas pujiannya dan telah membaca artikel ini 🙂

  • rahmat fauzi

    gue mau tanya bagus gk sih kalau otak kiri 49,66% dan otak kanan 50,34%.karena keduanya gk ad yg dominan melainkan hampir seimbang

  • mugi

    kalau otak tengah bagaimana..kok gak dibahas….?!?!? searching di youtube cara mengaktifkan otak tengah…(otak tengah=Supranatural)

  • Bydi cHow

    izin sedot mas