Nike Sukses Lewat Campaign dan Kualitas Produk

Advertising campaign yang sukses merupakan salah satu tonggak keberhasilan dalam marketing yang menyangkut kelangsungan hidup sebuah brand. Advertising campaign sendiri bisa berupa electronic ads atau print ads yang meliputi  desain logo, poster, banner, bilboard, brosur, dan masih  banyak lainnya.

Salah satu advertising campaign yang terkenal sepanjang sejarah adalah Nike. Anda pasti masih ingat betapa produk nike yang amat tersohor itu lebih terkenal dari atlit yang memakainya. Pastinya kamu juga sudah menyadari jika semua itu berkat advertising campaign dari nike yang cerdas dan tepat sasaran.

Reebok yang merupakan  pesaing utama dari Nike dan mereka memang pernah mengungguli nike dalam hal penjualan. Namun kemudian Nike melesat lebih jauh dengan advertising campaignnya yang menjadi sejarah “just do it”.

Campaign just do it sendiri menjadi hit di tahun 1988 dan pada saat ini penjualan nike yang tadinya berada pada angka 800 juta dollar melesat menjadi 2 milyar dollar di tahun 1998.  Just do it merupakan slogan nike yang kepopulerannya melebihi produk nike sendiri. Just do it sendiri merefleksikan fakta bahwa orang bisa melakukan apa saja untuk menjadi hebat dan berprestasi dan mereka hanya perlu melakukannya.

Slogan tersebut merupakan salah satu slogan paling terkenal dan diingat orang sepanjang sejarah. Slogan tersebut memang berawal saat pertemuan antara agency iklan dari Nike Wieden and Kennedy dan sekelompok pegawai dari Nike. Akhirnya terciptalah slogan yang amat terkenal tersebut.

nike-just-do-it-wieden-kennedy-1

Tak hanya slogan nike yang simpel dan fenomenal yang mampu mencuri perhatian banyak orang namun juga logonya yang sangat eye catching, mudah diingat serta sederhana. Prinsip less is more pada logo dan slogan nike memang merupakan sebuah kesatuan yang menjadi kekuatan dari advertising campaign nike. Hal itu juga yang menjadikan nike salah satu brand paling kuat dan tersohor di dunia.

Brand management memang merupakan kekuatan terbesar dari Nike. Konsumen bersedia untuk membayar lebih mahal dan menjadi loyal untuk brand yang memberikan mereka kepercayaan dan kualitas. Brand yang kuat akan membuat perusahaan mampu untuk melakukan ekspansi pasar serta memperoleh pendapatan lebih banyak ketimbang kompetitornya. Dengan campaign just do it dan produk yang kuat dan berkualitas, Nike mampu menguasai pasar dunia.

Nike juga kembali menuai kesuksesan dengan campaignnya “find your greatness”. Dalam campaign ini Nike menekankan bahwa kesuksesan dan kejuaraan bukanlah milik seorang atlet kejuaran semata-mata namun juga mereka yang berusaha keras untuk menggapai mimpinya.

Insight dibalik campaign ini adalah sebuah pesan kuat untuk menginspirasi siapapun yang ingin mencapai moment terbaik mereka dalam bidang olahraga. Campaign ini berupa sebuah film yang disebarluaskan melalui social media dan digital channel.

Nike telah membuktikan bahwa campaign yang sukses dan tepat sasaran mampu membuat mereka tak hanya bertahan dengan produk mereka namun juga tetap menjadi market leader dibidangnya. Print ads dari Nike yang berupa poster, bilboard, banner dan yang lainnya juga memiliki sentuhan kuat dan desain yang simple namun amat eye catching.

Hal ini membuktikan bahwa desain bukanlah hanya sekedar pemanis dalam sebuah campaign namun lebih dari itu desain yang baik dan kuat merupakan kunci keberhasilan dari sebuah campaign. Prints ads campaign amat membutuhkan desain yang kuat, eye catching dan mempesona. Begitupula dengan desain logo yang merupakan perekat dari keseluruhan elemen advertising campaign itu sendiri.

Bagaimana menurut Anda tentang artikel berikut? Jangan lupa tinggalkan komentar atau masukannya. Simak tips marketing atau bisnis lainnya disini.


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G