Xmas time

Seiring berkembangnya teknologi di dunia, tak sedikit gaya hidup kita pun berubah. Seperti perusahaan-perusahaan gadget yang berlomba-lomba dalam menginovasi gadget mereka, sampai kegilaan kita yang selalu memegang gadget hanya untuk bersosialisasi di jejaring sosial.

Tidak dapat dipungkiri, internet membuat kita terkadang lupa untuk memikirkan lingkungan sekitar, tetapi internet juga membantu kita memenuhi kebutuhan secara cepat dan mudah. Contohnya saja dengan adanya online shop, kita dapat berbelanja sesuka hati tanpa menghabiskan waktu dan tenaga. Sehingga, hal ini pula yang menjadikan online shop menjadi salah satu pilihan untuk orang-orang yang ingin memulai bisnisnya.

Tetapi mempertahankan eksistensi online shop tidaklah mudah. Anda harus tetap harus meningkatkan kinerja Anda, agar online shop Anda semakin baik dan dicari pelanggan. Inilah 7  tips meningkatkan efektivitas online shop Anda.

 1.      Deskripsikan produk dengan baik

 product_description_ss

Detail produk sangat penting dalam situs online shop, termasuk rincian seperti ukuran, pengiriman, dan berat produk. Spesifik seperti kompatibilitas produk pengganti atau ukuran sebuah artikel pakaian juga harus diperhatikan untuk menarik perhatian calon pelanggan dan memberikan kepuasaan sehingga membuatnya sebagai pelanggan tetap.

 2.      Foto harus berkualitas tinggi

 photos_potterybarn_ss

Setelah konten, foto kualitas tinggi dari produk Anda adalah hal yang paling penting kedua dalam situs online shop. Foto-foto harus dari kualitas tertinggi yang tersedia dan memiliki kemampuan untuk diperbesar tanpa menjadi blur. Foto besar akan mengurangi pertanyaan dari pelanggan. Foto juga harus diambil dari berbagai sudut sehingga tidak ada pertanyaan tentang ukuran relatif atau komponen produk.

 3.      Kebijakan yang mudah diakses

 customer_service_ss

Dengan adanya FAQ, policy, dan prosedur yang jelas tentang perusahaan, daftar pengiriman, adanya retur barang, jam pelayanan dan lain-lain, itu bertujuan untuk mengurangi pertanyaan dari pelanggan. Sehingga, tanpa bertanya pada Anda, mereka sudah tahu hal-hal yang mendasar dari proses jual beli bisnis Anda.

 4.      Program analytics yang kuat

 analytics_ss

Anda harus tahu bagaimana pelanggan mengakses situs online shop Anda. Apa dari mulut ke mulut, atau dari keyword yang dicari di Google. Salah satu hal yang paling mudah untuk melihatnya adalah dengan cara melihat tingkat bouncing. Tingkat bouncing adalah jumlah waktu yang dihabiskan pada halaman Web sebelum keluar. Semakin rendah Anda mendapatkan tingkat bouncing Anda, semakin baik tingkat keberhasilan Anda. Kemudian, Anda juga dapat melihat di page mana pelanggan Anda keluar dari situs Anda. Tentunya saja Anda mau pelanggan meninggalkan di page “Pembelian sukses” atau “Contact us” page daripada mereka meninggalkan situs Anda di homepage.

5.      Informasi tentang kontak perusahaan yang jelas

contact_zappos_ss

Informasi kontak harus tercantum pada setiap halaman. Karena selain agar pelanggan tidak bingung mencarinya, dengan adanya nomor telepon yang terdaftar, akan membuat pelanggan lebih percaya dan tidak takut untuk membeli di situs online shop Anda. Jangan lupa cantumkan alamat fisik, alamat email, dan fax jelas tercantum memastikan integritas dan membuat komunikasi dan pembelian yang lebih efisien.

6.      Fungsi pencarian yang baik

 search_modcloth_ss
Dalam situs online shop Anda, Anda harus memiliki kemampuan untuk melacak spesifik produk seperti ukuran, dan ketersediaan, dan juga memiliki kemampuan bagi pelanggan untuk melihat apa yang pelanggan lain beli. Magento dan Volusion adalah sistem yang bagus untuk menerapkan yang kemampuan fungsi ini. Untuk nilai SEO, lebih baik menggunakan Google Keyword Tool atau WordTracker untuk menentukan istilah pencarian terkemuka yang sesuai untuk produk dan jasa Anda.

 7.      Buatlah tombol ajakan

buttons_ss

Anda ingin ajakan Anda untuk tombol tindakan (contoh: buy now, order now, download here) menjadi sebelum pertama 600 piksel pada halaman Web Anda. Idealnya, tombol ini akan muncul pada setiap halaman. Setiap halaman harus membawa Anda ke suatu tindakan, seperti pembelian, atau formulir. Harus ada hasil yang jelas mengakhiri setiap produk pada halaman.

Ketujuh cara tersebut adalah cara-cara yang mudah dilakukan Anda, dan tentunya dapat meningkatkan situs online shop Anda. Selain cara diatas, Anda juga harus ingat bahwa salah satu cara meningkatkan situs online shop adalah pada diri Anda. Anda harus bisa mengoptimasi pelanggan Anda, dan memberikan produk-produk serta pelayanan yang terbaik untuk pelanggan Anda.


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G