Ingin menjadi wirausahawan tetapi bingung dengan ide usaha apa yang cocok untuk Anda jalankan? Anda ingin mencoba rasanya menjalankan usaha seperti para pemilik kedai Starbucks, atau restoran fast food seperti Burger King? Anda dapat melakukannya dengan membeli waralaba. Waralaba atau yang biasa dikenal dengan franchise adalah salah satu bentuk hak yang didapatkan untuk menyediakan dan atau menjual barang dan jasa dengan imbalan yang sudah ditetapkan oleh pihak lain. Namun, teradapat banyak jenis waralaba, dari yang murah hingga yang mahal.

Berbagai waralaba murah kini sudah memenuhi pusat perbelanjaan dan juga area berjualan. Anda bisa memilih sendiri waralaba mana yang Anda sukai baik dari segi produk dan jasa yang ditawarkan, jenis waralaba yang diminati maupun harga waralaba yang diajukan. Dengan membeli waralaba, Anda dapat memulai hari Anda untuk menjajaki dunia wirausaha segera. Namun, ada berbagai hal yang perlu dijadikan pertimbangan untuk membeli atau tidak membeli waralaba. Berikut adalah pertimbangannya:

Dari segi positifnya:

1.       Anda Dapat Bekerja untuk Diri Anda Sendiri

Dibandingkan bekerja di perusahaan milik orang lain, lebih baik menjadi pengusaha dan bekerja untuk diri Anda sendiri, bukan? Nah, menjadi entrepreneur yang membeli waralaba murah merupakan hal yang tepat. Anda mungkin membayangkan sebuah gambaran di mana diri Anda terbebas dari berbagai kesepakatan dengan pihak-pihak lain. Namun nyatanya, Anda tetap harus menerobos bayangan tersebut agar dapat melakukan kesepakatan dengan beberapa calon karyawan Anda sehingga waralaba murah yang Anda beli akan berkembang sesuai keinginan Anda. Bukan hanya Anda yang bekerja untuk diri Anda sendiri, namun juga calon karyawan Anda akan bekerja dengan baik untuk Anda.

2.       Anda Bersemangat untuk Bekerja Keras

 tee-fo-vaultec-hardwork-detail

Apa yang perlu Anda takutkan dengan bekerja keras untuk diri Anda sendiri? Anda dapat menikmati masa di mana Anda harus bekerja keras untuk mengembangkan waralaba murah yang telah Anda beli agar semakin berkembang dan menguntungkan Anda.

Anda akan termotivasi untuk melakukan berbagai kerja keras agar waralaba murah yang Anda beli dapat berjalan dengan lancar dan membawa keuntungan untuk Anda. Anda juga akan belajar banyak hal baru dalam menjalankan waralaba murah yang telah Anda beli sehinga pengetahuan Anda jadi semakin luas. Anda juga akan belajar banyak mengenai promosi offline dan online marketing.

3.       Anda Tidak Perlu Mengambil Banyak Resiko

 Fotolia_17226269_M-1024x681

Membeli waralaba murah tentu saja meminimalisir resiko Anda dalam menjajaki dunia entrepreneurship. Dengan membeli waralaba murah yang sudah teruji keberhasilannya, Anda dapat memperkecil kemungkinan berbagai kerugian yang mungkin akan Anda alami.

Sedangkan dari sisi negatifnya:

1.       Cenderung Lebih Mahal

 expensive

Jika dihitung-hitung, membeli waralaba yang murah sekalipun akan tetap menguras uang Anda lebih banyak dibanding memulai sendiri ide usaha Anda. Namun, Anda tidak perlu mengkhawatirkan berbagai hal karena waralaba tersebut sudah diuji langsung pada masyarakat berikut dengan produk dan jasa yang mampu diberikan.

2.       Masih Tetap Ada Resiko

 risk-ratings

Jenis waralaba murah apapun yang akan Anda beli, tentunya akan memiliki resikonya masing-masing. Resiko itu bisa berasal dari luar, maupun dari dalam seperti krisis ekonomi negara maupun penempatan lokasi yang kurang tepat. Apapun hal buruk yang nantinya Anda hadapi, Anda harus tetap dapat memanage dengan baik segala hal buruk yang sedang dihadapi.

3.       Adanya Berbagai Batasan

 limitation-plane1

Dengan membeli waralaba murah, Anda tidak dapat melakukan banyak improvisasi di berbagai hal seperti produk dan jasa yang ditawakan serta desain interior dan juga desain logo waralaba tersebut. Anda hanya bisa ‘pasrah’ dengan semua hal yang sudah disediakan maupun dengan segala perubahan yang dilakukan oleh pemilik asli waralaba oleh franchisor (badan atau perusahaan yang memberikan izin waralaba) tersebut.

Untuk meminimalisir resiko yang ada, pastikan Anda telah membuat marketing plan yang baik dan juga persiapan yang matang sebelum memilih waralaba yang akan dibeli. Persiapkan juga berbagai kebutuhan mendasar seperti kaos, flyer dan banner untuk basic marketing Anda agar waralaba yang Anda beli dikenal masyarakat.


Shriyadita Yenie

Copywriter di Sribu.com. Pembaca buku yang memiliki banyak cerita. Penikmat Indomie Goreng Spesial dan berbagai teh yang mendapatkan gelar sarjana ilmu komunikasinya di Universitas Tarumanagara pada tahun 2014.