Sebagai pemilik UKM, Anda pasti ingin agar usaha yang Anda jalankan cepat berkembang sehingga memberikan Anda keuntungan secara cepat. Berbagai kegiatan marketing sudah Anda jalankan, mulai dari online marketing hingga offline marketing, namun terkadang kegiatan tersebut masih belum juga membuahkan hasil yang Anda harapkan. Maka dari itu, Anda harus coba mempelajari teori marketing mix agar kegiatan promosi yang dijalankan menjadi lebih efektif.

Marketing mix adalah salah satu teori umum dalam dunia marketing yang terdiri dari 4P, yakni product, price, placement dan promotion. Keempat faktor tersebut memiliki pengaruh besar terhadap kegiatan marketing lainnya yang nantinya akan mempengaruhi angka penjualan. Mungkin, di benak Anda, Anda langsung dapat membayangkan bagaimana 4P tersebut mempengaruhi angka penjualan. Anda mungkin membayangkan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan harus memiliki fitur yang tepat, harga yang ditawarakan juga harus tepat. Tak lupa dengan penempatan produk pada tempat yang sesuai dan juga kegiatan promosi yang dapat menyadarkan target market akan produk atau jasa yang Anda miliki.

Semua yang Anda bayangkan itu tidaklah salah. Namun, pada kesempatan kali ini, Sribu akan menjelaskan secara lebih detail dari masing-masing faktor marketing mix yang dapat Anda terapkan sehingga brand awareness meningkat, kegiatan marketing berjalan dengan lancar dan angka penjualan meningkat seketika. Berikut penjelasannya:

1. Product (Produk)

  1

Produk dalam aspek marketing mix menjelaskan bahwa produk yang ditawarkan haruslah memiliki fungsi yang jelas. Desain produk yang menarik di mata target market dan juga mudah digunakan menjadi salah satu nilai tambah bagi Anda. Apalagi jika memiliki desain kemasan yang atraktif dan unik, pastinya akan mengundang target market untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk Anda.

 2. Price (Harga)

 Prijs_original

Dalam aspek marketing mix, harga adalah salah satu penentu keberhasilan kegiatan marketing. Harga dari produk dapat menentukan jumlah penjualan yang dibuat. Dalam teorinya, harga juga menentukan bagaimana persepsi target market mengenai produk Anda. Anda dapat melakukan penelitian kecil dengan survey atau kuisioner singkat mengenai opini target market mengenai harga yang ditawarkan sehingga dari hasil penelitian tersebut dapat diindikasi bagaimana persepsi mereka mengenai produk Anda.

 3. Placement (Tempat)

 build-end-display-glass-goods-800x800

Penempatan produk dan jasa yang ditawarkan menjadi salah satu aspek marketing mix dan juga metode yang dapat digunakan untuk menyampaikan dan juga menyimpan produk sehingga dapat langsung diantarkan kepada konsumen. Pastikan kegiatan distribusi yang dijalankan sudah sesuai dari segi tempat tujuan dan juga waktu pengiriman. Pilihan metode distribusi dalam marketing mix ini akan ditentukan dari situasi yang sedang berlangsung. Namun, akan menjadi lebih nyaman bagi Anda jika produk didistribusikan kepada agen daripada langsung menuju kepada pengecer.

 4. Promotion (Promosi)

 events

Promosi adalah salah satu poin dalam marketing mix yakni kegiatan komunikasi antara pebisnis dan pelanggan. Melalui kegiatan promosi, pemilik bisnis akan menginformasikan berbagai pesan yang akan membawa target market untuk memutuskan pembelian pada produk atau jasa yang dipromosikan. Kegiatan sepeti promosi ini tentunya akan mempengaruhi keseluruhan aktivitas bisnis yang dijalankan.

Umumnya, biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan promosi akan sama dengan biaya produksi sebuah produk. Namun, kegiatan promosi yang berhasil juga akan meningkatkan ouput yang lebih besar. Anda juga bisa melakukan kegiatan marketing melalui website dengan tampilan baik dan juga kartu nama yang dibagikan pada saat kegiatan promosi berlangsung. Dengan kegiatan promosi, Anda dapat mengembangkan dan membagikan pesan keseuksesan dan juga dapat mengefektifkan anggaran Anda.

Teori marketing mix yang telah dijelaskan pada beberapa paragraf sebelumnya tentu akan memberikan pengetahuan lebih dalam untuk kegiatan pemasaran yang akan atau sedang Anda jalankan saat ini. Perhatikan dengan detail setiap aspek yang ada dalam marketing mix dan jalankan marketing mix dengan baik sehingga kesuksesan usaha yang Anda miliki akan segera tercapai.


Shriyadita Yenie

Copywriter di Sribu.com. Pembaca buku yang memiliki banyak cerita. Penikmat Indomie Goreng Spesial dan berbagai teh yang mendapatkan gelar sarjana ilmu komunikasinya di Universitas Tarumanagara pada tahun 2014.

  • noam surya patudangi

    Sangat membantu dalam progress marketing. Tau produk, harga, tempat dan promosinya!! Semoga dapat membantu dilapangan nantinya.

    Terima kasih info dan share yah!!

    • @Noam: Sama-sama dan terima kasih telah membaca artikel kami. Silahkan dishare juga ya 🙂

    • @Noam: Sama-sama dan terima kasih telah membaca artikel kami. Silahkan dishare juga ya