Website

Dengan konsumen yang mengerti teknologi seperti saat ini, sebuah website wajib diberikan untuk setiap bisnis yang ingin sukses, tidak peduli seberapa ukuran bisnis atau industrinya. Tanpa sebuah website, bisnis tidak akan dianggap serius dan kemungkinan akan menurunkan peluang mereka untuk ditemukan oleh pelanggan baru. Sebuah website yang dirancang dengan baik juga dapat memungkinkan pemilik usaha kecil untuk bersaing dengan para pemain besar di pasar konsumen yang semakin kompetitif.

Berikut adalah elemen-elemen yang harus diperhatikan ketika membuat atau membenahi sebuah website bisnis:

1.  Biarkan semua orang tahu apa yang dipikirkan orang tentang bisnis Anda

Menurut sebuah penelitian oleh BrightLocal, 85 persen konsumen membaca ulasan secara online pada bisnis lokal – ini naik dari 76 pada tahun 2012. Sebagai konsumen yang ingin terus mendapatkan kenyamanan dan informasi melalui ulasan, mereka akan menjadi pembangkit, atau merugikan bisnis baru.

Sediakan tempat pada website untuk ulasan yang menyoroti hal-hal positif yang dkatakan pelanggan. Menambahkan sebuah plug-in yang memungkinkan pengunjung untuk menambahkan ulasan secara langsung pada website adalah hal yang bagus, tapi juga baik untuk menambahkan plug-in ulasan dari layanan pihak ketiga seperti Yelp atau Facebook.

web bisnis 3

Juga tidak kalah penting untuk memiliki ulasan baru dan dperbarui, sehingga melatih karyawan yang langsung berinteraksi dengan pelanggan tentang cara-cara untuk mendekati pelanggan untuk menulis ulasan.

2.  Jadilah sosial dan terhubung

Pelanggan ingin memiliki pilihan untuk terhubung dengan bisnis yang ia sukai. Saluran media sosial tidak hanya memberikan mereka pilihan, tapi saluran media sosial yang berbeda juga memungkinkan perusahaan untuk berhubungan dengan kelompok konsumen yang berbeda juga. Termasuk semua saluran sosial bisnis yang aktif sangatlah penting untuk sebuah website.

Tambahkan juga tombol “share” yang memberikan pengunjung pilihan untuk membagi website dan mempromosikan produk atau jasa favorit mereka dengan jaringan media sosial mereka.

3.  Buat tampilan yang menyenangkan secara visual

Konsumen saat ini berharap untuk datang ke website yang dirancang dengan baik sehingga memberikan semacam pengalaman interaktif. Entah itu dengan gambar yang mengesankan, video, atau desain responsif, buatlah desain website kreatif yang akan menghadirkan pengalaman di website Anda.

Gunakan foto yang jelas menggambarkan produk atau jasa dan menampilkannya terutama dihalaman depan. Gambar dan video berkualitas tinggi akan membedakan webiste bisnis dan produk dari pesaing.

4.  Hilangkan semua hambatan untuk melakukan pembelian

Setiap bisnis yang menjual produk harus punya sebuah situs e-commerce yang baik untuk menghilangkan hambatan dalam melakukan pembelian. Tidak ada yang salah dengan memiliki lokasi toko fisik, tetapi juga penting untuk memberikan konsumen cara mudah untuk membeli jika mereka tidak bisa pergi ke toko.

web bisnis 2

Memilih untuk membuat situs e-commerece di luar website Anda, seperti Amazon atau OLX sebenarnya tidak salah, tetapi kenyataannya ini bisa jadi penghalang lain dalam membeli. Pilihan terbaik adalah dengan menambahkan pemesanan online atau keranjang belanja ke website dengan bantuan produk seperti PayPal, atau menginvestasikan uang tambahan dalam mengembangkan dan mempertahankan sebuah toko online terintegrasi.

5.  Tetap segar dan relevan

Menjaga konten agar selalu baru pada website menunjukkan pada pelanggan bahwa Anda mempunyai bisnis hidup yang dapat dipercaya pelanggan. Mayoritas halaman pada sebuah situs web tidak akan memerlukan pembaruan konstan, tapi harus ada setidaknya satu halaman yang memerlukan perawatan berkala.

Tambahkan blog atau halaman yang menunjukkan jadwal pelatihan selanjutnya, produk baru, dll. Ini adalah cara yang bagus untuk menunjukkan bahwa bisnis hidup dan berkembang, serta memberikan kontribusi untuk peringkat di SEO website. Google akan memberi imbalan pada website yang sering memperbarui konten dan menambahkan konten yang relevan untuk industri jadi ingatlah untuk selalu membuat website terlihat segar dengan konten-konten baru.

6.  Buktikan ada orang dibalik website

Menambahkan informasi kontak adalah detail yang biasa diabaikan saat membuat website. Bahkan jika bisnis memang tidak memiliki lokasi fisik, melupakan atau sengaja mengabaikan informasi kontak dari situs dapat menyebabkan bisnis kehilangan pelanggan dan kredibilitasnya.

web bisnis 4

Konsumen berharap untuk bisa berhubungan dengan pihak penjual ketika mereka membeli sesuatu. Buatlah dengan jelas bagaimana pelanggan dapat menghubungi layanan pelanggan melalui email, telepon, dan media sosial.

Juga penting untuk memasukkan alamat bisnis, bahkan jika itu PO Box. Informasi ini idealnya berada di bagian bawah setiap halaman situs web.

Jika Anda berniat membuat website bisnis, jangan lupa pahami elemen-elemen di atas dan tambahkan dalam website Anda. Agar website Anda terlihat lebih profesional, gunakan jasa desain website profesional, ini akan mempengaruhi persepsi pengunjung terhadap bisnis Anda. Selamat mencoba!


Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.