Branding adalah salah satu kegiatan memasarkan brand yang dapat dilakukan dengan berbagai cara. Baik dari menyelenggarakan acara atau membuat program promosi untuk menarik perhatian target market agar mau mencoba dan juga meneruskan konsumsi produk yang ditawarkan. Brand yang baik akan terus menerus melakukan kegiatan branding hingga mencapai brand awareness di masyarakat.

Untuk meningkatkan brand awarenessnya, banyak brand berlomba-lomba untuk melakukan kegiatan branding dengan berbagai cara, salah satunya Cimory. Siapa sih yang gak tau Cimory? Ya, benar! Cimory yang memiliki produk berupa yoghurt siap minum dalam kemasan botol tersebut adalah salah satu brand yang terkenal dan sangat familiar di mata masyarakat. Selain produk yoghurt siap minum, Cimory juga terkenal dengan produk lainnya seperti sosis, susu dan patisserie. Produk-produk yang ditawarkan Cimory sangat berkualitas hingga tak perlu diragukan lagi kelezatan dari produk-produk yang ditawarkannya.

 

Dalam rangka meningkatkan brand awarenessnya, Cimory menggunakan jasa desain dari Sribu.com sebanyak 3 kali, yakni untuk mendesain logo Le Mory, mendesain packaging untuk Besto Sosis Sapi & Ayam dan juga mendesain maskot sapi untuk Cimory.

logo lemory win

Desain logo untuk Cimory Patisserie yang melakukan rebranding menjadi LeMory

maskot cimory win

Desain maskot sapi yang dipilih oleh Cimory

packaging Besto win

Desain packaging yang dipilih untuk Besto Sosis Ayam & Sapi

 

Karena penasaran akan pendapat dan ingin mendengar sharing lebih banyak mengenai branding yang dilakukan oleh Cimory, maka tim Sribu.com memutuskan untuk berkunjung ke kantor Cimory yang ada di daerah Puncak.

 

IMG_0394

Indesa, contest holder di Sribu yang merupakan perwakilan dari Cimory menyambut kedatangan Sribu.com

 

 

Clara – Sribu: “Halo Bu Indesa! Apa kabar? Boleh gak Sribu mendapatkan penjelasan seputar Cimory?”

Indesa – Cimory: “Hi Clara! Kabar baik nih. Tentu saja boleh! Kalau Cimory sendiri awalnya didirikan oleh Bambang Sutanto pada tahun 2004. Awalnya dimulai keinginan untuk membantu para peternak sapi di daerah Cisarua, Bogor. Akhirnya, Cimory berkembang menjadi industri yang fokus pada pengolahan susu dengan menerapkan teknologi terkini untuk menambahkan nilai pada produk. Hingga sekarang, Cimory berkembang menjadi suatu bentuk Group of Company yang bergerak pada bidang food and beverage dengan 8 anak perusahaan dan juga di bidang manufaktur.”

 

Clara – Sribu: “Wah keren dong! Apa saja sih produk yang dihasilkan? Bagaimana dengan jaringannya dan berapa banyak pembeli produk Cimory?”

Indesa – Cimory: “Dari beberapa anak perusahaan tersebut yang bergerak di bidang food and beverage, semuanya berbasis protein. Mulai dari susu, telur, daging, hingga yang terakhir adalah kacang kedelai. Selain bergerak di bidang F&B.

 

Clara – Sribu: “Diantara perusahaan-perusahaan tersebut, yang mana sih yang paling berkembang?”

Indesa – Cimory: “Perusahaan yang sedang berkembang adalah perusahaan Cimory dalam bidang F&B, beberapa produk diantaranya yang terkenal adalah yoghurt, susu, sosis. Selain itu ada pula Pattiserie dan Chocomory yang berdiri sendiri.”

 

Produk andalan Cimory berupa susu dan yoghurt yang memiliki citra rasa tinggi sangat mudah ditemukan! Produk andalannya tersebut dijual di banyak outlet supermarket dan minimarket, jadi tak heran jika Cimory menjadi salah satu brand lokal yang begitu dikenal masyarakat.

 

Clara – Sribu: “Nah kalau menurut Ibu Indesa sendiri, seberapa besar sih peranan desain terhadap bisnis yang dijalankan?”

Indesa – Cimory: “Kalau menurut saya, desain menarik tentu punya peran penting dalam sebuah bisinis. Misalnya berbagai desain menarik yang selalu ditampilkan oleh Cimory telah berhasil menumbuhkan brand awarness pada masyarakat sehingga tertarik untuk mengkonsumsi produknya. Mulai dari desain untuk packaging hingga maskot yang dipilih tentunya sudah melalui proses pertimbangan yang matang karena desain adalah suatu bentuk visualiasi dari sebuah brand. Setiap kali orang melihat desain yang terdapat pada suatu produk, orang akan langsung menilai apakah desainnya terlihat bagus, catchy dan menarik? Sehingga perihal desain menjadi hal yang diutamakan oleh saya dan bos saya.”

kontes besto

Desain kemasan yang diselenggarakan Cimory di Sribu.com untuk Besto Sosis Sapi & Ayam

 

Clara – Sribu: “Nah pertanyaan selanjutnya, kenapa sih Cimory memerlukan desain logo yang baru untuk Cimory Patisserie serta desain packaging Besto Sosis Sapi & Ayam?”

Indesa – Cimory: “Alasan Cimory membuat logo baru adalah untuk menyeragamkan produk, disamping itu pula dikarenakan kami ada perubahan konsep, mulai dari desain, produk, nama, logo, hingga packaging. Sedangkan untuk perubahan packaging produk “Besto” menurut merupakan suatu bentuk penyesuaian desain seiring bergeraknya tren saat itu.”

 

maskot lama cimory

Maskot sapi Cimory sebelum menggunakan desain maskot sapi dari Sribu.com

 

Clara – Sribu: “Kalau begitu, apakah ada dampak yang dirasakan setelah mendesain Maskot Cimory yang baru?”

Indesa – Cimory: “Untuk maskot Cimory sendiri karena masih baru diimplemetasikan, maka masih belum terlihat jelas dampaknya. Namun, saya yakin desain maskot Cimory yang baru nantinya akan dikenal dan semakin mendekatkan brand Cimory dengan masyarakat.

 

Clara – Sribu: “Di perusahaan yang besar ini, pastinya banyak keperluan untuk desain. Apa saja sih cara yang sudah pernah dicoba untuk memenuhi kebutuhan desain yang begitu banyak?”

Indesa – Cimory: “Cimory sendiri memilih untuk menggunakan jasa desain in-house dan jasa desain di Sribu.com. Kami pernah mencoba menggunakan jasa desain melalui agency, namun kami mengambil keputusan untuk tidak menggunakannya lagi karena memakan waktu yang lama serta biaya yang tidak sedikit. Sedangkan jika hanya mengandalkan jasa desain in-house, kebutuhan desain yang mendadak tidak akan terselesaikan karena multiple company pastinya memerlukan desain yang tidak sedikit. Namun, masalah tersebut akhirnya terselesaikan pada saat rekanan bos saya merekomendasikan Sribu.com.”

logo lemory banyak maskot cimory kontes besto

Ratusan desain yang masuk ke dalam 3 kontes yang diselenggarakan Cimory di Sribu.com

 

 

Crowdsourcing desain adalah menyerahkan pekerjaan desain yang biasanya dikerjakan oleh desainer pada sebuah perusahaan ke sebuah komunitas desain terpercaya. Dalam crowdsourcing desain Anda sebagai pemilik bisnis bisa menyerahkan sebuah pekerjaan desain ke sebuah perkumpulan atau komunitas desainer yang terorganisir.

 

Clara – Sribu: “Sribu.com menggunakan sistem crowdsourcing, bagaimana menurut anda tentang sistem crowdsourcing itu sendiri?”

Indesa – Cimory: “Tentunya kami merasa puas bekerja sama dengan Sribu.com! Kami suka sistem crowdsourcing yang digunakan karena berhasil memberikan kami banyak pilihan desain bagus dan variatif hanya dengan guide line sederhana yang saya berikan karena seringkali meski desainer mengerjakan desain sesuai dengan guide line yang diberikan, tetap ada saja hal yang buat kami kurang sreg.”

 

Clara – Sribu: “Penjelasan sebelumnya berbicara mengenai sistem, namun apa sih yang sebenarnya Anda sukai dari Sribu.com?”

Indesa – Cimory: “Yang kami suka dari Sribu.com adalah pelayanannya yang ramah, cepat responnya, praktis dan juga berbagai manfaat lain yang ditawarkan oleh Sribu.com yang memudahkan pekerjaan kami.”

 

isi brief

Form creative brief yang simple dan memudahkan Anda untuk menjelaskan desain yang Anda inginkan

kontes galeri ch

Proses pemilihan pemenang yang mudah, hanya perlu mengklik tombol ‘Pilih Pemenang’ yang berwarna kuning pada halaman kontes.

 

transfer file - kolom chat

Proses transfer file dan revisi mudah dilakukan karena Anda bisa langsung berkomunikasi dengan desainer yang memenangkan kontes.

 

Clara – Sribu: “Pada kontes desain logo untuk Cimory Patisserie Anda mendapatkan 330 desain. Bagaimana menurut Anda mengenai desain yang masuk? Dan kenapa pada akhirnya memilih desain dari kenn_edy2002?”

Indesa – Cimory: “Hasil desain yang masuk sudah memuaskan menurut kami. Namun karena yang kami inginkan adalah desain yang semi klasik, maka kami memilih desain dari kenn_edy2002 sebagai pemenangnya.”

 

Clara – Sribu: “Bagaimana dengan kontes desain maskot sapi untuk Cimory? Apakah Anda puas dengan 33 desain yang ditawarkan? Dan mengapa Anda memilih desain dari andreas_danny sebagai pemenang?

Indesa – Cimory: “Pada saat kontes itu berakhir, saya merekomendasikan beberapa desain yang bisa bos saya pilih. Namun begitu ia melihat desain dari andreas_danny, ia langsung memutuskan andreas_danny sebagai pemenangnya. Desain yang diberikan andreas_danny memang sudah sempurna menurut kami.”

 

Clara – Sribu: “Kalau begitu, apa kesimpulan Anda tentang Sribu.com?”

Indesa – Cimory: “Sribu.com adalah tempat yang tepat untuk memenuhi kebutuhan desain. Desain yang ditawarkan desainer Sribu.com juga variatif dan kreatif sehingga kami sebagai klien memiliki banyak sekali pilihan menarik.”

 

logo lemory banyak

Berbagai desain logo yang didapatkan Cimory pada kontes desain logo Cimory Patisserie

 

Clara – Sribu: “Kalau begitu, apakah nanti pihak Cimory akan menggunakan jasa desain melalui Sribu.com lagi ke depannya?”

Indesa – Cimory: “Ya. Tentu saja kami akan menggunakan jasa desain dari Sribu.com lagi. Kebutuhan desain kami kan tidak terbatas, dan akan ada banyak produk-produk baru mengikuti tren masa kini. Kami tentunya juga akan membutuhkan desain packaging ke depannya atau mungkin kamu akan melakukan rebranding.”

IMG_0399

Salah satu sudut dari Cimory Riverside yang cocok untuk menjadi tempat wisata keluarga

 

Clara – Sribu: “Apakah ada saran untuk Sribu.com atau fitur baru yang Anda inginkan dari Sribu.com?”

Indesa – Cimory: “Sampai saat ini belum ada karena Sribu.com sangat efektif, efisien dan harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau.”

 

Clara – Sribu: “Baiklah kalau begitu. Pertanyaan tersebut adalah pertanyaan terakhir dari Sribu.com. Terima kasih Bu Indesa. Senang sekali bisa bekerja sama dan bertemu dengan Anda. Semoga Cimory menjadi semakin sukses ke depannya!”

Indesa – Cimory: “Sama-sama Clara. Senang bisa ngobrol sama kamu. Semoga Sribu.com juga semakin sukses ya.”

 

IMG_0406

Tempat berbelanja souvenir yang ada di Cimory Riverside. Menjual berbagai produk lain yang bisa dijadikan oleh-oleh dan juga kenang-kenangan.

 

Setelah Anda membaca hasil sharing yang disampaikan Ibu Indesa sebagai perwakilan dari Cimory, apakah Anda sudah mengerti betapa pentingnya brand awareness bagi sebuah brand? Atau mungkin Anda sudah mengerti sampai pada tahap pentingnya desain terhadap perkembangan brand?

 

Dengan mempublikasi hasil sharing ini, Sribu.com berharap agar Anda semakin memperhatikan kualitas desain yang digunakan sehingga bisnis Anda segera berkembang dengan pesat. Semoga sukses dan jangan lupa kunjungi Cimory Riverside di Jl. Puncak Raya KM. 77 ya!


Shriyadita Yenie

Copywriter di Sribu.com. Pembaca buku yang memiliki banyak cerita. Penikmat Indomie Goreng Spesial dan berbagai teh yang mendapatkan gelar sarjana ilmu komunikasinya di Universitas Tarumanagara pada tahun 2014.