4 Alasan Kartu Ucapan Penting Untuk Kesuksesan Bisnis

Di zaman serba digital seperti ini memang seringkali kita melupakan yang namanya kartu ucapan. Saat ini mungkin sebagian besar dari kita lebih suka mengirimkan greeting cards elektronik melalui email. Bahkan terkadang banyak orang yang menganggap pesan singkat seperti bbm atau sms sudah cukup untuk mengirimkan ucapan. Pernahkah anda mengingat betapa senangnya anda saat menerima kartu ucapan hari raya ataupun ulang tahun dari kerabat, teman atau rekan bisnis anda?

Kartu ucapan saat ini walaupun kehadirannya tergantikan dengan kartu ucapan lewat email namun tetap saja memiliki tempat tersendiri di hati penerimanya khususnya jika anda mengirimkan kartu ucapan ke klien anda. Saat anda mengirimkan kartu ucapan ke klien anda maka hal ini akan membuat mereka mengingat anda dan tentunya produk atau service anda. Mereka akan mengingatnya dan sekali lagi nama anda muncul dalam ingatan mereka.

1. Mengirimkan Kartu Ucapan Menciptakan Hubungan Jangka Panjang

partnership

Saat klien anda menerima kartu ucapan yang sifatnya pribadi dari anda maka mereka akan merasa bahwa anda menganggap mereka sebagai teman. Bahkan mereka akan langsung berpikir untuk bisa memakai jasa anda lagi atau membeli produk anda. Walaupun mengirimkan kartu ucapan secara pribadi akan memakan banyak waktu namun anda nantinya akan menyadari bahwa hal kecil yang anda lakukan pada saat ini akan menciptakan hubungan jangka panjang dengan klien dan tentunya akan berdampak pada bisnis anda.

2. Mengirimkan Kartu Ucapan Membantu Meningkatkan Penjualan

Mengirimkan kartu ucapan merupakan strategi marketing yang digunakan selama bertahun-tahun dan telah terbukti meningkatkan penjualan. Tak peduli bisnis apa yang anda jalankan, mengirimkan kartu ucapan pada klien bisa membantu bisnis anda.

Hal terbaik yang bisa anda dapatkan dengan mengirimkan kartu ucapan ke klien adalah bahwa kartu ucapan tersebut akan membuat mereka merasa spesial dan diperhatikan. Hal ini secara langsung dan tak langsung akan mempengaruhi keputusan mereka untuk loyal pada produk atau service anda.

3. Mengirimkan Kartu Ucapan meningkatkan bisnis sekitar 17%

BREE-Australian-LNG-Export-to-Rapidly-Increase-Over-Next-Five-Years

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang takkan melakukan bisnis dengan anda sampai mereka mendengar mengenai anda atau mendapatkan pesan dari anda sebanyak 7 kali. Bahkan penelitian lain menunjukkan bahwa dengan mengirimkan ucapan terima kasih kepada klien anda akan meningkatkan bisnis anda sebanyak 17%.

Bahkan anda akan kehilangan peluang sekitar 10% setiap bulannya jika anda tidak menjalin hubungan dengan klien anda. Peningkatan loyalitas pelanggan sekitar 5% per bulannya bisa menambah penghasilan anda sekitar 20 sampai 80 persen dan ini merupakan jumlah yang fantastis bukan? Sebuah fakta lain menyebutkan bahwa hanya 3 persen dari surat yang diterima orang setiap harinya bersifat personal. Bisa dibayangkan betapa senangnya klien anda ketika menerima kartu ucapan yang bersifat personal dari anda.

4. Mengirimkan Kartu Ucapan Membantu Bisnis Anda Mendapatkan Rekomendasi

Recommended-Rubber-Stamp-shutterstock_54627367_edited-2

Rekomendasi atau referral merupakan hal yang penting dalam sebuah bisnis. Jika klien anda merasa puas dengan produk atau service anda maka ia akan merekomendasikan bisnis anda ke lingkungan terdekatnya. Sebagai pelaku usaha skala kecil dan menengah hal ini tentunya penting untuk menciptakan citra positif, meningkatkan loyalitas pelanggan dan tentunya meraih target market baru.

Seorang klien akan merasa dihargai keberadaannya jika anda mengirimkannya sebuah kartu ucapan. Kartu ucapan bisa memuat banyak hal seperti ucapan hari raya, ulang tahun atau sekedar ucapan terima kasih. Klien yang puas dan berhasil memperoleh gambaran positif mengenai bisnis anda takkan ragu untuk menjadi pelanggan loyal dan juga merekomendasikan bisnis anda ke orang lain.

Bagaimana menurut Anda tentang artikel berikut? Komentar dan masukan Anda akan sangat kami hargai. Lihat juga artikel seputar tips bisnis dan marketing lainnya disini.


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G