Designer-of-the-Month_Okt

Halo Sribbudies! Tidak terasa satu bulan sudah kita lewati ya. Masih ingat kan siapa Designer of the Month bulan September 2013 lalu? Buat yang lupa siapa Designer of the Month bulan lalu, bisa diintip disini. Gimana? Sudah penasaran dong siapa sih desainer Sribu yang mendapatkan gelar Designer of the Month bulan Oktober ini? Langsung saja kita menuju pembicaraan Sribu dengan sang desainer yang memiliki nama lengkap Indra Prasetyo Wibowo.

Designer of the Month - Oktober 2013: Indra Prasetyo Wibowo

Dengan menggunakan username IndraPeeWee, mas Indra menyandang ranking Profesional dan sudah memenangkan 7 kontes di Sribu. Sribu senang sekali bisa berbincang dengan Mas Indra yang berdomisili di Tangerang Selatan. Simak yuk pembicaraan Sribu dengan mas Indra. Semoga bisa menjadi inspirasi. Cekidot!

Sribu: Halo, Mas Indra! Wah, selamat ya sebelumnya mendapatkan gelar Designer of the Month bulan Oktober 2013 ini. Satu kehormatan untuk Sribu bisa berbincang dengan Mas Indra. Langsung aja nih, mas. Boleh dong berbagi cerita sedikit tentang bagaimana sih awalnya Mas Indra mengenal dunia desain grafis dan sudah berapa lama?

Indra: Hey Ho Sribu.com! Sebelumnya terima kasih banyak telah memilih saya sebagai Designer Of The Month, merupakan satu kebanggaan dan apresiasi yang besar bagi saya.

Pertama kali tertarik dunia desain grafis sejak kelas 1 SMU, sampai-sampai dulu di sekolah langganan surat panggilan untuk orang tua karena sering sekali pada saat jam belajar bukannya memperhatikan guru menerangkan malah mencorat coret buku pelajaran dengan gambar kartun.

kemudian tertarik lebih dalam lagi dengan dunia desain grafis sejak kuliah jurusan Desain Komunikasi Visual tahun 2002 di STIKOM Interstudi  ditambah dengan freelance yang saya jalani sambil kuliah sampai sekarang saya coba bersama 2 teman menjalani usaha di bidang advertising agency yang menambah ketertarikan saya untuk lebih mendalami lagi desain grafis.  

Sribu: Kalau masalah hasil, karya-karya Mas Indra sudah tidak diragukan lagi nih. Gimana sih Mas Indra mendapatkan inspirasinya? Proses dalam mengerjakannya juga pasti menentukan hasilnya. Boleh juga dong proses-prosesnya diceritakan..

Indra: Kalau Inspirasi biasanya sih dapat darimana saja, bisa dari ngegame, minum kopi, mandi, merokok di toilet, browsing. Sebetulnya tergantung mood.

Proses dalam desain biasanya saya bertanya kepada klien atau riset dulu dengan browsing atau media lain untuk mengetahui kebutuhan klien, kemudian buat konsep untuk rancangan visualnya dengan sket tangan setelah ada beberapa alternatif konsep langsung saya finishing di komputer. Untuk tahap akhir biasanya saya minta pendapat kepada orang rumah atau teman setelah itu saya ajukan beberapa alternatif desain yang siap di pilih sampai tahap revisi dan final desain.  

Sribu: Setiap desainer biasanya memiliki kesukaannya sendiri dalam setiap project desain. Pastinya Mas Indra punya dong project desain yang paling Mas Indra sukai..

Kalau untuk Project lebih suka ke desain logo, menurut saya lebih mudah dapat inspirasinya plus tidak memakan waktu yang lama. Project brosur dengan visualisasi dan bentuk yang out of the box juga saya sangat amat menyukainya. Dan juga desain tshirt yang merupakan makanan sehari hari saya 😀

Kontes Desain logo & stationery untuk produk biofuel “bio eden” yang di menangkan oleh IndraPeeWee.

Desain logo & stationery untuk produk biofuel "bio eden"

Kontes Logo desain untuk pt sinar rezeki handal yang di menangkan oleh IndraPeeWee.

large_f1b78f5c1d

Sribu: Adakah style khusus dalam desain Mas Indra? Kartun atau surealis misalnya..

Sebenarnya semua style saya suka, karena sebagai desainer kita juga tidak bisa selalu mendoktrin klien untuk suka pada satu atau dua style desain tergantung kebutuhan dan kemauan klien, tapi kalau disuruh memilih antara 2 saya lebih kearah kartun.

Sribu: Nah, ini salah satu bagian paling menarik nih. Apa saja sih suka dukanya menjadi desainer grafis?

Sukanya kalau klien merasa puas dengan hasil karya desain kita dengan bayaran yang memuaskan juga tentunya.

Dukanya kalau di kejar-kejar Deadline apalagi ditambah tengah malam mati lampu, kopi & rokok habis warung tutup, hujan pula aaarrrrggghhh.

Salah satu desain IndraPeeWee dalam kontes Logo desain “geckoline” tour and travel.

Logo desain "geckoline" tour and travel

 

 

Sribu: Bagaimana dengan desainer favorit atau mungkin blog favorit yang biasa Mas Indra jadikan sebagai sumber inspirasi..

Karena saya suka dengan Typography desainer favorit saya PETER TARKA & LUKE LUCAS. Kalau dari lokal desainer favorit saya ya saya sendiri..

(wah, desainer favoritnya adalah diri sendiri. Narsis juga ya si Mas Indra ini. Hehe..)

Sribu: Selain desain grafis, ada tidak hobi lain Mas Indra?

Nge Game sama koleksi Action Figure.

Sribu: Sekali lagi satu kebanggan bagi Sribu bisa berbincang dengan Mas Indra. Sebagai penutup, boleh dong berbagi tips, petuah, atau kata-kata mutiara bagi desainer lainnya di Sribu..

Untuk para pejuang desainer mungkin saran dari saya lebih perbanyak lagi jam terbang dan referensi desain dan jangan pernah takut kalau ada komentar-komentar kurang enak tentang hasil karya kita karena belum tentu mereka bisa seperti kita. Jadikan sebagai masukan untuk mengasah karya kita agar lebih baik lagi.

Sekali lagi terimakasih untuk sribu.com yang sudah memberikan banyak pelajaran tentang logo dan desain-desain lainnya. Satu bait puisi dari saya “Impossible is Nothing“. Thanks..

Sekian wawancara dan bincang Sribu dengan Mas IndraPeeWee. Buat desainer lainnya, jangan ragu untuk terus tingkatkan skill kamu dalam mendesain dan tentunya jangan lupa ikutan kontes-kontes yang sedang berjalan di Sribu. Siapa tahu kamu yang mendapatkan gelar Designer of the Month bulan depan. Sekalian yuk intip kontes-kontes apa aja sih yang sedang berjalan di Sribu disini. Follow twitter Sribu di @sribudotcom untuk tips-tips desain dan marketing. Demikian edisi Designer of the Month bulan ini. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita semua. Sampai bertemu di edisi Designer of the Month bulan depan. Admin signing out..

Salam,

Ryan Gondokusumo

Founder Sribu.com


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G

  • Inangdaunpiss

    Azeek bro

  • Alda Aditya Nugroho

    Selamat mpong sukses selalu hha

  • Alda Aditya Nugroho

    Selamat ompong sukses selalu hha

  • Dadoenk

    Mantab… sukses trusss.. makin banyak projectnya 😀

  • Siabel

    Selamat om di tunggu syukurannya…….:D

  • ndunx14

    mantab om..

  • Sagitaindra

    Wuuuihh…Go Public Die….Mantabs..we..sukses…bro