Tidak terasa sudah satu bulan kita lewati. Setelah di bulan sebelumnya, Deny Ariyanto mendapatkan gelar Designer of the Month Sribu, gelar tersebut jatuh kepada Pandhu K. Hamka atau yang lebih dikenal dengan username pandudodesign.

Desainer in house di salah satu toko outlet ini tidak perlu diragukan lagi bagaimana kemampuannya dalam mendesain logo, maskot, dan merchandise. Pasti Sribuddies sudah tidak sabar menyimak wawancara eksklusif Sribu dengan desainer kelahiran Banyuwangi, 4 April 1986 ini. Sepak terjangnya di kontes2 Sribu.com tidak perlu dipertanyakan lagi. Dengan username pandudodesign, Mas Pandhu menyandang ranking “semi pro” dan telah memenangkan 3 kontes di Sribu.com. Daripada terlalu lama, langsung aja kita meluncur ke perbincangan antara sribu dengan Mas Pandhu:

 

Kiri: Yunus (Operation Supervisor Sribu). Kanan: Pandhu

Sribu: Halo Mas Pandhu, gimana nih kabarnya? Senang sekali bisa menganugrahkan gelar Designer of the Month – March 2013 buat Mas Pandhu. Iya nih Mas, bagaimana sih Mas Pandhu mengenal dunia desain grafis dan sudah berapa lama?

Pandhu: Kabar baik, Sribu. Terimakasih banyak sebelumnya sudah memilih saya sebagai Designer of the Month bulan Maret ini. Satu kehormatan untuk saya. Saya memulai karir di dunia desain pada 2004 dengan mengambil jurusan desain produk (D3)di Institut Teknologi Adhitama Surabaya. Kemudian saya menyelesaikan pendidikan S1 saya di ISI denpasar. Tidak terasa sudah 9 tahun saya menggeluti dunia desain.

Sribu: Bagaimana sih Mas Pandhu mendapatkan inspirasi luar biasa untuk desain – desain Mas Pandhu, dan bagaimana proses-nya dalam melakukan desain ?

Kalau untuk ide kreatif , biasanya muncul begitu saja sih. Hehehe..

Proses dalam desainnya, hal pertama yg saya lakukan adalah browsing tentang perusahaan/produk tersebut. Kemudian saya jabarkan point2 yang ada. Dari situ baru saya sketch semua point-point yang ada. Setelah menentukan satu sketch yang jadi final, baru dibawa ke computer untuk di finishing.

Sribu: Dari semua project – project desain,  kategori desain apa sih yang paling Mas Pandhu sukai dan kenapa ?

Project paling saya suka sih  desain logo, karena tidak memakan waktu yang lama dan tidak ribet. Kedua,  saya suka project T-shirt desain dan merchandise dan seputarnya karena sudah menjadi keseharian saya.

 

Logo Re-cehud buatan desainer Pandudodesign

 

Wedding Logo dari desainer Pandudodesign

 

Sribu: Ada ga sih style atau aliran khusus dari desain Mas Pandhu sendiri ?

Untuk desain saya pribadi tidak ada acuan khusus. Karena menurut saya desainer tidak boleh terpatok pada satu style. Desain – desain saya yang penting warna – warna contrast dan eye catching.

Sribu: Ini salah satu bagian paling menarik. Apa aja sih suka dan duka Mas Pandhu sebagai seorang graphic designer ?

Dukanya pengalaman waktu bekerja di surat kabar. Deadline yang sangatlah ketat karena kejar tayang. Tapi efek baiknya adalah saya jadi terbiasa kerja cepat dlm keadaan dikejar deadline.

Sukanya waktu menang di sribu.com! (tepuk tangan meriah) Karena menjadi kebanggaan sendiri ketika bisa menang dari banyak kompetitor.

Sribu: Apa ada graphic designer favorit atau blog design yang Mas Pandu sukai sebagai referensi ?

Salah satu desainer karakter yang paling saya sukai adalah Seb Feraut. Hasil – hasil karya-nya bisa dilihat di Niark1.com dan ini pinterest-nya Kalau untuk website, fromupnorth.com dan designthriller.com adalah beberapa website yang menjadi salah satu inspirasi desain saya.

Sribu: Selain desain grafis, ada ga sih hobi atau interest Mas Pandhu ?

Fokus masih ke design, karena design sudah jadi kebutuhan saya. Tapi disamping itu saya sangat suka bersepeda.

(buat yang suka sepedaan juga, bisa nih kita sepedaan bareng sm mas Pandhu. Admin juga suka sepedaan lho)

 

Mascot desain oleh desainer Pandudodesign

Sribu: Wah satu kebanggan buat sribu.com bisa ngobrol dan mewawancarai langsung salah satu desainer berbakat asli Indonesia, Mas Padhu. Sebagai penutup, ada ga nih pesan – pesan atau tips khusus yang Mas Pandhu bisa share untuk temen – temen Sribbudies yang lain?

Untuk teman – teman desainer

–          Jangan terpaku satu style. Terus explore desain-desain yang ada.

–          Jadilah original (sangat anti plagiatisme).

–          Kumpulkan sebanyak – banyaknya referensi desain.

“Saya paling anti plagiat.”

Sudah buat dengan susah payah,  tapi ternyata di plagiat itu rasanya ga enak bgt. Yang pasti buat teman – teman desainer, jangan pernah berhenti untuk belajar. Saya juga berterimakasih kepada Sribu.com karena lewat Sribu.com saya belajar membuat logo. (ini entah merendah atau apa. Tapi mas Pandhu ini sekalinya belajar langsung menang 2 kontes logo -_- )

 

Sekian wawancara eksklusif sribu.com dengan Mas Pandhu, Designer of the Month March 2013. Semoga bisa menjadi inspirasi buat Sribbudies. Jangan lupa cek dan ikutan kontes – kontes terbaru di Sribu.com. Buat yang belom menang, jangan pantang menyerah! Like facebook page di facebook/sribudotcom untuk update – update terbaru dan karya – karya terbaik yang ada di sribu.com. Terakhir, buruan follow twitter di @sribudotcom dan pinterest sribu.com di pinterest.com/sribu/. Sampai ketemu di edisi Designer of the Month bulan depan!

Salam Desain!

 

Rico Makahanap


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G

  • gudan96edang

    wah mantab nih mas pandhu, saya juga orang banyuwangi (sempu-kalisetail).
    selamat yah,.

    • Kayanya bisa jadi Komunitas Sribu di Banyuwangi nih :). Kumpul Sribu Banyuwangi.

  • pandhu

    hhihihi iya bro sama2 salam kenal, keknya gantengan aslinya loooh dari pada di photo. ahhahaha :p

  • woooww…..mantab bro Pandhu…eitss banyuwangi..tetangga dengan tempat kelahiran saya nih… 🙂
    selamat bro pandhu….

    • ricomakahanap

      sekali lagi congrats bwt mas Pandhu. oiya, sudah cek designer2 of the month sebelumnya blm, bro?