website keren

(sumber)

Website adalah salah satu strategi pemasaran yang dilakukan secara online. Tentunya dengan kata ‘online’ saja itu sudah membuat masyarakat tergiur. Dikarenakan website dapat mempermudahkan kita sebagai pelanggan untuk bertransaksi dengan mudah dan cepat tanpa membuang tenaga. Tinggal cari keywordnya di google, dan muncullah banyak website yang memenuhi kriteria keyword kita. Tetapi selain itu, website pun memiliki keindahan sendiri. Yaitu tampilannya. Pada website, perusahaan-perusahaan tersebut akan membuat website keren agar menarik perhatian pelanggan. Mereka tidak sungkan untuk mengeluarkan biaya yang banyak hanya untuk membuat website keren.

Sekarang-sekarang pun, sudah tidak sedikit website yang menggunakan scrolling effect. Maksudnya adalah website tersebut menawarkan animasi-animasi pada tampilannya dengan menggunakan scrolling, sehingga lebih menarik pelanggan. Nah, Sribu akan memberikan cerita dibalik 14 website keren!

1. “Non-Animation” Animasi yang menakjubkan dari Volkswagen

 Ayp9U

Website VW Beetle adalah salah satu website keren zaman sekarang. Mereka membuat anda untuk scroll sampai bawah halaman yang sangat panjang. Sehingga, tampak seolah-olah halaman itu animasi. Padahal, sebenarnya itu bukan animasi, tetapi terdiri dari banyak stills. Jika anda ingin mencobanya, tahan tombol panah bawah saat anda mengunjungi halaman website dari VW Beetle.

2. Smart USA

b2dh1

Cerita dibalik salah satu website keren ini sama seperti website VW Beetle. Untuk tahu bagaimana, coba saja lakukan hal yang sama seperti yang anda lakukan di website VW Beetle.

3. Activate DrinkgCO8B

Sebuah halaman website yang menarik, yang berfokus pada produk brand tersebut dan menggunakan Scrolling Effect agar mendapatkan full-effect. Hasilnya sangat bagus. Karena Activate Drink memberikan efek gradasi warna yang sangat bagus.

4. Dangers Of Fracking

HcfLR

Website keren lainnya jatuh pada Dangers Of Fracking. Halaman situs ini bekerja seperti infographic. Halaman yang sangat panjang ini seperti memberikan narasi kepada pengunjungnya. Karena semakin kita scroll halaman web tersebut, Ia akan menceritakan secara lengkap dengan visual yang sangat keren, yaitu dimulai dari truk yang berjalan di jalan raya sampai bercerita didalam tanah.

5. Nike Air JordanxC6yp

Website ini juga menggunakan scrolling effect sebagai sarana ‘berdongeng’. Di halaman ini, Nike Air Jordan menceritakan tentang 3 tipe produk Jumpman. Berbeda dengan website lainnya, di halaman ini walaupun tugas kita hanya men-scroll (sama seperti website lainnya pada artikel ini), tetapi tampilan Nike Air Jordan tidak monoton. Ia memiliki visual yang sangat baik. Bahkan Ia seolah olah memulainya dari atas kanan sampai akhirnya ada dibawah kiri.

6. Inception Explained

 olQDH

Anda pasti sudah nonton Inception Movie kan? Film ini bercerita tentang bagaimana kita dapat memasuki alam bawah sadar kita atau mimpi. Nah, dalam website ini, dengan Scrolling Effect, kita dijelaskan bagaimana caranya seseorang dapat memasuki mimpi orang lain dengan deskripsi dan visual yang baik.

7. Nintendo Australia

 zdmsv

Jika website keren lainnya menggunakan vertical scrolling, Nintendo memilih untuk menggunakan horizontal scrolling. Dan membuat pengunjung websitenya menjelajahi sejarah Nintendo dengan tema Mario Kart.

8. ‘Hero’ WordPress Theme

 EtWNc

Tidak seperti website lain, ‘Hero’ WordPress Theme hanya menggunakan sedikit scrolling effect, yaitu pada headernya saja. Saat pengunjung secara natural menscroll, tulisan pada header akan ikut turun kebawah. Tujuannya adalah ke-natural-an scroll para pengunjung.

9. World’s Highest Website

 WVizj

Sesuai dengan namanya, website ini adalah website tergila yang pernah ada di dunia. Website ini memiliki ‘ketinggian’ hampir 19 kilometer yaitu tepatnya 18.939 kilometer . Bahkan, Firefox pun tidak tahu bagaimana berurusan dengan website ini. Silahkan Anda yang kuat men-scroll sampai 19 kilometer, tunjukan kemampuanmu disini. Tetapi bagi kalian yang tidak kuat, tenang saja. Website ini memberikan ‘fasilitas’ lift kok untuk turun langsung kebawah yaitu konten sebenarnya.

10. One Design Company

d2qkp

Sebuah perusahaan web development yang menyediakan fitur horizontal serta vertical scrolling yang dapat membuat pengunjungnya mengetahui semua isi  konten perusahaannya hanya dengan key ←↑→↓ pada keyboard .

11.  Bagigia

 cveyn

Apakah itu botol air panas? Atau apakah itu tas? Ini keduanya! Website keren ini sangat simple. Dengan hanya merubah gambar pada tengah halaman dan bercerita tentang produknya, tapi tidak terasa bahwa kita sedang men-down scroll kan website tersebut. Scrolling effect semacam ini adalah cara yang baik untuk melibatkan pengunjung untuk mengetahui semua tentang hal itu.

 12.  Apologie Paris

 YetcV

Dengan hanya menggunakan scroll, kita dapat melihat semua konten dalam website ini secara barrel roll.

13. Carnation Group

92MSv

Website ini menggabungkan pengalaman scroll dengan fungsi drag dan drop gambar

14. Smart Argentina’s delightful Twitter account

 kUosf

Berbeda dengan page lainnya yang memiliki situs sendiri. Smart Argentina merubah akun twitternya sehingga dapat digunakan dengan scrolling effect. Hanya dengan menklik key ‘J’ pada keyboard, tweet pada akun ini akan berpindah kebawahnya sesuai berapa kali mengkliknya. Kemudian, jika ingin mengembalikkan seperti semula, pengunjung hanya harus mengklik key ‘K’ pada keyboard. Sederhana tapi menganggumkan bukan?

Gimana? Website keren ini memiliki scrolling effect yang berbeda-beda. Yang mana kesukaanmu? Jangan hanya dipilih ya. Bagi kalian yang memiliki website, kalian harus mencontoh website keren ini dan mengimplementasikan scrolling effect ke dalam website kalian. Dijamin deh, website kalian tidak kalah keren dengan 14 website diatas.

Salam,

Ryan Gondokusumo

Founder Sribu.com

* Credits to:

econsultancy.com

^ 14 Fantastic Scrolling Websites That Tell A Story


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G

  • eru

    wahh, keren2 yak. lagi musim banget tuh website yg scrolling2 motion gitu yaak.. itu gmn bikinnyaa huhu

    • @19216325acb98caf13fccf256a80fd1a:disqus: Pakai html 5, akan kita bahas banyak ke depannya.

  • Chabib Nurozak

    14 : Bukanya untuk Twitter emang Seperti itu ya, disemua akun