Baru hari Jumat malam lalu, saya lagi kumpul sama teman-teman alumni sekolah di Regina Pacis.

Semacam reuni kecil-lah ketemuan kemarin itu.

unnamed

Kita dulu waktu sekolah benar-benar dekat. Satu sama lain tahu kebaikan & ‘kejahatan’ masing-masing karakter.

Karena sibuk & jarang kumpul, kita belum tahu apa yang sedang terjadi di kehidupan masing-masing.

Anda pasti sudah tahu pertanyaan-pertanyaan yang muncul saat teman lama tak berjumpa.

· Sudah married belum?

· Sudah punya pacar belum? (Kalo belum married?)

· Anaknya udah berapa? (Kalo sudah married?)

· Gimana kerjaan kamu?

· Sudah berapa lama?

· How is it going on?

· Etcetera….

Teman saya ini bernama Kenny.

Dia sangat tertarik tahu tentang perusahaan sayaSribu.com & Sribulancer.com – karena ini adalah perusahaan startup.

Karena akhir-akhir ini perusahaan startup banyak mendapatkan sorotan, saya jadi centre of attraction.

unnamed (2)

Kenny: “Apa sih yang loe jual di Sribu.com?”

Ryan : “Ok, nih gue jelasin.

Sribu.com itu perusahaan yang menghubungkan antara klien yang butuh desain dengan komunitas desainer.

Jadi misalnya nih, kalo loe butuh desain untuk;

· Logo & Stationary

· Packaging

· T-Shirt/Baju/Seragam Kantor

· Website

· Banner

· Flyer/Brosur

loe bisa pake Sribu.com.

unnamed (1)

Begini nih, cara kerjanya:

1. Jelaskan kebutuhan desain yang loe mau.

2. Sribu.com akan buat kontes desain 7 hari yang akan diikuti desainer yang jumlahnya ribuan.

3. Dalam 7 hari itu, biasanya lebih dari 100 desain yang akan masuk.

4. Saat periode kontes, loe bisa minta revisi untuk desain-desain yang kira-kira cocok.

5. Pas kontesnya udah habis, tinggal pilih desain yang loe suka. Desainer yang loe pilih desainnya itu, jadi pemenang kontes & dapat fee-nya.

6. Fee desain sudah loe tentuin saat buat kontes. Jadi desainer pemenangnya sudah tahu berapa fee yang akan dia dapatkan.

As simple as that!

unnamed

Jadi manfaat kalo pake Sribu.com

· Cepet nggak pake lama.

· Dapet desain tepat sesuai kemauan loe karena pilihannya banyak.

· Bayar sesuai budget yang kamu pilih.

Nggak perlu lagi ketemu masalah …

· Cari desainer lama.

· Dapet desain lama.

· Udah bayar desainnya jelek lagi.

· Desainernya sulit diminta revisi atau malah nggak mau revisi.

· Desainernya habis terima uang kabur

Yah, problem klasik begitulah.

Jelas nggak??”

Kenny : “Jelas banget, Bro!

Eh, tapi gue mau tanya … kalo desain yang masuk nggak cocok semua, gimana dong?’

Ryan : “Jangan dipilih pemenangnya & jadi loe nggak bayar.”

Kenny : “Top Banget, jadi klien loe dapat solusi tanpa resiko duitnya hilang.

Hebat juga ya ide loe, bikin start up kayak ginian.

Sekarang Sribu.com sudah punya berapa desainer untuk garap proyek kayak gini?”

Kenny : “Udah 30.000 desainer kerjain 19 kategori desain.

Tadi kategori yang aku kasih tahu sebelumnya itu yang paling sering dipakai.”

Kenny : “Berapa proyek yang udah loe garap?”

Ryan : “Puji Tuhan, sampai sekarang udah 20.000-an proyek.”

unnamed (3)

Budi : “Wah, keren banget. Jadi udah berapa perusahaan yang pake Sribu.com ?

Ryan : “Udah 7.800-an perusahaan. Beberapa perusahaan terkenal yang pake Sribu.com itu Kebab Baba Rafi & Pertamina.

Nih, gua tunjukin testimoninya dan tinggal diklik…

Sribu.com nih cocok untuk perusahaan baru yang butuh branding, karena biasanya mereka butuh …

· Logo … terus

· Stationery … terus

· Packaging … terus

· Flyer & Banner … terus

· Company Profile … dst.”

unnamed (4)

Kenny : “Terus Ryan, apa yang loe jual di Sribulancer.com?

Kenapa nggak loe satuin aja semua dijual di Sribu.com.”

unnamed (5)

Ryan : “Ya, karena seperti yang tadi loe bilang itu. Sribu.com itu dibuat untuk perusahaan baru yang butuh branding & segala macam tetek bengeknya.

Kalo Sribulancer.com itu untuk jalanin & kembangin perusahaan.

Untuk jalanin perusahaan, loe kan butuh karyawan dengan segala macam skill.

Jaman digital sekarang karena kebutuhan untuk jalanin & kembangin perusahaan jadi semakin kompleks, loe butuh berbagai macam skill yang nggak mungkin semuanya pake pegawai tetap.

Loe pasti butuh FREELANCER.

Jadi Sribulancer.com itu pasar online untuk mencari freelancer sesuai dengan skill yang loe mau.”

Kenny : ”Oke. Freelancer apa aja yang dibutuhin perusahaan biasanya?”

Ryan : “Loe, pasti bisa tebak kok – freelancer yang paling banyak dibutuhin oleh perusahaan di jaman digital ini …

· Website & Development … terus

· Design & Multimedia … terus

· Writing … terus

· Online Marketing … terus

· Mobile Application … terus

· Video Making … terus

Anggap aja total All-in-One Services

unnamed (6)

Kenny: “Terus cara rekrut mereka gimana?

Ryan: “Begini nih, cara kerjanya:

1. Jelaskan jasa yang loe butuhkan di brief Sribulancer.com.

2. Tentukan fee yang loe tawarkan.

3. Dalam hitungan jam, kamu akan dapatkan lebih dari 10 penawaran.

4. Bandingkan proposal, harga & profil Freelancer yang masuk.

5. Rekrut Freelancer yang paling cocok untuk pekerjaan loe.

6. Selama dalam periode pengerjaan, loe bisa komunikasi & terima hasil kerja di workspace.

7. Saat hasil pekerjaan sudah loe terima, pembayaran dilakukan.

Nggak susah ‘kan !

unnamed (7)

Jadi enaknya pake Sribulancer.com

· Cari Freelancer cepet.

· Selesainya pekerjaan tepat waktu.

· Buat budget sesuai loe yang mau.

· Bayar kalau hasil yang loe terima sudah benar.

Nggak ada lagi masalah …

· Cari Freelancer lama.

· Kalau dapat juga paling pilhannya cuma satu aja.

· Pekerjaannya suka molor.

· Kalau pekerjaan nggak cocok atau molor, mau ganti Freelancer repot karena nggak ada pilihan lain.

· Pekerjaan bagus atau jelek tetap harus dibayar.

· Habis terima DP susah dihubungi atau ngilang orangnya.

Kenny : “Ya, kejadian begini sering denger. Habis terima uang – ngilang.

Bro, di Sribulancer kalo hasil pekerjaan nggak cocok, bagaimana?

Ryan : “Loe bisa ganti Freelancer atau jangan bayar!

Kenny : “Ok, kalau gitu aman duitnya!

Sekarang udah berapa Freelancer yang join di Sribulancer.com?”

Ryan : “Udah 175.000-an di 52 kategori kerjaan.

Jumlah freelancer & kategori di Sribulancer.com jauh lebih besar dari Sribu.com.”

unnamed (8)

Kenny : “Wow, banyak banget. Nggak nyangka jumlahnya segitu gede. Proyek yang sudah dikerjain udah banyak banget dong?

Ryan : “Proyek yang udah dikerjain sampe sekarang hampir Rp 35 M.

Beberapa klien yang sudah gue tanganin Berrybenka & Urbanindo.

Sribulancer.com sudah cukup dikenal sama perusahaan-perusahaan besar di Indonesia.

Nih, video testimoninya …

Enaknya kalau perusahaan besar mereka biasanya ada terus kerjaannya – nggak pernah putus total.”

Kenny: “Bagus deh, pusingnya semua orang bisa loe ilangin.”

 


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G

  • Agung

    Terus gimana cara daftar dan aturan mainnya