google

Sribuddies pasti tahu dong gambar gif? Graphics Interchange Format atau yang sering kita sebut GIF adalah sebuah format yang sering digunakan dalam dunia web maupun dalam dunia citra digital. Format ini sering digunakan karena ukurannya yang relatif kecil dan juga banyaknya software editor gambar yang telah mendukung citra ini. GIF berukuran kecil karena membatasi jumlah warnanya sebanyak 256 warna sehingga dapat menghemat ukuran berkas.

Tapi cuma sekedar lihat di 9gag atau tumblr itu tidak ada tantangan dan kesan menariknya. Pasti sribuddies pernah berpikir bagaimana sih cara membuat gif itu. Susah atau gampang? Ternyata, cara membuat gif itu tidak sesusah yang dibayangkan. Dan kali ini, Sribu akan memberi info bagaimana sih cara membuat gif itu. Check it out!.

1.    Dapatkan Photoshop

Jangan terintimidasi oleh Photoshop, Kalian tidak perlu menjadi seorang seniman canggih untuk menggunakannya. Photoshop sebenarnya adalah cara membuat gif yang paling mudah. Tetapi, itu tidak berarti tidak mungkin untuk menggunakan sumber daya lain, walaupun Photoshop adalah pilihan terbaik.  Jika Kalian masih belum yakin, atau tidak bisa membelinya, Kalian dapat menggunakan Adobe Elements yang tentunya jauh lebih murah. Tetapi aplikasi ini hanya efektif untuk membuat GIF dari gambar yang diam. Kemudian, ada juga GIFBrewery. Aplikasi Mac ini bernilai $5. Bahkan, lebih user-friendly untuk GIF dari video dari Photoshop. Jika Kalian hanya ingin menangkap satu potong video, dan hanya perlu mengedit pilihan untuk mengubah ukuran dan tanaman, ini adalah pilihan terbaik untuk Kalian.

Kalian juga dapat menggunakan GIFSoup dan GIFBoom. Ini adalah layanan gratis yang memungkinkan pengguna untuk membuat GIF dari copy dan paste URL video yang YouTube. Layanan gratis akan menempatkan watermark obnoxiously besar atas GIF, tapi untuk selanjutnya Kalian akan dikenakan $ 5 per bulan. Sedangkan GIFBoom adalah aplikasi yang paling populer untuk membuat animasi loop di mana saja. Untuk mobile devices khususnya pengguna iPhone, Kalian dapat menggunakan Cinemagram.

 2.    Carilah video dengan momen terbaik

Ini adalah hal yang sangat penting dalam cara membuat gif. Para GIF terbaik adalah klip kecil yang menunjukkan semacam reaksi seperti roll mata, sebuah epik gagal, momen lucu alam, atau sesuatu yang keren dalam ilmu pengetahuan. Yang penting, Sribuddies harus menyediakan video yang memiliki momen yang menurut kalian itu adalah hal yang menarik.

 3.    Buat file videonya

Video adalah format yang paling umum untuk membuat GIF, jadi mari kita berasumsi bahwa apa yang Kalian gunakan, Kalian dapat mendownload di YouTube atau Vimeo video dari KeepVid.

Sebelum Kalian bekerja dengan video di Photoshop,  sebaiknya Kalian memotong video tersebut dimomen yang Kalian inginkan. Jika tidak, Kalian akan harus bekerja dengan file besar. Jika Kalian menggunakan Mac, iMovie adalah cara yang mudah dan gratis untuk memotong video. Sedangkan pengguna Windows dapat mengedit di Movie Maker. Kalian juga dapat men-download sejumlah aplikasi layanan gratis, seperti Avidemux, RealPlayer Trimmer and Pinnacle VideoSpin.

  4.    Masukkan video ke dalam Photoshop

Langkah selanjutnya adalah bukalah Photoshop. Setelah Kalian membuka Photoshop, buka File > Import. Pilih “Video Frames to Layers,” dan player kecil akan muncul di mana Kalian dapat memilih berapa banyak video yang Kalian ingin jadikan gif. Kalian selalu dapat menghapus layernya belakangan, tapi lebih baik jika Kalian menguranginya sebanyak mungkin.

5.    Mengedit Layer GIF

Sekarang, GIF Kalian telah dipecah menjadi serangkaian gambar berlayer. Jika Kalian tidak ingin melakukan apa pun untuk GIF, Kalian dapat melewati sisa dari langkah ini dan lanjutkan ke langkah keenam.

Jika sejauh ini Kalian merasa nyaman dengan Photoshop, dan Kalian ingin memanipulasi GIF Kalian sedikit, Kalian dapat melakukan beberapa hal dasar. Untuk melakukannya, Kalian akan bekerja dengan layer individu seperti stop motion atau Flipbook.

 dealwithit

Mari kita mulai dengan “dealwithit” GIF – langkah yang cukup mudah yang sangat diperuntukkan untuk pemula. Langkah pertama adalah masukkan gambar kacamata hitam dengan format PNG. Kemudian pindahkan sedikit demi sedikit di setiap frame. Cara mudah untuk tetap di tempat Kalian dalam setiap frame adalah dengan menekan “ALT” dan menyeret gambar ke layer berikutnya. Kemudian gunakan tombol panah ketika menyesuaikan untuk menghindari kehilangan tempat.

Atau apa Sribuddies ingin membuat gambar dengan kata-kata seperti yang sering kita temukan di tumblr? Caranya mudah, yaitu Kalian harus menempatkan text yang sama di semua layer gif yang ada.

ilu

Apa itu terlalu simple? Kalian meninginkan tekanan lebih dalam text? Kalian dapat buat seperti gambar dibawah ini, dengan cara Kalian harus menghapus teks dari setiap frame lain atau dua frame lain. Semakin sedikit frame, semakin cepat efek flashingnya.

ilu-moving

6.    Simpan GIF Kalian

Bagian yang sulit mungkin akan berakhir, tetapi penting bahwa Kalian menyimpan GIF Kalian dengan benar. Pilih File> Save for Web (ingat Save for Web berbeda dengan Save). Kemudian sebuah menu akan muncul, lengkap dengan beberapa hal yang harus Kalian lakukan. Tergantung pada versi Photoshop yang Kalian gunakan, Kalian mungkin perlu menentukan bahwa file ini adalah animasi. Jika ada kotak untuk itu, pastikan itu diperiksa. Juga, pastikan file tersebut disimpan sebagai GIF.

Ini etiket web yang baik untuk membuat ukuran file GIF sekecil mungkin (tidak lebih besar dari 1MB). Jika file Kalian lebih besar dari 1MB, cara termudah untuk mengurangi GIF Kalian adalah dengan mengubah ukuran dimensi. Jika Kalian berencana untuk mengupload GIF ke Tumblr, perlu lebih kecil dari 500 piksel. Cobalah untuk menghindari tweaking colors, karena mereka akan mempengaruhi kualitas GIF. Warna harus di setting tertinggi, yaitu 256. Kemudian jangan lupas set Dither menjadi setinggi mungkin. Sedangkan Lossy, harus serendah mungkin.

 7.    Tunjukkan ke dunia

Inilah langkah terakhir. Kalian tidak boleh melupakan langkah terakhir ini. Yaitu tunjukkanlah ke orang-orang gif yang telah Kalian buat sendiri. Jika Kalian tidak memiliki akun tumblr, Kalian dapat menguploadnya ke Imgur atau lainnya.

Nah gimana Sribuddies? Tidak terlalu susah kan? Mungkin pada awalnya gif yang kalian buat belum sesuai dengan yang kalian inginkan, tetapi dengan latihan terus menerus, kalian akan terbiasa dan siap untuk menduniakannya. Jangan takut untuk share kreativitas kalian ke teman-teman kalian. Dan jangan lupa, share juga pengetahuan kalian tentang cara membuat gif ini dan buktikan bahwa cara membuat gif itu tidak sesusah yang dibayangkan. Hanya membutuhkan sebuah computer, sebuah video dengan momen khasnya, dan Adobe Photoshop. Mudah kan? Untuk tips-tips mengenai desain lainnya main aja ke Facebook Fan Page Sribu.com atau Twitter account Sribu di @sribudotcom.

Salam,

Tim Sribu

* Credits to:

mashable.com

^ How To Make Gifs


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G

  • Bill

    Seriously?! This is 2013.

  • Vj Afive

    sangat keren ini