bigstock-Word-Cloud-Franchise-437193911Banyak orang ingin memiliki sebuah bisnis, namun sebagian dari mereka takut untuk memulainya. Ketakutan pada kegagalan dan kurangnya modal menjadi alasan utama untuk menunda memulai bisnis. Para pemilik bisnis yang sudah cukup berhasil pun membaca peluang tersebut dengan membuat bisnis mereka menjadi sistem waralaba. Dan ternyata peluang tersebut disambut baik oleh pasar, sehingga saat ini bisnis waralaba menjamur diberbagai tempat. Bagi Anda yang sudah memiliki bisnis waralaba, berikut adalah beberapa strategi meningkatkan penjualan waralaba:

1.  Memasarkan Menggunakan Jaringan Yang Sudah Dimiliki

Memanfaatkan segala yang Anda miliki adalah cara paling efektif dan efisien untuk memasarkan bisnis di masa krisis ekonomi. Diskusikan langkah pemasaran yang mungkin bisa menjadi potensi bagus dengan francishee, karena pemasaran membutuhkan kerjasama dengan mereka. Dan buatlah daftar pelanggan yang potensial. Lakukan pemasaran ini dengan alami, sehingga akan berhasil.

2.  Ruang Iklan di Gerai

Anda bisa mendapatkan peluang iklan yang sangat besar dengan memanfaatkan popularitas dan jumlah pengunjung di lokasi waralaba. Sekali lagi, buatlah langkah yang menguntungkan dengan membaca peluang yang ada, dan perluas bisnis Anda.

3.  Jaringan

Membangun jaringan masih menjadi solusi pemasaran yang penting. Seperti kata pepatah,“Yang penting bukanlah apa yang Anda tahu, tapi siapa yang Anda tahu”. Gunakan segala fasilitas yang ada untuk membangun dan memperluas jaringan. Manfaatkan email dan media sosial seperti LinkedIn atau lainnya adalah strategi yang terbukti efektif untuk meningkatkan penjualan waralaba.

4.  Media Lokal

Pers lokal merupakan salah satu langkah penting untuk bisnis. Dalam kondisi ekonomi seperti ini, setiap peblikasi adanya bisnis baru akan menjadi berita bagus dan dianggap sebagai langkah positif membangun perekonomian dan akan desambut hangat oleh berbagai kelompok media. Pastikan bahwa  Anda mengumumkan hal yang menarik dari waralaba, dan tekankan bahwa bisnis waralaba Anda menguntungkan dan punya dampak positif untuk pelanggan dan perekonomian penduduk lokal.

5.  Media Nasional

Jika Anda punya relasi dan sarana, pers nasional akan membuat bisnis waralaba Anda akan terekspos secara luas, namun biasanya hanya waralaba besar yang mampu memanfaatkan peluang ini. Salah satu contoh inovatif untuk kasus ini, 10 dari 2 perusahaan penyedia lowongan kerja paruh waktu, mampu menarik perhatian penduduk nasional, dimana mereka menyediakan pekerjaan paruh waktu untuk orang-orang yang harus menghidupi keluarganya tetapi tidak punya waktu bekerja sehari penuh.

6.  Pemasaran Lewat Internet

Internet merupakan sarana yang kuat untuk memasarkan waralaba Anda. Kenyataanya, saat ini memang banyak bisnis waralaba yang membuat website dan terus memperbaiki strategi pemasaran online mereka. Salah satu cara yang banyak diminati untuk pemasaran online ini adalah memanfaatkan system Pay-Per-Click, karena system ini menggunakan mesin pencari yang tervavorit seperti Google, Yahoo!, MSN, dll. Saat ini ada satu sotware yang dapat membantu pemasaran waralaba melalui internet, yaitu ElementLocal, yang diklaim mampu mengurangi biaya PPC dan melindungi merek.

7.  Portal Website

Portal website menyajikan informasi dari berbagai sumber yang disatukan, cara ini lebih efisien dan dapat memenuhi apa yang Anda inginkan. Portal website seperti Franchise Gator atau Matchpoint menyediakan berbagai informasi waralaba potensial dan segala peluang yang ada. Sistem ini memang dirancang untuk pemilik waralaba, dan mengatasi malasah pemasaran.

8.  Ikut Pameran

Sebuah acara pameran adalah cara terbaik bagi calon atau pemilik bisnis waralaba untuk belajar mengenai industri yang digeluti melalui interaksi tatap muka  dengan pemilik waralaba lain. Pameran juga merupakan peluang besar bagi para pemilik waralaba untuk mempromosikan merek dan produk, mengenalkan produk baru, dan meningkatkan penjualan.

Top-Low-Cost-Mesa-Franchise-Opportunities1

Strategi dan teknik di atas memberi ide-ide segar untuk pemasaran bisnis waralaba. Masuklah menjadi anggota asosiasi waralaba, karena akan memberi banyak informasi mengenai bisnis Anda dan akan menguatkan jaringan yang mungkin akan sangat dibutuhkan. Semua langkah yang sudah dijabarkan di atas bukan berarti dapat berhasil dalam waktu singkat, tentu membutuhkan waktu dan tenaga. Cobalah terapkan strategi di atas dan semoga dapat mengurangi biaya dan meningkatkan penjualan.


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G