online marketing

photo source: ontopinternetmarketing.com

Online marketing saat ini merupakan salah satu strategi marketing jitu yang harus diterapkan oleh setiap brand. Bahkan faktanya online marketing merupakan hal terbaik yang mampu mendorong penjualan offline.  Namun sayangnya kesalahan fatal yang dilakukan para digital marketer adalah mengukur keefektivan campaign online marketing hanya dengan menggunakan ukuran digital seperti halnya click, shares dan retweet.

Tak ada satupun dari pengukuran tersebut yang menekankan efeknya ke perilaku konsumen secara offline seperti misalnya word of mouth yang lebih powerful secara offline ketimbang online. Bagaimana seorang marketer mampu menjalankan strategi marketing secara maksimal baik offline maupun online? Berikut lima strategi online marketing untuk memaksimalkan penjualan offline.

1. Design Content to be Buzzworthy

Untuk memaksimalkan online marketing maka content perlu untuk memfokuskan pada hal-hal yang lucu, menyenangkan dan mengejutkan. Orang akan suka membagikan hal-hal yang memiliki kekuatan emosional kuat. Ini juga merupakan kunci yang harus disadari oleh marketer bahwa content lebih penting ketimbang delivery channel. Inilah alasan mengapa campaign old spice guy mampu merebut hati para audience.  Sense of humor dan keseksian yang ditampilkannya membuatnya menjadi salah satu campaign viral tersukses dalam sejarah.

2. Post at the Right Time

Salah satu strategi online marketing yang penting adalah jika sebuah campaign diluncurkan di waktu yang tepat saat orang memang tengah menghabiskan banyak waktunya secara online. Riset menunjukkan bahwa orang akan online dan bersosialisasi dengan orang lain antara jam 8 sampai 10 pagi di hari kerja. Ini merupakan waktu ideal untuk meluncurkan sebuah campaign digital yang akan dishare secara offline diantara rekan kerja mereka. Salah satu contoh yang bagus adalah bahwa restoran menawarkan deal makan siang secara online atau trailer menarik tentang sebuah film baru.

3. Make Content Useful and Easy to Find

Para digital marketer harus memperhatikan bahwa sebaiknya mereka membuat digital content yang conversation friendly. Maksudnya disini adalah bahwa studi menunjukkan bahwa orang seringkali browsing di internet mencari informasi saat mereka tengah bercakap dengan orang lain.  Sebagai contohnya misalnya mereka ingin mengetahui lokasi sebuah restoran maka mereka akan mencari di google lokasi subway terdekat dan top result di google menunjukkan subway locator  yang akan memberikan informasi cepat. Informasi ini berpotensi besar untuk dibawa dalam conversation offline mengenai dimana orang akan makan siang. Informasi yang cepat amat penting dalam strategi online marketing.

4. Target Influencers

Sekitar 25% dari word of mouth marketing berasal dari 10% populasi yang paling aktif dalam membuat rekomendasi. Ini merupakan salah satu strategi online marketing untuk memakai para influencer tersebut. Mereka memiliki cara unik mereka sendiri untuk bisa meluncurkan campaign ke tengah audience. Anda bisa melihat orang-orang seperti Raditya Dika dan Sherina Munaf yang banyak dipakai menjadi influencer untuk brand-brand besar.

5. Design With Brand Advocates in Mind

Brand advocates merupakan salah satu orang-orang yang sering mengunjungi website anda. Mereka mencari content yang bisa dibagikan ke orang lain untuk menyebarkan pesan mengenai produk dan service. Brand advocates merupakan orang-orang yang memiliki kunjungan ke berbagai website secara reguler dan mereka harus mendapatkan content fresh yang menarik. Mereka akan membagikan content yang mereka dapat melalui channel-channel social media namun biasanya paling banyak melalui email dan conversation langsung. Dengan mendesain content yang menarik para brand advocates ini maka anda secara langsung membuat strategi online marketing yang bisa meningkatkan penjualan offline.

Lima hal tersebut merupakan beberapa hal pada online marketing yang mampu meningkatkan penjualan offline. Lima hal tersebut banyak menekankan pada content dan people. Namun anda juga tak boleh lupa bahwa faktor desain merupakan salah satu kunci utama untuk bisa meraih target audience di online marketing dalam mensukseskan penjualan offline. Karena desain dan marketing memiliki hubungan mutualisme yang sangat kuat. Tidak percaya? Simak alasannya disini.

Di Sribu, Anda bisa mendapatkan desain terbaik bagi bisnis Anda dengan harga terjangkau. Info lebih detail, klik link berikut.


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G

  • Thank you for a great article n share it.. 😀