Hi sribuddies,

Jika dianalogikan, kreativitas bagaikan sebuah samudera tak berdasar, yang tak akan habis diselami, dan tak akan pernah kering. Dan, ibu dari kreativitas adalah inspirasi.

Lebih hebat lagi, inspirasi bisa datang dari mana saja. Melihat bunga yang cantik, bisa jadi inspirasi logo, seperti yang diungkapkan Wildan. Bahkan, mimik wajah seseorang yang sedang suntuk pun bisa menginspirasi Yusuf untuk membuat logo!

Itu pula alasannya, mengapa Sribu rajin menampilkan blog berisi inspirasi-inspirasi design. Siapa tahu saja, salah satunya bisa “nyantol” di pikiran sribuddies, dan bisa mengilhami sribuddies untuk membuat karya yang lebih dahsyat lagi.

Sejujurnya nih sribuddies, Sribu senang sekali jika bisa melakukan hal yang berguna bagi sribuddies. Apalagi, kalau Sribu bisa melihat wujud nyata dari usaha yang Sribu lakukan.

Makanya, Sribu langsung girang bukan kepalang saat melihat logo dan design stationery Lion Brothers karya Khozin ini. Coba deh sribuddies perhatikan, lambang kuda merah yang tengah berdiri di atas dua kakinya itu, mengingatkan akan blog post yang mana ya? Oh, pastinya blog tentang logo hewan yang kreatif kan?

Jadi, sangat beralasan kan kalau Sribu “ngebet” banget ingin mengobrol banyak dengan Khozin yang akrab disapa Ojin ini. Dan, Sribu juga sangat tidak sabar untuk membagikannya kepada sribuddies.

Sribu (S): Hi Ojin! Sribu angkat topi dengan design logo dan stationery yang kamu kirimkan, terutama bagaimana kamu membuat seekor kuda dari tulisan Lion Brothers; Itu keren banget! Makanya, Sribu mau tahu dong, dapat dari mana sih inspirasi untuk membuat logo seperti itu?

Stationery Lion Brothers

Ojin (O): Oh, waktu itu aku baca permintaan dari CH (contest holder) untuk logonya, yaitu gambar kuda yang digabung dengan huruf LB. Maka, langsung aku pikir dan berpikir lagi, terus cari referensi, lihat-lihat gambar kuda-kuda, dan gimana menggabungkannya. Aku sempat bikin beberapa design, dan yang terbaik menurut aku ya inilah, yang aku kirimkan.

S: Yes, kamu memang tidak salah pilih. Sribu juga setuju kalau karya kamu yang satu ini jagoan. Terus, sebenarnya ada konsep khusus tidak yang kamu terapkan untuk design logo ini?

O: Konsep yang ingin saya terapkan yaitu gambaran kuda jingkrak yang kuat dan gesit, berdiri di atas huruf LB seperti keinginan CH waktu itu.

S: Memangnya, apa yang ingin kamu sampaikan melalui design logo ini?

O: Yaitu gambaran sebuah perusahaan yang gagah, kuat dan gesit seperti tercermin pada sosok kuda jingkrak yang aku kirimkan, serta sebuah persatuan yang kuat dari perusahaan yang didirikan oleh beberapa orang, yang diwakili dengan huruf LB yang saling bersatu.

S: Berapa lama kamu mengerjakan design ini?

O: Kira-kira saya kerjakan selama 3 hari sehabis pulang dinas, untuk merevisi dan memperbaiki kekurangannya. Baru deh kirim, biar nggak malu-maluin dilihat para designer Sribu yang yahud-yahud.

S: Ah, kamu juga tidak kalah yahud kok. Oh ya, biasanya kamu membuat design dengan menggunakan media apa sih? Photoshop/Illustrator/CorelDraw/Tablet/program lainnya?

O: Oh, aku pakai CorelDraw

S: Kalau soal teknik, kamu pakai teknik apa? Photo manipulation, shapes, atau …?

O: Tekniknya sih hampir sama dengan semua disainer yang lain: shapes. Yang sulit itu cari inspirasinya. Sampai kepala sedikit botak! Hehehe…

S: Oh, jadi kamu juga sempat mengalami kesulitan ya dalam mengerjakan design ini?

O: Kesulitannya ya itu, cari inspirasinya. Siiiuuuliiit buangett! Kalau pengerjaannya sendiri, aku yakin hampir semua designer bisa.

S: OK, kalau begitu. Terima kasih atas waktunya ya. Senang deh bisa mengobrol – walaupun sebentar – dengan kamu. Semoga karir designmu semakin maju ya di kemudian hari.

O: Amin ya Robbal Alaminnn….

Dari percakapan singkat Sribu dengan Ojin tadi, Sribu bisa mengambil satu kesimpulan: Inspirasi mutlak diperlukan dalam merancang dan membuat sebuah design.

Khozin

Nah, kalau sribuddies merasa perlu suntikan inspirasi, coba dong main-main ke @sribudotcom dan
Facebook Sribu. Di sana, sribuddies bisa menemukan banyak artikel, foto dan video menarik seputar design yang bisa menjadi acuan sribuddies dalam berkarya. Plus, ada Sibby juga lho. Dia sepertinya sudah kangen berat tuh dengan sribuddies.

Salam,

Ryan Gondokusumo

Founder Sribu.com


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G