Hi sribuddies,

Sribu senaaaaang sekali karena belakangan ini, semakin banyak yang mengenal Sribu.com. Nama Sribu pun mulai diperbincangkan di sana-sini. Tentu saja, semua itu tak terlepas dari peran serta sribuddies yang selalu rajin mengirimkan kreasi-kreasi jempolan. Terima kasih banyak ya, sribuddies. Sribu jadi semakin semangat deh menjalani peran sebagai jembatan penghubung antara designer berbakat Indonesia dengan klien-klien potensial.

Kalau sribuddies perhatikan, dari hari ke hari, portfolio Sribu makin kaya saja ya, dan semua karya yang ditampilkannya benar-benar bermutu. Flyer bertemakan liburan akhir tahun di atas, misalnya. Sribu sangat terkesan dengan kemampuan designernya, seorang pemuda kreatif bernama Azis Pradana, untuk menangkap perhatian calon konsumennya lewat permainan gambar, warna dan bentuk tulisannya. Tak heran deh, jika Bayu Buana Travel Services, selaku contest holder, memilih karya ini sebagai jawara.

Tentu saja, Sribu senang sekali mendapat kesempatan berbincang dengan Azis. Berikut sedikit kutipannya.

Sribu (S): Hi, Azis. Senang deh Sribu bisa menyapamu. Sribu penasaran nih, apa sih yang menginspirasi kamu untuk membuat design flyer ini?

Azis Pradana (AP): Kebetulan brief yang diberikan cukup mudah dimengerti, ditambah tema Christmas dan holiday yang sudah sangat jelas familiar bagi kita semua. Sebelumnya, saya juga sudah pernah mendapat project untuk event New Year dan Christmas. Jadi, tinggal putar otak sedikit, cari referensi dan inspirasi, langsung deh ide baru muncul. 🙂 Saya juga sempat cek beberapa portofolio saya sebagai bahan inspirasi, dan media cetak / elektronik, serta lingkungan. Ideas can come from everywhere!

S: Wah, Sribu setuju banget tuh! Ide bisa datang dari mana saja, bahkan dari karya yang pernah kita buat sebelumnya ya. Lalu, konsep apa yang ingin kamu tonjolkan dalam design flyer ini?

AP: Friendly family, holiday dan colorful.

S: Lantas, apakah ada pesan yang ingin kamu sampaikan melalui flyer ini?

AP: Keceriaan serangkaian suasana liburan, Christmas dan tahun baru yang berwarna, dengan menikmati berbagai objek wisata yang ditawarkan oleh perusahaan.

S: Kalau boleh tahu, berapa lama kamu mengerjakan design ini?

AP: Emm, lumayan lama. Saya menyiapkan berbagai bahan dan sketsa kasar sekitar 2 hari lebih. Hari ketiga mulai saya eksekusi ke software. Bicara tentang mendesain poster, kita harus pintar memanfaatkan layout yang tersedia, komponen dan item serta teks harus mudah dibaca. Karena fungsi utama poster yaitu menyampaikan informasi secara informatif.

S: Wah, benar-benar saran yang bermanfaat tuh. Sribu sangat setuju! Eh, tapi sebenarnya media apa sih yang kamu gunakan? Apakah Photoshop, Illustrator, CorelDraw? Atau, tablet? Atau, mungkin program lain?

AP: Untuk vector, saya menggunakan corel draw, dan penyusunan layout dan pengeditan bitmap saya lakukan di Photoshop.

S: Sribu jadi mau tahu lagi nih, teknik apa yang kamu pakai? Photo manipulation, shapes?

AP: Banyak image retouching yang saya lakukan; Hanya beberapa yang bermain shapes, photo manipulation dan vector. Apalagi untuk urusan poster yang siap cetak, saya perlu perhatikan point tertentu yang sangat vital, seperti kedalaman dan resolusi warna (minimal 300 dpi), margin dan bleed size, dan harus dalam mode CMYK.

S: Wah, Sribu senang banget nih, bisa dapat banyak pelajaran berharga dari kamu. Ngomong-ngomong, apa kamu sempat mengalami kesulitan saat mengerjakan design ini?

AP: Jujur, banyak kendala yang saya temui. Secara naluri, saya tidak mau karya saya setengah-setengah. Sempat saya kontak teman di UK untuk meminjam satu karyanya dengan royalty sebagai salah satu item pelengkap di design poster ini; sedikit rumit. Dan akhirnya berhasil, walaupun dengan beberapa pengorbanan yang ikhlas. Saya tidak ingin menyesal melihat karya saya sendiri tampil tak optimal. Apalagi di mata orang lain.

S: Terima kasih banyak atas waktunya ya. Kita doakan semoga sukses untuk karir designmu!

AP: Yap, sama sama. Saya juga berterima kasih pada sribu.com karena telah mempertemukan designer bertalenta di seluruh Indonesia. Sukses juga untuk sribu.com!

Bagaimana Sribu tidak merasa salut dengan pemuda yang satu ini? Meskipun masih belia, dan masih berprofesi sebagai mahasiswa, tapi pria asal Bantul, Yogyakarta ini sudah memiliki pemikiran, ideologi dan ilmu yang begitu dalam.

Nah, kalau sribuddies ingin berkenalan dengan Azis Pradana, sribuddies bisa menghubunginya melalui:

Azis Perdana

Sribu : azis_pradana

Eits, jangan lupa mampir follow @sribudotcom juga dong, dan mampir ke Sribu.com. Oh ya, like juga fanpage Facebook Sribu ya.

Salam,
Tim Sribu


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G

  • bie

    Congrats to Azis Pradana.

    • Azis Pradana

      Terima kasih bie 🙂

  • Abdul Muis Al Amin

    waoo keren…