Ronald dan Raymond Wong, owner dari Arjuna Elektronik, mengungkapkan kepuasannya bekerjasama dengan Sribu.com.

Sebelah kiri Ronald Wong, Sebelah Kanan Raymond Wong


Sudah empat kali mengadakan kontes desain di Sribu.com, kedua pemilik Arjuna Elektronik itu mengaku puas dan menyebut Sribu.com “value for money”.

Ketika Ryan Gondokusumo, co-founder Sribu.com, menyambangi Ronald dan Raymond Wong, owner dari Arjuna Elektronik, di kantor mereka, Ronal dan Raymond mengungkapkan alasannya terus mempercayakan proyek-proyek desainnya kepada Sribu.com. Simak perbincangan mereka berikut ini.

Ryan Gondokusumo (RG): Bisa diceritakan sedikit mengenai Arjuna Elektronik, termasuk nature businessnya, serta unique selling point dibandingkan dengan kompetitor-kompetitor lainnya?

Arjuna Elektronik (AE): Arjuna Elektronik adalah toko retail elektronik yang berlokasi di Jakarta Barat. Metode pembayaran yang kami tawarkan ada dua, yakni cash dan kredit. Yang membuat kami berbeda adalah, kami menawarkan kredit barang-barang elektronik terkemuka dengan bunga rendah, proses pengajuan yang mudah, dan tak perlu menggunakan kartu kredit. Jadi, siapapun bisa cicil barang-barang elektronik tanpa kartu kredit.

Saat ini, mayoritas pembeli kami berasal dari wilayah Jakarta dan Tangerang. Kami pun memiliki visi untuk menjadi toko kredit elektronik dengan angka penjualan terbesar untuk wilayah Jakarta, Tangerang, Bekasi dan Depok.

Tentunya, vission statement tersebut tak sekedar menjadi angan-angan palsu. Kami pun selalu mengembangkan diri demi kepuasan dan kemudahan berbelanja para konsumen kami, termasuk menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan leasing terkemuka untuk memberikan fasilitas kredit elektronik terbaik, seperti FIF Spektra, Adira Kredit dan Kredit Plus.

Keterangan-keterangan lainnya seputar Arjuna Elektronik bisa dilihat di website www.arjunaelektronik.com .

RG: Sekarang kita bicara soal desain nih. Seberapa penting sih peranan desain dalam kemajuan Arjuna Elektronik?

AE: Menurut kami, peran desain untuk mendukung kemajuan perusahaan itu krusial sekali. Kalau boleh dibilang, mungkin 90% lah. Mengapa begitu? Soalnya, untuk sebuah perusahaan dapat dinilai profesional dan dipercaya oleh konsumen, perlu visual yang profesional juga. Hal ini karena mayoritas masyarakat menilai berdasarkan penampilan luarnya dulu. Ibaratnya begini, bagaimana perusahaan bisa dinilai profesional kalau desainnya sama sekali tidak mencerminkan profesionalisme? Selain harus bagus, menurut kami yang terpenting dari sebuah desain adalah mampu membuat pesan dapat tersampaikan secara jelas kepada publik, jangan sampai misleading. Lalu, desain harus dibuat dengan mengikuti skema desain yang sudah ditetapkan. Jangan sampai melenceng, dan ujung-ujungnya membuat konsumen confused.

” Menurut kami, peran desain untuk mendukung kemajuan perusahaan itu krusial sekali. Kalau boleh dibilang, mungkin 90% lah. Mengapa begitu? Soalnya, untuk sebuah perusahaan dapat dinilai profesional dan dipercaya oleh konsumen, perlu visual yang profesional juga. “

 

RG: Bisa diceritakan awal mula tertarik menggunakan jasa desain Sribu.com?

AE: Sebelum berkenalan dengan Sribu.com, kami banyak mempercayakan kebutuhan desain kami kepada desainer freelance. Untuk logo, misalnya. Dulu, unit bisnis kami yang lain, yakni sub-dealer motor Honda yang berlokasi di wilayah Cengkareng – Honda Cengkareng Motor, membeli logo kami dari seorang desainer freelance dengan harga yang, menurut kami, cukup menguras kocek. Sebalnya, kami sama sekali tidak diberikan alternatif lainnya. Jadi, dengan biaya yang cukup mahal tersebut, kami harus menerima desain yang sebenarnya tidak terlalu kami sukai.

Lalu, kami pun mendengar tentang Sribu.com, dan tertarik karena melihat starting price yang ditawarkan cukup bersahabat, hanya Rp 2 juta saja. Tapi, in return, kami bisa mendapatkan hingga ratusan pilihan desain.

Jujur saja, sebagai pemilik usaha, hal ini sangat menguntungkan kami. Karena itu, kami tak ragu menyebut Sribu.com sebagai value for money.

RG: Jadi, jika disimpulkan, kenapa pilih Sribu.com? Apakah semata karena harganya? Atau, ada alasan lainnya?

AE: Menurut kami, tetap saja poin terpenting adalah kualitas. Kalau memang kualitas desainnya bagus, kenapa tidak berani bayar mahal? Dan, hebatnya Sribu.com adalah, Sribu dapat memberikan banyak alternatif desain berkualitas baik dengan harga yang sangat terjangkau. Itu alasan kenapa kami sampai empat kali mempercayakan proyek desain kami kepada Sribu.com.

” Kalau memang kualitas desainnya bagus, kenapa tidak berani bayar mahal? Dan, hebatnya Sribu.com adalah, Sribu dapat memberikan banyak alternatif desain berkualitas baik dengan harga yang sangat terjangkau “

 

RG: Menurut kalian sendiri, seberapa bermanfaat sih metode crowdsourcing?

AE: Sangat bermanfaat sekali ya. Soalnya, jujur saja, sebagai klien kami sendiri terkadang tidak terlalu memahami karya desain seperti apa yang kami inginkan. Kami hanya punya garis besarnya saja, tapi secara detail sebenarnya kami terkadang masih samar-samar. Saat melemparkan brief desain kepada komunitas desainer, kami akhirnya malah mendapat masukan dan ide-ide segar, hingga akhirnya kami bisa bilang, “Ah, seperti ini desain yang kami mau”. Hebatnya lagi, semuanya dapat dilakukan dengan cepat. Jadi, kami tidak usah buang-buang waktu meeting dengan ratusan desainer. Cukup buat brief kontes saja di Sribu.com, dan in return kami bisa mendapatkan ratusan pilihan desain yang oke.

” Sebagai klien kami sendiri terkadang tidak terlalu memahami karya desain seperti apa yang kami inginkan. Kami hanya punya garis besarnya saja, tapi secara detail sebenarnya kami terkadang masih samar-samar. Saat melemparkan brief desain kepada komunitas desainer, kami akhirnya malah mendapat masukan dan ide-ide segar, hingga akhirnya kami bisa bilang, “Ah, seperti ini desain yang kami mau”. “

 

RG: Wah, terima kasih atas kepercayaannya kepada Sribu.com. Semoga di lain kesempatan, Arjuna Elektronik bisa mengadakan kontes desain lainnya di Sribu.

AE: Pasti. Selama ini, kami tidak pernah dikecewakan oleh Sribu.com. Jadi, kami pasti akan terus mendukung dan mempercayakan proyek-proyek desain lainnya di Sribu.com.

Demikian perbincangan Ryan Gondokusumo dengan kedua owner Arjuna Elektronik. Kita tunggu saja kontes-kontes desain lain yang akan diselenggarakan Arjuna Elektronik di Sribu.com

Salam,
Tim Sribu
^ Arjuna Elektronik


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G