Sale

Inti dari kesuksesan sebuah bisnis adalah ketika mempunyai tingkat penjualan memenuhi target. Ketika penjualan sudah memenuhi target, maka akan menutup semua biaya operasional bahkan akan memberi keuntungan yang dapat dinikmati bagi pemilik bisnis maupun karyawan. Untuk itu sangat banyak buku, maupun artikel yang membahas hal-hal tentang strategi penjualan ataupun kisah para professional dalam penjualan. Berikut ini adalah 9 hal tentang strategi penjualan yang harus Anda ketahui:

Menjual itu seperti marathon, bukan sprint. Menjual merupakan rangkaian proses yang panjang dan bisa jadi sulit. Semakin besar penjualan, semakin panjang proses dan akan makin banyak “lubang” yang harus dilompati. Tapi sisi positifnya, Anda akan mempunyai pondasi yang kokoh untuk membangun kematangan dalam bisnis dan membentuk hubungan yang berkelanjutan. Jika Anda ingin menjadi yang paling lama bertahan, jangan terlalu keras di awal.

Teruslah menjual. Entah Anda sedang menarik investor dengan konsep baru atau mitra potensial untuk bergabung, kurang lebih Anda selalu menjual sesuatu. Dan jika tidak menyadari itu, Anda tidak akan mendapatkan kesempatan yang terbaik untuk meraih sukses. Faktanya, para tenaga penjual lebih banyak menjual ‘perusahaan’ daripada menjual produk ke pelanggan.

Membuat “ya” sebagai pilihan yang logis dan emosional. Menjual adalah seperangkat keahlian. Memang belum tentu transaksi pasti terjadi, tapi sebagian besar waktu yang telah Anda keluarkan, akan menanam hubungan yang kuat, mendengarkan untuk menentukan produk yang dibutuhkan pelanggan. Jika Anda melakukan dengan benar, maka “ya” akan menjadi pilihan logis dan emosional.

Pastikan ada kesempatan nyata. Telepon yang kaku tidak berarti ketika menghabiskan waktu Anda atau orang lain. Telepon atau panggilan semacam ini adalah ketika ada kesempatan nyata dan ini kontak pertama Anda yang tidak diminta baik untuk perusahaan maupun individu. Jika Anda telah menemukan orang yang tepat, atau setidaknya cocok, jangan lewatkan. Jika tidak, maka penjualan tidak akan terjadi, dan akan membuang waktu Anda.

Ketahui dengan siapa Anda bicara. Jangan bertindak terlalu jauh tanpa mengetahui dengan siapa Anda bertemu, apa peran mereka, apa yang memotivasi mereka, dan bagaimana mendekatinya. Lakukan sesuatu untuk mempelajari apa yang mereka lakukan dan apa yang mereka inginkan. Dengan begitu Anda dapat membentuk strategi penjualan yang masuk akal. Dan membuat business plan yang dapat disesuaikan atau fleksibel, itu semua akan berkembang sesuai pengalaman.

Jangan terlalu keras berusaha untuk membangun hubungan. Mungkin ini adalah kesalahan besar yang biasa dibuat oleh bisnis modal kecil. Memang niat Anda benar untuk membangun hubungan dengan pelanggan, tetapi jangan berusaha terlalu dekat dalam waktu terlalu cepat, ini berresiko, ini akan mengganggu ruang pribadi mereka, dan dapat membuat orang lain pergi. Lebih baik, perhatikan dan ambil respon pada isyarat, nada, dan bahasa tubuh mereka.

Jangan sok pintar. Jangan sampai melakukan ini sekalipun tidak sengaja. Seringkali, dalam upaya menunjukkan bahwa kita tahu apa yang orang bicarakan, kita malah berusaha mendominasi pembicaraan dan merasa paling menguasai topik yang sedang dibicarakan. Dan nyatanya, pelanggan tidak peduli dengan itu. Pelanggan hanya ingin tahu apakah Anda dapat memberikan solusi untuk masalahnya. Jadi dengarkanlah.

Beri sedikit, dapatkan sedikit. Penjualan adalah permainan memberi dan menerima. Jika Anda melakukan dengan benar, beri sedikit, terima sedikit, dan lakukan berulang-ulang. Sebagai contoh, setelah Anda memberi gambaran tentan produk Anda, dapatkan informasi dari mereka sehingga tahu apakah produk Anda cocok untuk mereka.

Jangan berlatih lagi. Memang terkadang hal itu penting, tetapi akan sulit untuk berpikir dan beradaptasi pada hal baru. Sebaliknya, aturan yang seharusnya Anda ikuti adalah memahami material, paham bagaimana menawarkan, datang dengan perencanaan yang matang, lalu ajukan berbagai pertanyaan, dengarkan jawabannya, dan sesuaikan dengan kebutuhan. Percayai naluri Anda.

sales-dartboard

Ingatlah, kegagalan dan kesalahan akan memberi pelajaran berharga. Mungkin banyak orang berpikir, bahwa mereka yang sukses dengan bisnisnya karena memang terlahir sebagai orang yang mampu menjual dengan baik. Padahal, strategi penjualan itu dapat dipelajari. Dengarkan dan pelajari apa yang orang sukses lakukan. Tingkatkan penjualan dengan promosi yang besar tapi tidak harus mahal, seperti membuat brosur dan menyebarkannya di jalanan.


Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.