post_grad_01

Perkembangan tekhnologi saat ini sudah sangat pesat. Berbagai alat bisa kita manfaatkan untuk memudahkan aktivitas sehari-hari. Akan sangat disayangkan jika kita tidak mampu memanfaatkan perkembangan tekhnologi ini. Salah satu pemanfaatan tekhnologi saat ini adalah untuk strategi bisnis. berikut ini 8 tren tekhnologi yang mempengaruhi strategi bisnis di 2014:

1.  Perangkat mobile membantu Anda terhubung setiap saat

Komputer desktop mungkin dapat menjadi andalan saat bekerja di rumah, tetapi dengan perangkat yang lebih fleksibel seperti laptop pasti dapat lebih membantu jika Anda sering pergi keluar. Dengan kemajuan tekhnologi seperti saat ini tidak sulit untuk mengoperasikan laptop. Selain itu, Tablet PC juga dapat menjadi bagian penting dalam bisnis.

Tablet yang bagus untuk menunjang bisnis dan aktivitas sehari-hari  sebaiknya memiliki fitur-fitur ini:

  • Baterai tahan lama (antara 8-18 jam)
  • Layar besar
  • Akses Internet dimanapun
  • Koneksi Bluetooth

Tanpa fitur-fitur tadi, tablet Anda akan kalah dibanding yang digunakan pesaing.

2.  Software lintas-perangkat akan menghemat waktu dan uang Anda

Di tahun 2014 ini sangat banyak orang yang mempunyai lebih dari satu perangkat, penyedia software pun merespon permintaan pasar ini dengan menyediakan software yang dapat di download ke beberapa perangkat tanpa harus membayar lebih. Dengan begitu, saat Anda mendownload sebuah aplikasi, maka akan ada program kecil yang memungkinkan untuk menginstall aplikasi tadi di enam perangkat atau bahkan lebih.

Are-you-using-the-right-technology-for-your-small-business

Ini akan memudahkan Anda dalam merencanakan dan menerapkan strategi bisnis dengan menggunakan perangkat lunak. Daripada menghabiskan waktu untuk belajar menggunakan beberapa program, lebih baik beradaptasi pada ukuran layar yang berbeda.

3.  Pemasaran data menggunakan berbagai sumber

Di tahun 2014, akan sangat penting untuk belajar memasarkan produk dan konsep pada target pelanggan yang tepat.

Media sosial dapat membuat pemasaran lebih tepat pada target dan efektif. Tentu saja bayak perusahaan telah menyadari potensi ini. Perbedaannya adalah banyak perusahaan mulai mengintegrasikan data informasi ini dari berbagai sumber. Data informasi ini bisa di dapat dari Facebook, website bisnis Anda sendiri, Google, dan sumber data lain.

4.  Perencanaan penggunaan paket data yang terukur itu penting

Semakin tergantungnya sebuah bisnis maupun individu pada perangkat mobile menuntut mereka berinvestasi lebih banyak pada penyediaan data informasi nirkabel. Sehingga sebuah tablet dapat melakukan berbagai hal tanpa akses internet.

Sayangnya, untuk mengakses data aka nada biaya walaupun tidak banyak, terutama jika streaming video (tentukan apakah Anda hanya perlu untuk streaming film atau menyediakan informasi yang berguna untuk klien yang ingin menggunakan layanan Anda). Untuk mengatasi biaya yang terus naik, banyak perusahaan akan membuat perencanaan paket data yang terukur dengan baik. Dengan perencanaan yang baik, Anda tidak akan menghabiskan paket data untuk akses yang tidak perlu. Banyak operator seluler yang menyediakan pilihan paket data.

5.  Penyimpanan data berbasis cloud akan sangat penting

Kekhawatiran banyak industri untuk memiliki kapasitas penyimpanan berbasis cloud adalah tingkat keamanan dari data informasi yang mereka simpan. Tetapi walaupun menimbulkan kekhawatiran, sistem cloud juga menawarkan berbagai keuntungan terutama bagi bisnis skala global. Seperti yang sudah dilakukan oleh banyak perusahaan, sistem cloud memungkinkan Anda mengakses data informasi dari seluruh dunia. Ketika sedang di China misalnya, cukup download file yang ada di cloud dan Anda siap presentasi.

cloud-storage

Dengan banyaknya pengguna cloud, ke depan diyakini para penyedia sistem cloud ini akan meningkatkan pengaturan keamanan penyimpanan data.

6.  Perusahaan akan membuat aplikasi sendiri

Di tahun 2013, orang-orang mendapatkan berbagai aplikasi dari toko online. Di tahun ini, para pengusaha akan membuat aplikasi sendiri sebagai bagian dari strategi bisnis. Daripada mengandalkan aplikasi yang dibuat oleh perusahaan lain, lebih baik membuat aplikasi sendiri dan disebarkan ke para karyawan.

Sebuah perusahaan yang membuat aplikasi sendiri dapat mencakup fitur khusus untuk meningkatkan produktivitas dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Aplikasi dari perusahaan lain belum tentu sesuai dengan kebutuhan Anda.

7.  Pemilik perusahaan akan mendorong untuk membawa perangkat sendiri (Bring Your Own Device/BYOD)

Ini kabar baik bagi orang-orang yang membenci komputer di kantor mereka. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan lebih dari dua pertiga perusahaan membiarkan karyawan membawa perangkat sendiri untuk bekerja. Dengan membawa perangkat sendiri dipercaya dapat meningkatkan produktivitas dan memudahkan karyawan jika bekerja di luar kantor.

technology-changed-business-1

8.  BYOD training

Karena semakin banyak pengusaha yang memberlakukan BYOD pada karyawannya, maka perlu membuat pelatihan BYOD agar lebih produktif dengan perangkat pribadi tanpa mengganggu jaringan kantor. Dan umumnya, dengan pelatihan BYOD yang komprehensif, akan menaikkan nilai karyawan jauh lebih tinggi setiap tahunnya dibandingkan yang tidak. Itu artinya Anda harus mempersiapkan dengan matang pelatihan agar menjadi karyawan yang bernilai.

Lalu, strategi bisnis mana yang sudah Anda terapkan di tahun ini?


Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.