budget

Saat memulai bisnis banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan termasuk salah satunya membangun brand anda. Membangun brand bisa amat mahal dan membutuhkan investasi besar namun anda bisa mencoba berbagai alternatif lain untuk membangun brand dengan modal kecil. Berikut 8 tips membangun brand anda dengan modal kecil.

1. Customer service yang bagus

Customer service merupakan hal terpenting untuk membangun brand anda. Brand yang baik akan tercipta dari kualitas customer servicenya. Tak peduli betapa bagusnya produk anda tanpa customer service yang bagus maka orang akan kapok dan beralih ke produk atau brand lainnya.

photo source: jamkib.wordpress.com

Customer service yang jelek akan membuat kualitas brand anda merosot.  Anda bisa mengadakan pendekatan proaktif untuk customer service dan meningkatkan kualitasnya dengan memberikan yang terbaik untuk customer.Banyak orang yang menghabiskan budget besar untuk mempromosikan bisnis atau brand mereka namun terkadang mereka lupa untuk membenahi kualitas customer service mereka. Simak bagaimana melakukan promosi dengan budget minimal disini.

2. Think Outside the Box

thinking-outside-the-box

Untuk membangun brand anda dan menjadikannya terkenal bukan berarti anda harus menghabiskan dana besar. Banyak  para entepreneur yang membangun brand mereka dengan melakukan campaign out of the box sehingga akhirnya membuat brand mereka terkenal. Dollar Shave Club merupakan salah satu brand yang melakukan langkah cerdas dengan membuat sebuah video yang disebarkan secara viral. Video yang menampilkan ceo perusahaan tersebut Michael Dubin mencapai 5 juta viewer dalam dua hari, padahal video tersebut hanya berbudget 4,500 dollar saja. Cara ini merupakan langkah cerdas dalam membangun brand dengan modal kecil.

3. Collaborate

business-people-collaborate

Dua kepala selalu lebih baik daripada satu kepala. Seperti halnya juga sebuah brand, dua brand selalu lebih baik daripada satu brand.  Anda bisa mencari partner serta membentuk kolaborasi untuk membangun brand anda. Seperti misalnya di dunia fashion Matthew Williamson bergabung dengan H&M seperti itu Missoni berkolaborasi dengan Target. Partnership ini membantu brand untuk membangun awareness dan audience sehingga pada akhirnya bisa menciptakan sales.

4. Innovate the Innovators

Dalam setiap industri dari mulai teknologi hingga fashion dan film selalu saja berawal dari para leader dan influencer yang membuat sebuah trend kemudian akhirnya berkembang di masyarakat. Para inovator ini menggunakan strategi word of mouth marketing secara sosial, personal dan juga profesional untuk membuka jalan dan membangun sebuah brand. Anda membutuhkan para influencer untuk menaikkan rating brand anda sehingga akhirnya bisa dikenal oleh masyarakat.

5. Crowdsource

crowdsourcing-cartoon

Selain kolaborasi yang merupakan cara terbaik untuk menciptakan kesempatan bagus untuk brands, crowdsourcing merupakan alternatif terbaik bagi anda untuk membangun brand dengan modal kecil. Dengan konsep crowdsourcing brand anda tak hanya mendapatkan hasil berkualitas lebih baik namun juga tentunya better pricing. Sribu.com merupakan penyedia jasa desain di Indonesia dengan konsep crowdsourcing. Dengan hadirnya sribu tak hanya membantu brand kecil untuk membangun brand mereka dengan budget terjangkau namun juga memberikan hasil yang jauh lebih baik ketimbang dari satu atau dua desainer saja.

6. Don’t Be Afraid of Templates

Banyak orang yang menghindari template dikarenakan template identik dengan sesuatu yang kaku atau umum. Namun saat ini agaknya anggapan seperti itu tak berlaku.  Template kini semakin banyak ragamnya dan memiliki kualitas lebih bagus dengan harga terbatas. Jika perusahaan anda memiliki budget amat terbatas maka template bisa menjadi salah satu solusi untuk membuat website ketimbang harus menyewa jasa seorang desainer web.  Template saat ini sudah amat beragam dengan kualitas yang bagus dan cukup memenuhi selera audience. Ini merupakan salah satu cara yang bagus dalam membangun brand dengan modal kecil.

7. Be Elusive and Exclusive

Menjadi ekslusif merupakan strategi campaign yang baik untuk membangun sebuah brand. Jika produk atau brand anda tidak pasaran, maka kemungkinan besar anda mampu menarik perhatian target audience. Tak hanya sesuatu yang ekslusif yang mampu menarik perhatian customer namun juga sesuatu yang misterius. Wander menciptakan sebuah website yang menarik minat ribuan orang walaupun tak ada yang mengetahui apa yang sebenarnya dilakukan perusahaan. Yakin bisnis anda sudah menjangkau target market yang tepat? Simak ulasannya disini.

8. Use Your Resources

Gunakan resource anda sebaik mungkin. Walaupun setiap orang memiliki main job mereka masing-masing namun setiap orang juga memiliki skill tersendiri yang bisa digunakan untuk strategi marketing. Gunakan karyawan anda sebaik mungkin untuk membangun brand anda. tanpa diduga dengan sebuah kreaktivitas mereka akan mampu mengembangkan diri dan akhirnya turut berpartisipasi dalam membangun brand.

Sons of Essex sebuah restoran di New York menggunakan video berbudget murah  sebagai alat marketing. Matt Levine salah seorang owner mengatakan bahwa jika biasanya video memerlukan investasi cukup besar pada dana dan waktu namun tidak untuk restoran tersebut.  Video mereka berbudget amat kecil dikarenakan mereka menggunakan karyawan mereka sebagai aktor dan justru mendulang respon cukup bagus.

Pada akhirnya dalam membangun sebuah brand tak lepas dari kreativitas dan kerja keras entepreneur dan tim yang terlibat didalamnya. Sribu.com sebagai penyedia jasa desain dengan konsep crowdsourcing merupakan alternatif untuk membangun brand anda dengan modal kecil. Dengan ragam desain berkualitas terbaik yang dimiliki oleh desainer Sribu membantu para entepreneur untuk memperoleh hasil terbaik dengan budget terjangkau.

*dialihbahasakan dari mashable.com


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G

  • saya tertarik dengan Think Outside the Box, karena berawal dari hal ini, 7 hal lainnya akan bisa datang dengan sendirinya

  • sukoco hayat

    pinjam istilah pak Mario T ” super sekali “

  • Nurul Diasmarani

    Mas Ryan, makasiii bgttt… 🙂 sukses terus buat Sribu

    • @nuruldiasmarani:disqus: Terima kasih, sukses terus juga untuk bisnis Anda!