Website_development-e1293750332388

Untuk memenangkan kompetisi pasar, diperlukan persaingan yang sangat ketat. Perusahaan pun mulai berlomba menarik konsumen mengenal produk mereka. Konsumen yang punya pengalaman pada merek Anda, pasti akan menyampaikan pengalaman tersebut pada orang-orang terdekatnya, bahkan calon konsumen Anda. Pengalaman terhadap merek tidak hanya dirasakan saat konsumen membeli produk atau jasa yang ditawarkan, tetapi juga saat konsumen mendapat pelayanan saat hendak membeli produk.

Saat ini muncul era baru dalam pemasaran yang dapat memudahkan konsumen dalam membeli produk atau jasa tertentu, yaitu internet. Banyaknya pelanggan melalui internet membuat perusahaan harus mempunyai website untuk menjaring para konsumen. Pemilihan jasa pembuatan website yang tepat menjadi hal penting, karena bisa dibilang website menjadi hal utama yang mencerminkan citra perusahaan untuk konsumen yang membeli melalui online. Berikut beberapa langkah untuk memilih:

1.  Tentukan Tujuan Utama

Langkah pertama, ketahui apa yang ingin Anda capai melalui website dan pemasaran online ini. Anda harus berhati-hati dalam menentukan tujuan, sasaran, dan bagaimana mengukur keberhasilan rencana.

Sebagai contoh, jika fokus Anda penjualan online, berarti harus mencapai ROI (Return On Investment), tingkat penjualan, membangun dan menjaga pelanggan yang ada.

Jika perusahaan masih baru, bangunlah brand awareness, sediakan informasi secara sederhana dan mudah dimengerti. Jadi dalam hal ini, diperlukan visi dan fokus yang jelas.

Mintalah jasa pembuatan website yang sudah Anda pilih untuk menunjukkan kemampuan mereka secara nyata. Mereka harus menunjukkan pendekatan dan solusi yang dipilih untuk suatu masalah, bisa dengan contoh kasus yang pernah mereka tangani.

2.  Ketahui Perbandingan Biaya Dengan Nilai

Masalah biaya umumnya bisa menjadi pembuat kesepakatan atau pematah kesepakatan, jadi bisa saja Anda sepakat dengan satu penyedia jasa atau justru tidak jadi menggunakan jasa mereka karena biaya yang ditawarkan.

Seperti halnya ketika Anda membeli suatu barang, ada istilah “Anda mendapatkan sesuai yang Anda bayar” berlaku juga pada desain dan pengembangan website.

Mintalah pada agen yang Anda pilih untuk menunjukkan bukti nyata dari nilai yang telah disampaikan terhadap hasil yang didapatkan. Jika sebuah jasa pembuatan website dapat menunjukkan website yang mampu mencapai ROI, maka biaya tidak lagi menjadi pematah kesepakatan. Tapi ingat, jangan terlalu lama meneliti agen terbaik, karena bisa jadi itu malah menghabiskan uang dan membuang-buang waktu.

3.  Identifikasi Rekam Jejak Yang Solid

Ini tidak selalu berlaku pada seberapa lama sebuah agen yang terjun di bisnis ini berdiri. Kenyataannya, banyak agen baru yang justru punya ide brilian dan metode baru yang patut dipertimbangkan. Intinya, seberapa besar pemahaman agen terhadap industri Anda dan apakah mereka telah menyampaikan solusi sejenis secara efektif pada klien yang lain?

Mintalah agen untuk menunjukkan data kinerja, testimoni klien dan satu atau dua kasus yang pernah mereka tangani untuk menunjukkan pendekatan yang mereka lakukan serta bagaimana mereka mengukur hasilnya.

4.  Komunikasikan Dan Pelajari

Website yang sering berubah-ubah akan sangat menyusahkan dan menjadi masalah besar bahkan bagi mereka yang bisa dibilang website sudah ibarat hidup dengan mereka setiap hari. Jadi sangat penting memahami apa yang agen Anda bicarakan dan lakukan.

Ketika Anda berdiskusi dengan agen, biarkan mereka menjelaskan apa tujuan mereka, langkah yang diambil, dan yang penting, mengapa mereka melakukan itu. Jika sampai Anda bingung atau tidak paham, pastikan mereka membuat menjelaskan ulang.

Ajukan pertanyaan tentang proses, metode, dan mengapa mereka membuat rekomendasi atau keputusan tertentu. Jika  belum paham, tanyalah. Jangan sampai Anda tidak paham dengan apa yang sudah Anda investasikan.

images

5. Konten Adalah Hal Penting

Saat Anda memutuskan membuat website, pasti punya alasan sendiri, baik itu website baru ataupun pembaruan website lama. Umumnya orang berpikir bagaimana website mereka akan terlihat dan berfungsi. Memang itu faktor penting, tapi faktor penting lain yang sering dilupakan adalah konten dari web itu sendiri.

Jika jasa pembuat website hanya memikirkan tampilan website, itu salah. Sebuah agen harus menanyakan target pasar, gambaran bisnis dan industri.

Konten membantu pelanggan. Konten bisa berupa tulisan artikel, gambar, video, atau apapun di website Anda. Agen harus bekerjasama dengan tim pemasaran atau penulis konten jika mereka tidak membuat konten sendiri.

6.  Ketahui Yang Ingin Anda Capai, Jadilah Realistis

Mungkin bisa memakan waktu enam bulan atau bahkan satu tahun untuk menentukan tujuan. Masuk di halaman pertama “Google” atau mendapatkan traffic lebih banyak.

Ada beberapa hal yang bisa dituju:

  • Menjadi pemimpin dalam berbagai hal
  • Meningkatkan penjualan online
  • Meningkatkan produk atau kesadaran merek
  • Menjadi penghubung dengan pelanggan

Tanyakan agen Anda, tools dan layanan apa yang diberikan untuk mengarahkan orang mengunjungi web Anda. Pastikan mereka tahu proses penjualan Anda sehingga dapat menyediakan solusi untuk membuat proses lebih efisien dan membuat nilai nyata dari website baru.

7.  Kenali Strategi Anda

Sebuah jasa pembuatan website harus memberikan penjelasan mengenai strategi dengan jelas. Strategi yang bagus membuat website menjadi dipercaya. Strategi yang solid akan mudah diukur. Ketika Anda dapat mengukur, maka dapat membuat keputusan yang baik berdasarkan data yang nyata. Sehingga dapat mengubah pengunjung menjadi pelanggan.

Mintalah agen menjelaskan strategi secara rinci. Pastikan strategi dapat mencapai tujuan yang sudah ditentukan sesuai dengan anggaran dana dan tenggat waktu yang sudah direncanakan.

  8.  Menjaga Kualitas Investasi

Setelah website resmi diluncurkan, agen yang bagus harus menjaga hubungan baik dengan Anda. Hal ini juga tergantung pada bagaimana Anda terlibat dalam penerbitan dan pembuatan konten. Agen yang bagus akan membantu Anda mencapai tujuan dengan website yang sudah dibuat.

Tanyakan hubungan Agen pada klien sebelumnya. Bagaimana mereka membantu klien lain? Apakah mereka memberi layanan secara bulanan atau kuartal sebagaimana Anda bisa terapkan nantinya?

five-year-investment-policy-finalised-1360959008-4973

Jika Anda sudah yakin dengan jasa pembuatan website yang Anda pilih, bekerjasamalah dengan mereka. Karena mereka tidak akan mampu bekerja sendiri sementara Anda yang lebih tahu bagaimana bisnis akan berjalan dimasa mendatang. Setelah website Anda sudah jadi, bisa juga memanfaatkan jasa SEO untuk mengembangkan website dan menaikkan nilai dari website.


Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.