Businessman Stretching While Working on His Laptop

Perkembangan bisnis saat ini sangat pesat. Berbagai macam bisnis mulai bermunculan. Segala hal dapat menjadi peluang bisnis, tergantung bagaimana kejelian kita dalam memilih dan memanfaatkan peluang tersebut. Pada artikel ini membahas mengenai bisnis internet di tahun 2014. Bisnis internet ini sebenarnya merupakan peluang yang sangat bagus di era digital seperti saat ini. Bisa dibilang separuh orang di dunia mengakses internet setiap hari.

Sayangnya, banyak orang yang bisnis di bidang ini melakukan hal curang dan mengambil untung dari internet. Padahal cara itu justru akan menjatuhkan mereka sendiri. Jika mau bersabar dan buatlah serta lakukan rencana yang baik, maka pasti akan berhasil. Inilah 8 ide bisnis internet yang menarik di tahun ini:

1.  Desain Website

Membuat sebuah website tidak lepas dari merancang desain website yang menarik. Dan ini merupakan peluang yang besar. Bisnis ini juga dapat dipasarkan dan dikerjakan melalui internet. Tapi ingat bahwa persaingan juga ketat.

Bisnis desain website internet ini membutuhkan bakat artistik yang bagus, pengetahuan, serta waktu yang cukup lama. Perpaduan warna yang indah dan merancang sebuah desain logo menjadi hal yang patut diperhatikan dalam menciptakan desain website yang bagus. Menetapkan harga yang sesuai, dan tambahkan diskon jika perlu agar orang tertarik. Seorang desainer website akan lebih bisa menjual namanya jika juga mempunyai website sendiri, karena disana dapat dilihat hasil karya sesungguhnya dari mereka.

2. Jasa Penulis Ringkasan

Jasa penulis ringkasan dapat menjadi bisnis internet rumahan yang bagus, terutama bagi mereka yang sudah kelelahan mencari pekerjaan, dan juga bisa menjadi peluang bagi mereka yang sudah bekerja untuk mencari tambahan pendapatan.

Estimasi biaya yang dikeluarkan untuk memakai jasa penulis ringkasan adalah satu hingga empat juta rupiah. Bagi Anda yang berminat, carilah perusahaan yang membutuhkan penulis, dan kirimkan biodata serta sampel tulisan Anda jika diminta.

3.  Jasa Penerbit

Menguasai software, memenuhi tenggat waktu yang diberikan, dan membuat diri Anda dikenal adalah kunci untuk memulai bisnis rumahan sebagai jasa penerbit. Beberapa penerbit lebih suka bertemu langsung dengan klien dan memilih melayani orang yang dekat dengan lokasi mereka. Penyedia jasa penerbit yang menyediakan pelayanan melalui internet akan dapat menarik pasar yang lebih luas. Selain itu, dengan internet Anda dapat menunjukkan contoh layanan dan testimonial dari klien yang puas. Anda dapat memilih fokus pada jasa tertentu sesuai minat.

4.  Menjadi “Asisten” Penjualan eBay

2014-04-14-ebaynewlogo00

eBay dapat membantu Anda menjual barang-barang melalui internet. Anda dapat menjadi pihak ketiga yang mendatangi rumah klien, memotret, mengambil barang-barang lalu menjualnya di eBay dengan sistem konsinyasi. Dan tentu saja bisnis ini dapat dijalankan melalui internet.

Penjual di eBay banyak yang mencari “asisten”. Dengan berbagai pengalaman, data diri mengenai keahlian Anda, maka mereka akan tertarik menggunakan jasa Anda dengan biaya yang cocok.

5.  Bergabung di Afiliasi Pemasaran Bisnis Internet

Sebuah program afiliasi di internet dan jaringan afiliasi pemasaran dapat digunakan untuk memasarkan produk dan layanan secara online. Beberapa program afiliasi di internet ini menawarkan dua cara – pertama, dengan menjual barang atau jasa sebagai afiliasi, atau mengajak orang lain untuk bergabung menjadi anggota program afiliasi.

Hampir semua yang terjun di bisnis ini mengambil untung dengan memasang iklan di website bisnis mereka. Tapi ada juga yang memang mencari keuntungan dengan memasarkan afiliasi mereka.

6.  Bisnis Internet Memasarkan eBook

EBook telah menjadi barang dagangan yang sangat umum di internet saat ini. Anda dapat mengunduh berbagai eBook dari berbagai situs dan bahkan mengunjungi eBookstore untuk mendapatkan berbagai penerbit eBook untuk dijual.

Jika Anda memiiki bisnis internet atau berencana memulai bisnis ini, mungkin akan mempertimbangkan untuk membuat dan menjual informasi mengenai eBook di website Anda. EBook umumnya lebih cepat dan mudah dibuat dari pada buku cetak, dan banyak website yang tidak membuat ataupun mencetak buku tetapi mempromosikan dan menjual eBook.

7.  Jasa Pemasaran Website

Membantu memperbanyak traffic ke website orang lain dapat menjadi peluang bisnis internet yang menjanjikan. Metode dan layanan yang dapat ditawarkan dari bisnis ini adalah: Jasa SEO (Search Engine Optimization), jasa periklanan PPC (Pay-Per-Click), jasa pemasaran bolg, jasa pemasaran artikel, dan lain-lain.

Anda mungkin dapat menentukan target pasar ke berbagai daerah atau fokus pada layanan tertentu. Dan semua metode serta langkah yang dibutuhkan tersedia di Internet, cara ini membutuhkan biaya yang lebih sedikit daripada harus mengambil pendidikan formal ataupun kursus untuk spesialisasi ini.

8.  “Asisten” Virtual

Industri Virtual Assistant (VA) berkembang pesat dan menjadi dan menjadi popular bagi mereka yang ingin memulai bisnis internet rumahan. Dan karena kebanyakan orang mengharapkan hanya menjadi asisten virtual saja – tidak bertemu secara pribadi – masuk akal jika menjadi potensi besar untuk bisnis internet yang memungkinkan dikerjakan dari rumah. Hampir seperti bisnis internet lainnya, bisnis ini cocok untuk dijadikan usaha sampingan.

laptopwoman_crop380w

Perkembangan dunia maya saat ini akan sangat disayangkan jika tidak dapat menjadi peluang bisnis untuk Anda. Tidak harus mempunyai modal uang yang besar dan karyawan yang ahli, cukup manfaatkan akses internet di rumah. Ide – ide bisnis internet di atas hanya sebagai referensi saja, Anda dapat memilih satu yang cocok, atau mencari model bisnis internet lainnya.


Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.