Hubungan content marketing dan media sosial sangatlah erat layaknya roti dan selai. Lakukan dengan benar, maka strategi marketing dengan content ini dapat menjadi semacam virus dan mempunyai pengaruh massal dan pencapaian bagi sebuah bisnis.

Inilah 7 contoh content marketing yang sangat baik dan strategi untuk perusahaan. Bonus cara meniru ide hebat mereka.

1.  Target dan Pinterest: Pesta dengan Pinners

pinners

Target dan Joy Cho Oh Joy! bekerja sama untuk menciptakan pinboard unik ini, penuh dengan ide-ide pesta lucu, terjangkau dan benar-benar aneh untuk pesta besar dan kecil.

Ia juga memberikan ide-ide partai, resep, saran dekorasi dan kerajinan menyenangkan untuk segala usia menggunakan bahan dan item yang tentu saja bisa Anda beli di Target. Dengan lebih dari 800.000 pengikut dan ribuan komentar dan repins, Target telah menduduki tempat khusus untuk dekorasi dan pelayanan berdasar anggaran yang disesuaikan.

Bagaimana Melakukannya

Banyak gambar yang ditampilkan di pesta pinboard Target awalnya berasal dari Instagram. Menggunakan aplikasi gratis seperti InstaPin dapat memudahkan pin foto Instragram ke Pinterest. Tidak ada app? Itu bukan masalah. Sebuah layanan berbasis web seperti Gramfeed memberikan fungsi yang sama secara online.

2.  Vine and Home Depot: DIY Dazzle

homedepot

Siapa yang bisa memprediksi bahwa dengan beberapa detik bisa mendapat berbagai informasi? Di dunia kita yang ingin serba cepat dalam menangani rasa lapar, mendapatkan pesan yang keras dan jelas menjadi lebih penting dari sebelumnya, bahkan bagi para pengiklan. Itu sebabnya Home Depot telah menciptakan proyek-proyek DIY yang pendek dan indah serta lokakarya melalui outlet Vine nya.

Bagaimana Melakukannya

Buat teaser video enam detik yang menunjukkan produk atau jasa Anda berupa demo. Tapi jangan berikan bagian akhirnya. Sebaliknya, tanyakan pengikut Anda apa yang mereka pikirkan pada bagian akhir. Pertimbangkan mengubah ide mereka menjadi sebuah kontes kecil sehingga ini bisa jadi momentum pemasaran yang lebih besar. Stop-motion video animasi bisa digunakan untuk Vine.

3.  Buzzfeed and HBO’s Silicon Valley: The Perfect Match

coding

Ada beberapa hal yang hanya dipahami oleh segmen tertentu dari audiens Anda. HBO mengetahui hal ini dan langsung menuju ke programmer mereka untuk melunucurkan seri baru, Silicon Valley. Dengan menunjukkan masalah yang berhubungan programmer, mereka telah menargetkan pembaca yang juga akan tertarik mencoba seri baru ini.

Bagaimana Melakukannya

Iklan BuzzFeed bmempunyai fokus pada beberapa cara yang berbeda, termasuk cerita sosial, promosi dengan mitra, penemuan isu sosial, video custom, dan banyak lagi.

Tentu saja, anggaran yang dibutuhkan mungkin sedikit terlalu mustahil bagi sebagian besar bisnis kecil, jadi pertimbangkan dimana audiens Anda cenderung akan nongkrong di dunia maya ketika mereka bosan dan mencari hiburan. Kemudian pikirkan cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat content marketing sesuai dengan taret Anda, dan mereka dapat sepenuhnya mengerti dan menghargai!

4.  Mobile Apps and Charmin: When You Gotta Go on the Go

charmin

Anda berpikir tidak bisa menjual kertas toilet dengan cara yang menyenangkan, kreatif dan praktis? Charmin bisa melakukannya. Meskipun tidak persis Media sosial, aplikasi mereka – sesuatu yang tidak harus punya nama –  sedikit lebih mudah, dengan memetakan arah ke semua toilet di daerah yang ditentukan. Tidak mengherankan, Anda dapat menilai toilet umum melalui app apakah mereka “Sit” (suka) atau “Squat” (tidak suka).

Bagaimana Melakukannya

Anda tidak perlu menghabiskan ribuan dolar pada programmer iPhone untuk membuat sebuah aplikasi. Layanan berbasis template online seperti Seattle Clouds membuatnya mudah bagi siapa saja untuk klik cara mereka untuk aplikasi custom menggunakan berbagai layout dan setup. Aplikasi yang dihasilkan dapat digunakan pada Amazon Kindle, Apple iPhone dan iPad dan perangkat Android, sehingga masalah terselesaikan, tidak peduli  perangkat yang digunakan target audiens Anda.

5.  P&G’s Home Made Simple

homemade-simple

Bila Anda memiliki merek yang bergerak di segala bidang mulai dari popok hingga deodoran, Anda memerlukan strategi marketing konten yang dapat mencakup semua produk tanpa terlalu promosi. Itulah yang dirancang P & G Home Made Simple untuk mewujudkannya.

Dengan kategori yang mencakup segala sesuatu dari resep hingga organisasi, kerajinan hingga dekorasi, mereka tidak hanya berbagi artikel dan video, tapi juga tutorial, kutipan, diskusi masyarakat dan banyak lagi. Pada dasarnya, mereka memposting informasi dan membiarkan pembaca yang menindaklanjuti. Konten ini menjadi sumber terbaik kepadatan traffic websitenya.

Bagaimana Melakukannya

Setiap sistem content marketing yang baik harus mampu menangani dasar dari sumber situs. Sebagai contoh, WordPress bersama-sama dengan plugin premium dari WPMUDev dapat mengubah platform blogging dasar Anda menjadi perpaduan yang menarik dengan sistem keanggotaan, komunitas, kalender acara dan banyak lagi-semua hanya dalam beberapa klik.

6.  The Recapp

recapp

Jika Anda ingin mempromosikan rencana pilihan ponsel, apa yang akan Anda lakukan? Verizon tahu. Anda akan memberitahu orang-orang tentang segala kelebihannya. Mengangkat berbagai kategori aplikasi praktis dan ketahanan baterai.

Mengetahui aplikasi yang tersedia secara otomatis membuat orang-orang tertarik dengan potensi ponsel baru mereka – walau tanpa iklan aktif yang mempromosikannya. Faktanya, Anda tidak akan pernah tahu Verizon bahkan di dalam website sampai  Anda turun ke bagian footer. Content marketing tersebut dilakukan dengan benar.

Bagaimana melakukannya

Banyak sistem manajemen konten memungkinkan untuk mengubah situs Anda menjadi Review HQ. Tema WordPress Premium seperti Pro Review memungkinkan Anda melakukan pencarian profesional review situs dengan beberapa klik.

Jika Anda benar-benar menyukai tema yang ada, namun tetap ingin memberikan tinjauan fungsional, plugin WordPress Review akan memberikan fleksibilitas tipe posting custom secara spesifik untuk diulas. Ini dasar, tapi gratis, dan Anda tidak dapat berdebat dengan itu!

7.  American Express OPEN Forum

AmEx-Open-Forum

Seperti Verizon Wireless’s Recapp, American Express telah merangkul komunitas bisnis kecil dengan cara OPEN Forum miliknya. Semuanya mulai dari mengajukan pertanyaan hingga berbagi nasihat diterima dengan baik di sini, dan anggota sering ‘dipajang’ di halaman depan, menunjukkan bahwa OPEN adalah komunitas yang memberlakukan keterlibatan.

Meskipun American Express jelas tercatat sebagai perusahaan provider, Anda tidak akan melihat link kartu kredit yang tersebar di halaman sampai Anda turun ke bagian bawah. Melalui integrasi yang ketat dengan LinkedIn, alur registrasi dan posting OPEN Forum, memungkinkan orang-orang masuk menjadi anggota dengan cepat.

Bagaimana Melakukannya

Cukup dengan kombinasi plugin WordPress (seperti direktori anggota), bbPress (forum) dan Q & A add-on. Jika Anda hanya ingin mengubah WordPress ke forum, juga ada tema untuk itu.

Jika Anda lebih suka tidak menggunakan sistem manajemen konten sebagai dasar untuk forum Anda, Anda masih bisa mendapatkan semua manfaat dari sebuah komunitas melalui kepopulerannya, dengan menggunakan VBulletin.

Sekarang Anda mendapat inspirasi strategi content marketing. Ini lebih untuk membangun interaksi dengan pelanggan, karena strategi marketing yang baik memang harus mendengar apa yang diinginkan pelanggan dan melibatkan pelanggan. Hal itu akan membentuk loyalitas.


Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.