Bisnis apapun saat ini tengah menghadapi persaingan ketat ditengah target market yang semakin cerdas. Desain merupakan salah satu faktor yang mampu mempengaruhi bisnis anda. Setiap bisnis membutuhkan strategi marketing dan setiap strategi marketing membutuhkan desain yang bagus dan menunjang. Desain tak hanya sekedar kreativitas dan skill. Anda harus mengerti ada komponen desain yang mempengaruhi bisnis anda.

Berikut 6 komponen desain yang bisa mempengaruhi bisnis :

1. Unity

6 Komponen Desain Yang Mempengaruhi Bisnis Anda

Unity atau kesatuan merupakan komponen desain yang mampu mengubah citra sebuah brand. Kesatuan ini akan tercipta jika elemen-elemen pada desain saling terkait dan menciptakan keserasian. Keserasian ini bisa secara visual maupun konseptual dan bisa juga keduanya.

Prinsip-prinsip dasar desain seperti halnya contrast, repetition, alignment dan proximity bisa diterapkan untuk mendapatkan keserasian atau kesatuan desain. Unity atau kesatuan merupakan komponen desain yang perlu diperhatikan. Dengan adanya kesatuan dan keseimbangan pada desain maka desain anda dipastikan bisa menaikkan citra brand yang akhirnya akan berpengaruh pada kesuksesan sebuah bisnis. Kuncinya adalah dengan menemukan keseimbangan antara kesatuan dan variasi sehingga secara visual desain bisa menarik.

2. Gestalt

04vase (1)

Gestalt berasal dari bahasa jerman yang berarti bentuk dan disini gestalt dimaksudkan pada kemampuan pikiran manusia untuk melihat bentuk menjadi satu kesatuan utuh. Saat pertama kali melihat sebuah desain kita akan melihat bentuk secara keseluruhan. Saat orang berkata bahwa desain tersebut bagus maka ini berarti dikarenakan gestalt pada desain telah berhasil. Ini merupakan komponen desain yang berpengaruh pada desain secara keseluruhan.

Dengan melakukan kontrol pada masing-masing elemen desain dan bagaimana masing-masing dari elemen tersebut berpengaruh maka hal inilah yang mempengaruhi persepsi kumulatif dari orang yang melihat. Sebuah perubahan kecil dalam sebuah elemen akan berpengaruh pada bagaimana elemen lainnya diartikan oleh orang yang melihat. Persepsi kumulatif ini adalah gelstat. Komponen desain yang satu ini tak boleh diabaikan dalam setiap proses desai

3. Space

my-problem-with-white-space

Whitespace atau negative space adalah space diantara elemen-elemen desain.  Hal ini sangat penting bahkan lebih penting dari space yang terisi. Namun sayangnya bagian ini seringkali merupakan komponen desain yang diabaikan dalam desain visual.

Tanpa adanya whitespace maka desain anda akan menjadi tak beraturan dan crowded. Jika ini diabaikan maka tidak ada flow antara satu elemen ke elemen lainnya. Seperti halnya musik yang membutuhkan waktu antara satu notasi ke notasi lainnya untuk membangun melodi dan nada maka begitupula dengan desain visual yang membutuhkan space untuk menghubungkan antar elemen desain. Komponen desain yang satu ini berperan sebagai perekat antar elemen.

4. Dominasi

Dominasi merupakan komponen desain penting untuk menarik minat viewer. Dengan menciptakan satu elemen untuk mendominasi elemen lainnya pada sebuah desain maka ini akan menciptakan focal point atau pusat perhatian untuk desain anda. Dominasi akan memberikan orang jalan untuk desain anda. Dominasi akan menarik perhatian orang akan desain anda dan menikmatinya lebih lama. Ini penting untuk menciptakan desain yang mampu mengangkat nama sebuah brand yang akhirnya akan berpengaruh pada bisnis anda.

5. Balance

shutterstock_123126724

Balance merupakan komponen desain yang membuat sebuah desain terlihat bagus tanpa harus berlebihan. Tanpa adanya balance maka desain anda akan terlihat too much walaupun sebetulnya bagus. Hal-hal seperti size, color, space dan density mampu menciptakan keseimbangan antara elemen desain yang satu dengan lainnya. Ada empat tipe balance pada desain yaitu simetris, asimetris, radial  dan mosaic. Desain yang memiliki keseimbangan akan lebih menarik perhatian orang ketimbang yang tidak.

6. Color

color-meaning-table

Ini merupakan  komponen desain terpenting. Penggunaan warna yang menarik dan eye catching pada sebuah desain akan membantu orang untuk melihat pesan yang ingin anda sampaikan lewat desain tersebut secara keseluruhan. Warna memberikan petunjuk dan mengaitkan antara elemen desain yang satu dengan yang lain.

Skema warna akan mempengaruhi desain anda dan menciptakan sebuah desain yang mampu menarik perhatian orang. Sebelum merancang sebuah desain sebaiknya anda merencanakan terlebih dahulu warna apa yang ingin anda aplikasikan karena jika tidak maka warna pada desain anda akan terkesan sebagai pemanis saja dan bukan menjadi inti dari desain tersebut.

6 komponen desain tersebut pada dasarnya akan membuat sebuah desain berhasil mencapai tujuannya yaitu menarik minat orang untuk melihat pesan yang ada dalam desain tersebut. Jika pesan tersebut sampai dan mampu diingat orang maka sebuah desain berhasil mencapai misinya dan mempengaruhi sebuah bisnis.

Ada kebutuhan desain bagi bisnis atau usaha Anda? Sribu siap membantu Anda. Dapatkan lebih dari 50 pilihan desain terbaik dari desain logo, website, brosur dan lainnya. Info lebih jauh, lihat disini.


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G

  • keren… thank share ilmu terapan desainnya…