work-kids

Memulai bisnis merupakan tantangan bagi semua orang, tetapi mungkin itu adalah hal paling menantang bagi para ibu yang harus bisa seimbang menjaga pertumbuhan anaknya sekaligus menjaga pertumbuhan bisnis. Meskipun berat, tetapi ibu yang berwirausaha dapat meningkatkan peluang usaha mereka untuk berhasil dengan mengikuti beberapa langkah sederhana berikut dari Julie Shifman, seorang motivator, pelatih, dan penulis”Act Three: Create the life you want after your first career and full-time motherhood,” (Greenleaf Book Group Press, 2012).

product-coming-soon

1. Menciptakan produk baru

Keadaan yang mendesak biasanya adalah keadaan yang paling efektif untuk memunculkan ide brilian, terutama ide-ide untuk menciptakan sesuatu dan kebanyakan dari ide-ide produk baru muncul dari pengamatan seseorang yang kebutuhannya belum terpenuhi. Untuk melihat peluang usaha apa yang bisa Anda lakukan, cobalah bertanya kepada diri sendiri, “Apa yang bisa saya lakukan untuk membuat hidup lebih baik?” sepanjang hari selama Anda menjalani keseharian Anda. Catat di ponsel ide yang Anda dapatkan agar tidak lupa. Mungkin Anda bisa melakukan review sebelum beranjak tidur malam nanti.

bigstock-Can-We-Help-You-1257339

2. Menawarkan sebuah layanan yang Anda harapkan

Banyak orang sibuk yang bersedia membayar orang lain untuk melakukan hal sepele, yang sebelumnya mereka lakukan sendiri. Biasanya seorang perempuan akan lebih mudah mendapat ide ini dan segera menjadikannya sebagai peluang usaha, “layanan apa yang mungkin Anda bisa tawarkan pada teman atau pun tetangga?”

thumb

3. Pertimbangkan bakat khusus yang mungkin Anda miliki

Semua dari kita sebenarnya punya hal unik yang kita kuasai. Ketika berpikir tentang bakat yang tidak membatasi pemikiran seperti “Saya seorang penyanyi yang hebat”. lepaskan imajinasi Anda dan berjuang untuk membuat bakat ini menjadi mungkin, mintalah teman untuk bertukar pikiran dengan Anda. Kemudian pikirkan bagaimana dapat menangkap peluang usaha dari bakat ini.

4. Pikirkan tentang masalah yang benar-benar Anda pedulikan

Mungkin Anda sering melihat pengalaman seseorang dari TV yang rela mengorbankan hidupnya untuk anak yang punya penyakit langka. Dari situ biasanya akan muncul bantuan dari orang lain dan Anda dapat menjual sesuatu untuk selanjutnya diberikan pada anak-anak berkebutuhan khusus itu.

Mcdonalds-KFC

5. Mengambil ide keren dari orang lain

Pernahkah Anda mendengar satu ide dan kagum, hanya karena Anda tidak memikirkan itu lebih dulu, bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya. Menyalin ide bisnis yang sukses adalah cara yang bagus untuk memulai usaha karena Anda tahu itu akan sukses. Selama pasar masih terbuka lebar bagi bisnis baru dan selama tidak melanggar hukum, maka tidak ada alasan Anda tidak dapat melakukan hal yang sama. Lihatlah KFC, McDonald, Burger King, semua bisa dibilang sama. Ide brilian untuk seseorang, bisa menjadi brilian untuk orang lain juga.

 

Jika Anda masih sibuk dengan urusan anak di rumah, bukan berarti Anda tidak bisa menghasilkan uang sendiri. Itu bukan lah hambatan! Ambil satu dari peluang usaha di atas. Kerjakan secara maksimal semampu Anda. Semua pasti akan ada hasilnya selama Anda tidak cepat menyerah dan berusaha dengan sungguh-sungguh.

 


Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.