Brosur merupakan salah satu alat marketing yang cukup ampuh untuk menarik minat konsumen. Karena desain dan marketing memiliki hubungan mutualisme yang sangat kuat. Brosur biasanya ditemukan ditempat-tempat seperti halnya lokasi wisata, pusat perbelanjaan dan juga perkantoran. Ada juga brosur yang biasa ditemukan di rumah sakit atau klinik kesehatan untuk memberikan informasi biasanya mengenai info kesehatan atau produk kesehatan. Brosur ditujukan untuk menarik perhatian konsumen dan membuat mereka mengingat isi yang terdapat didalamnya.

Namun tentunya hal yang paling berpengaruh pada kesuksesan sebuah brosur dalam menjangkau audience-nya adalah desain brosur itu sendiri. Anda perlu mencermati desain brosur ini karena jika tak menarik maka anda hanya akan membuang budget dan waktu. Berikut 5 tips agar desain brosur bisa menarik konsumen.

5 Tips Desain Brosur Yang Menarik Minat Konsumen

1. Desain brosur harus memuat informasi penting sebanyak mungkin

Desain brosur selain harus menarik namun juga harus memuat informasi penting sebanyak mungkin. Jika desain brosur anda sudah menarik namun tak memiliki informasi yang ingin anda bagikan pada konsumen maka tentu ini akan membuat rugi.  Saat konsumen tertarik untuk melihat brosur anda dan mereka membacanya maka pastikan bahwa desain brosur anda memuat informasi penting mengenai brand anda. Misalnya brand anda adalah sebuah resto fine dining maka desain brosur anda harus memuat informasi mengenai lokasi resto fine dining tersebut, menu yang ditawarkan, peta lokasi, foto-foto tempat dan juga informasi berharga lainnya.

2. Desain brosur anda harus sesuai dengan brand anda

Sebaiknya desain anda harus sesuai dengan brand anda. Desain brosur yang terlihat tumpang tindih dengan brand maka bukan hanya tak menarik namun juga mengaburkan tujuan dari strategi marketing lewat brosur itu sendiri. Misalnya saja brand anda adalah fashion wanita tentunya anda tak memilih desain ramai yang lebih cocok ditujukan untuk desain produk susu atau makanan anak-anak. Jika brand anda fashion wanita maka anda bisa memilih desain brosur dengan warna lembut seperti pastel, girly atau elegan.

3. Desain brosur anda sebaiknya tak memakai banyak font

Anda tak membutuhkan banyak font dalam mendesain sebuah brosur. Font yang terlalu beragam dan ramai akan membuat konsumen menjadi pusing. Anda bisa memilih dua font berbeda untuk misalnya heading dan body copy. Walaupun pada tujuan awalnya ragam font bisa menarik perhatian konsumen namun pada akhirnya hal ini akan menyulitkan konsumen dan mereka tak tertarik lagi untuk membaca informasi didalam desain brosur anda.

Legok Spora

4. Desain Brosur Sebaiknya Memuat Kalimat Jelas dan Simple

Ingat bahwa space dalam brosur terbatas dan anda sebaiknya tak memakai kalimat-kalimat panjang didalam brosur anda. kalimat-kalimat yang panjang dalam sebuah brosur akan membuat brosur anda terabaikan oleh konsumen walaupun sebetulnya desain brosur anda menarik.

Kalimat yang jelas dan simpel merupakan hal terbaik dalam sebuah desain brosur. Ingat bahwa brosur anda bukan sebuah diary. Perbanyaklah gambar atau foto menarik yang memperlihatkan keunggulan dari brand anda. sebaiknya anda menggunakan foto asli yang natural dengan resolusi yang bagus agar desain brosur terkesan profesional dan menarik.

5. Desain Brosur anda sebaiknya memberikan kesan pertama yang baik

Desain brosur anda sebaiknya memberikan kesan pertama yang baik dan tentunya sesuai dengan brand anda. jika desain brosur anda terlalu mewah padahal tidak begitu dengan brand anda maka kesan yang timbul adalah bahwa brand anda tak terjangkau untuk mereka. Sebaiknya sesuaikan kesan pertama dari desain brosur anda dengan brand atau produk yang anda jual.

Sebagai pemilik usaha tentu anda harus cermat dalam menentukan strategi marketing anda. Desain brosur yang menarik, eye catching dan profesional sudah jelas menguntungkan bagi perusahaan anda dan efektif untuk menarik konsumen. Pilihlah jasa desainer profesional dan handal sehingga anda tak membuang waktu dan budget percuma.

Ada kebutuhan desain terutama desain brosur? Penuhi kebutuhan desain Anda bersama Sribu.com sekarang. Dapatkan 100+ pilihan desain brosur terbaik dengan harga terjangkau.


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G

  • Tips nya okeeeh banget. Salam kenal. Kl mau cetak brosur, silakan mampir gan