facebook-for-android-1

Jejaring sosial yang diluncurkan tahun 2004 ini memiliki pengguna aktif satu miliar lebih. Kemudahan membuat akun dan tanpa biaya tentu membuat orang-orang tertarik untuk memiliki akun di Facebook. Dengan Facebook, Anda dapat berhubungan dengan orang di dunia. Hal ini menjadi peluang besar bagi para pemilik bisnis untuk memasarkan bisnisnya. Strategi pemasaran melalui Facebook dinilai masih cukup jitu dalam menarik konsumen.

Akan sangat disayangkan jika para pemilik bisnis UKM tidak memanfaatkan media sosial ini untuk media promosi. Karena selain murah, facebook dapat menjangkau pengunjung dari berbagai sudut dunia walaupun tidak kita kenal. Tetapi memanfaatkan facebook tidak semudah itu. Anda harus tahu berbagai trik rahasia yang tepat. Berikut 5 trik rahasia yang bisa Anda manfaatkan:

1.  Rahasia #1 : Mudah Diakses

Accessibility

Tambahkan tabulasi yang mendukung pelanggan seperti FAQ dan Q&A, tambahkan juga informasi praktis seperti bagaimana cara retur jika ada barang cacat. Pastikan juga nomor telepon dan alamat Anda mudah ditemukan. Cara mudah membuat tabulasi FAQ dan Q&A adalah menggunakan Notes default, atau tanpa menginstall aplikasi khusus. Ini akan membantu calon pelanggan berkomunikasi dengan Anda.

2.  Rahasia #2 : Merancang Perencanaan Cepat Tanggap

blog-could_it_be_quick_response

Jika ingin memanfaatkan media sosial, jadilah manusia sosial. Facebook memang dapat menjadi peruntuh tembok pemisah antara pemilik bisnis UKM dengan pelanggan, namun Anda juga harus dapat memanfaatkan hal itu dengan baik, jadilah dekat dengan konsumen dan berilah tanggapan yang cepat ketika konsumen menghubungi. Sekalipun konsumen menghubungi karena ingin menyampaikan keluhan, tanggapi semua pesan yang masuk di halaman Anda dengan baik dan memuaskan. Jangan pernah menunda untuk menanggapi pesan konsumen.

3.  Rahasia #3 : Jangan Mengirim Berlebihan

images (3)

Anda boleh saja mengirim informasi ke pelanggan, tapi jangan berlebihan. Percayalah, itu justru akan membuat pelanggan pergi. Terlalu banyak pesan di dinding pelanggan akan membuat dinding facebook mereka seperti penuh dengan spam. Anda bisa mengkombinasikan Twitter dan Facebook. Buatlah penjadwalan dan bedakan posting untuk dua media sosial tersebut. Tidak perlu setiap pesan yang masuk di Twitter harus masuk di Facebook. Tambahkan juga konten menarik seperti foto ataupun video.

4.  Rahasia #4 : Libatkan Fans

Facebook-Ranking-Power

Siapa fans terbaik Anda? Pilihlah satu setiap bulannya, atau lakukan hal semacam ini yang dapat melibatkan konsumen. Hargai konsumen yang setia dengan produk Anda dan berkontribusi banyak dalam meramaikan facebook Anda. Lihat siapa yang paling sering mengirim komentar, dan lihat betapa pengaruhnya komentar dari pelanggan.

Umumkan dengan “Fans of The Month”, sertakan video dan hadiah kecil untuk mereka yang berhasil mendapatkan penghargaan tersebut. Strategi pemasaran seperti ini mudah untuk dilakukan. Anda bisa saja membuat kuis atau membuat pertanyaan sederhana untuk pelanggan. Intinya, bangunlah keterlibatan konsumen dan buat mereka rutin mengunjungi facebook Anda. Keterlibatan konsumen membuat Anda dekat dengan mereka dan akan lebih mudah mengetahui keinginan konsumen ketika Anda dekat dengan mereka.

5. Rahasia #5 : Mengukur Kesuksesan

http://www.dreamstime.com/stock-photography-mood-meter-image27365022

Alat terbaik untuk mengukur nilai Facebook bisnis UKM adalah dengan alat dari Facebook sendiri, yaitu Insight. Alat ini memungkinkan Anda mengetahui jumlah kunjungan setiap posting, timbal balik tiap pengunjung (comments dan like), jumlah fans baru atau yang pergi, dan masih banyak lagi.

Dan jangan lupa untuk menggunakan alat analisis website Anda sendiri, seperti Adobe SiteCatalyst atau Google Analytic, untuk memantau traffic yang diarahkan ke website Anda melalui Facebook. Bagi kebanyakan bisnis kecil, seperti bisnis UKM, ukuran utama kesuksesan bukanlah membuat traffic ke website padat, atau membangun keterlibatan konsumen, tetapi tingkat penjualan. Untungnya saat ini sudah ada alat dari Facebook untuk mengukur penjualan, seperti Payvment, Shop Tab, dan Shop Visible.

Memanfaatkan media sosial dapat menjadi media pemasaran yang murah dan efisien. Strategi pemasaran menggunakan internet sangat cocok untuk bisnis UKM. Lima trik rahasia di atas tadi bisa Anda terapkan agar pemasaran melalui media Facebook lebih efektif. Segeralah mencoba dan jangan menunda kesuksesan.


Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.