How-to-run-an-online-business-on-the-internet

Akan sangat menyenangkan saat Anda dapat menghasilkan uang dari rumah sendiri. Dengan waktu yang lebih fleksibel, dan tenaga yang minimal. Cukup dengan koneksi internet, maka Anda dapat membayar property, memiliki mobil, membiayai kuliah anak-anak, atau bahkan waktu berlibur spesial yang Anda inginkan. Sebuah usaha sampingan yang tepat akan mudah untuk dimulai, membutuhkan waktu dan biaya yang sedikit, serta tidak membutuhkan keahlian khusus. Sediakan waktu beberapa jam saja dalam satu pekan, dan ini sudah banyak yang membuktikan bahwa memiliki peluang yang besar.

Bisnis Internet seperti ini mempunyai satu kriteria penting – harus cocok dengan Anda! Pengalaman membuktikan bahwa beda langkah untuk orang yang berbeda. Tidak ada istilah satu ukuran cocok untuk semua dalam bisnis yang sempurna. Anda akan lebih sukses ketika menemukan sesuatu yang menyenangkan dan menarik untuk Anda lakukan. Berikut adalah 5 cara terbaik mendapat uang tambahan dari usaha sampingan di Internet:

1. Memasarkan Informasi

Saat ini kita berada di era informasi, dan internet adalah media yang tepat untuk bertukar informasi dan untuk mendapatkan uang. Temukan berbagai informasi di internet, mulai dari cara memancing yang baik, membuat desain logo, bermain gitar,sukses membangun rumah tangga, berbagai resep kue, dan informasi lain yang berharga.

Pikirkan tentang karir, hobi, atau kesukaan Anda. Tuangkan semua ke dalam internet, dan bersiaplah menerima uang. Jangan berpikir bahwa Anda tidak ahli dan tidak pantas, asalkan tahu lebih banyak dan memiliki informasi lebih banyak dari rata-rata orang pada topik yang dibahas, maka informasi tersebut akan sangat berharga.

Namun jika benar-benar merasa tidak yakin dengan diri Anda sendiri dan tidak tahu apa yang bisa dijadikan topik, Anda dapat mencari informasi dari kolega yang memang mempunyai pengetahuan lebih, dan dapatkan uang dengan cara itu.

90% lebih orang memanfaatkan internet untuk mencari informasi dan pengalaman yang lebih banyak. Anda bisa menjadi salah satu dari mereka.

2.  eBay

Salah satu pasar online terbesar di duniayang memungkinkan Anda menjual apapun disana. Daftarkan diri dan hasilkan uang dalam beberapa jam.

Ada satu statement, “Sell your garbage in eBay”. Walaupun pernyataan tersebut terdengar tidak bagus, tetapi kenyataanya pendekatan dengan cara itu cukup berhasil. Banyak orang yang memulai transaksi barang di eBay dengan menjual barang bekas. Sebenarnya cara ini tidak dilarang, tetapi apa yang akan Anda jual setelah kehabisan barang? Agar tidak membuang-buang waktu dan energi, jual lah produk yang dapat dijual berulang-ulang, atau sudah pasti ada distributor.

Lihatlah para pedagang besar di eBay, bagaimana mereka membuat spesifikasi produk yang mereka jual agar memudahkan pengunjung mencari barang yang diinginkan. Hal ini memungkinkan mereka untuk terus menaikkan angka penjualannya. Buatlah sebuah daftar barang dan kumpulkan uang.

3.  Pemasaran Afiliasi

Mungkin ini cara termalas untuk menghasilkan uang, karena Anda tidak perlu memiliki produk, melakukan penjualan, atau bahkan berinteraksi dengan pelanggan. Pada dasarnya, cara kerja system ini adalah cukup dengan membuat link ke situs penjual, dan arahkan agar pengunjung website bisnis Anda tertarik meng”klik” link tersebut. Setelah itu dapatkan komisi dari website tersebut.

Sebagian orang memilih pihak afiliasi berdasarkan apa dan siapa yang membayar paling tinggi dan pastinya pilihan tersebut memang layak. Kebanyakan orang memilih barang yang memang mereka sendiri punya ketertarikan pada produk tersebut, sehingga akan lebih merasa memiliki dan menyenangkan. Tapi persaingan pada bisnis internet semacam ini cukup tinggi. Yang penting pilihlah afiliasi yang cocok dengan Anda.

4.  Membuat Blog

Bisnis internet yang satu ini cocok bagi orang-orang yang menikmati satu topik obrolan tertentu. Anggap saja blog adalah semacam jurnal pendek. Walaupun sifatnya blog pribadi, tetapi menulis sesuatu yang memang Anda kuasai mempunyai kesempatan besar untuk sukses secara finansial.

Sangat banyak topik yang bisa dibahas – olahraga, mobil, fotografi, music, makanan, desain, kesehatan, gaya hidup, gossip selebritas, dll. Blog adalah segala hal yang sesuai dengan apa yang Anda bisa bayangkan. Jangan khawatir dengan persaingan. Orang yang membaca satu blog akan cenderung membaca blog lain, asalkan Anda memang memiliki topic yang menarik untuk disajikan. Setelah Anda mulai mendapat pengunjung di blog, dapatkan uang dengan mendaftar Google Adsense (system bagi hasil melalui iklan Google) atau lakukan afiliasi seperti yang telah dibahas pada poin sebelumnya. Lihatlah blog-blog lain yang memiliki traffic padat, dan perhatikan iklan di page bagian atas, dan sebaran link dalam artikel di blog tersebut.

5. Yahoo! Store

yahoo_stores1

Hampir sama dengan eBay yang merupakan salah satu situs jual-beli online yang terbesar di dunia, hanya saja lebih mirip dengan toko dalam arti kata sebenarnya. Pikirkan Anda mempunyai sebuah toko retail tanpa perlu membayar uang sewa, gaji pegawai, tagihan listrik, dan berbagai biaya lain yang ada pada toko “tradisional”.

Anda bisa pasif atau aktif dalam mengelola toko online ini, karena perusahaan tersebut dapat melakukan sebagian besar pekerjaan Anda. Dan tidak perlu membayar sampai terjadi transaksi. Bagaimana, keren bukan?

Kebanyakan orang berpikir akan sulit mengelola dan mengatur barang di toko online. Itu sangat tidak benar jika Anda belum mencoba sendiri. Yahoo! Membuat template dan menyulap agar segalanya jadi mudah.

Satu hal yang tidak kalah penting dari memulai bisnis internet adalah lakukan penelitian dan temukan apa yang paling dibutuhkan oleh kebanyakan orang. Temukan peluang. Sekali lagi, mulailah dari hal yang paling Anda sukai. Misalkan saja Anda suka memancing,apa yang paling dibutuhkan dan paling dicari oleh para pemancing? Lalu tugas Anda adalah menemukan distributor yang tepat untuk produk tersebut, dan tempatkan di Yahoo! store. Akan lebih baik jika mencantumkan gambar dan sedikit deskripsi produk.

Dengan membaca 5 tips di atas, tentunya akan membantu Anda mendapatkan gambaran mengenai bisnis internet. Bagi Anda yang memang sudah cukup lelah dengan pekerjaan kantor, atau bagi yang sudah cukup lelah wawancara dengan para recruiter, tidak ada salahnya memulai usaha sampingan ini. Jika Anda sudah cukup mapan dengan bisnis internet, buatlah website untuk meningkatkan nilai jual bisnis Anda. Anda juga dapat memanfaatkan jasa pembuatan desain website agar pengunjung tertarik untuk berlama-lama web itu, bahakan menjadi promoter gratis. Dan nikmati hasil yang akan Anda dapatkan. Tapi sebelum memulai bisnis internet, Anda harus paham siapa target pasar yang tepat.


Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.