buying-a-business

Menjadi pebisnis adalah impian setiap orang, terutama bagi orang-orang yang senang dengan tantangan dan tertarik pada unlimited income yang sangat menjanjikan. Tetapi, apakah setiap orang tahu bahwa ada beberapa bisnis  modal kecil yang dapat diandalkan dan bisa menjadi langkah awal yang indah untuk memulai  keberanian memasuki dunia usaha?

Memulai  bisnis dengan modal kecil adalah hal yang sangat mungkin, terutama jika Anda mengetahui langkah-langkah yang tepat untuk memulai bisnis tersebut. Dengan modal seadanya dan memanfaatkan apa yang bisa Anda kerjakan, bukan tidak mungkin bisnis modal kecil tersebut tetap bisa menjadi prioritas dan primadona! Untuk mengetahui kiat-kiat memulai bisnis dengan modal kecil dapat Anda mulai dari sini :

1. Mulailah dari tempat yang paling terjangkau

Seperti yang Anda ketahui, Bill Gates memulai usahanya dari garasi rumah. Anda pun bisa memulai usaha dari tempat yang sangat terjangkau dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk menyewanya. Anda pasti setuju bahwa “bisnis bisa dimulai dimana saja dan kapan saja”. Sekarang Anda bahkan bisa mulai membuka laptop dari ruang tamu dan mulai memasarkan usaha Anda tanpa harus keluar rumah dan tanpa harus keluar biaya untuk menyewa lahan atau tempat usaha.

2.Cobalah pembayaran di muka

Mungkin terkesan aneh dan menimbulkan pertanyaan di benak Anda, “Mungkinkah memulai usaha dan mendapatkan pembayaran dimuka?”, jawabannya sangat mungkin! Jika Anda mendalami usaha yang memiliki permintaan sangat tinggi -terutama pada moment-moment atau event-event tertentu- Anda bisa memakai ketentuan tersebut untuk memulai bisnis modal kecil. Teman saya membuka usaha kue coklat untuk keperluan lebaran, ketika ada klien yang ingin memesan produknya  maka dia mengenakan biaya 50% pembayaran di muka.  Dengan begitu dia sudah mengurangi biaya ongkos produksi sebanyak 50% karena sudah di tanggung oleh calon customernya. Dampak positif lain dari adanya pembayaran dimuka adalah customer atau klien memiliki kesungguhan dan kemungkinan kecil untuk membatalkan pesanan yang dipercayakan pada Anda.

3. Mengadakan barter

Kita pasti tahu bahwa barter adalah nama lain dari alat pembayaran dimasa lalu. Dengan adanya sistem barter kita juga dapat mengurangai ongkos produksi dan menjalin kerjasama yang saling menguntungkan. Carilah kerjasama dimana calon costumer membutuhkan jasa Anda dan Anda pun membutuhkan kerjasama dengannya. Jika Anda seorang yang memiliki usaha percetakan dan desain brosur, maka Anda bisa meminta kesediaan klien anda untuk memasukkan usaha Anda dalam brosur tersebut, dengan sedikit kompensasi pemotongan harga. Dengan begitu Anda sudah mengurangi sedikit pengeluaran untuk biaya promosi dan mulai menerapkan langkah bisnis modal kecil Anda.

preco-pao-frances

4. Berkomitmen Untuk  Selalu Menekan Pengeluaran

Memulai bisnis modal kecil berati kita harus sangat bijak dengan semua pengeluaran yang menyangkut usaha. Jika Anda baru memulai usaha anda dan belum memiliki kepastian dari pemasukan usaha Anda, mungkin Anda dapat  menggunakan tenaga pekerja yang bisa dipekerjakan secara lepas atau freelance worker. Di sini Anda bisa menerapkan sistem gaji yang disesuaikan dengan hasil kerja mereka, dan Anda belum terbebani dengan gaji tetap yang besarannya mungkin dapat memberi beban bagi usaha anda jika usaha Anda masih dalam taraf merintis. Tetapi perlu diingat, bahwa memberlakukan sistem diatas maupun dengan sistem  outsourcing tidak dapat dilakukan perusahaan secara terus menerus, karena juga akan berdampak pada loyalitas pegawai terhadap usaha yang Anda jalankan dan produktifitas kerja Anda dan karyawan.

5.Promosi tepat melalui bidang non-profit

Cobalah untuk mencari bidang promosi yang efisien.  Kita tahu bahwa promosi memiliki peranan yang sangat penting untuk memperbesar usaha kita di kemudian hari. Biaya yang dikeluarkan sebuah perusahaan untuk berpromosi kadang menyita pengeluaran yang cukup banyak dari perusahaan tersebut. Tetapi kadang maksud dan tujuan dari promosi tersebut kurang dapat diharapkan terutama jika kita memiliki kompetitor handal di bidang yang sama. Perlu Anda ketahui, untuk membangun kepercayaan terhadap brand atau merek yang kita kelola,  masyarakat kadang perlu untuk mendapat pengalaman secara pribadi dari produk tersebut. Taruhlah Anda memiliki produk shampoo atau pembersih pakaian skala rumahan, maka untuk  berpromosi Anda bisa mengadakan acara untuk mencuci rambut secara gratis atau memberikan sampel sabun secara cuma-cuma sehingga anda dapat menerima tanggapan dan memberi pengalaman secara langsung kepada calon customer Anda untuk mengenal produk Anda. Dengan begitu Anda juga sudah menerapkan langkah bisnis modal kecil dengan melakukan promosi yang tepat.

Dengan menggunakan beberapa langkah untuk memulai bisnis modal kecil, Anda nantinya juga akan terbiasa untuk bersikap bijak dan cermat mengelola keuangan perusahaan Anda. Selamat mencoba!

 


Tri Ani

Writer di sribu.com, private teacher, pelaku bisnis di bidang konveksi. Sangat menyukai buku dan kopi. Tertarik pada semua hal yang berhubungan dengan tantangan.