Lebaran identik dengan ucapan saling bermaafan. Di bulan inilah seluruh umat muslim di dunia sudah seharusnya saling memaafkan satu dengan yang lainnya. Dengan saling memaafkan, maka leburlah dosa-dosa satu tahun yang lalu. Lebaran ditandai dengan terkumandangnya takbir, yang artinya telah usai sudah puasa kita satu bulan lamanya. Bulan inilah kemenangan bagi seluruh umat muslin di dunia.

1

Dari tahun ke tahun, wallpaper ramadhan telah banyak berkembang. Biasanya ini juga digunakan untuk membuat kartu lebaran. Ucapan maaf lahir batin telah banyak berkembang melalui media-media yang telah tersedia. Dari mulai kartu ucapan sampa pada mengirim SMS atau BBM. Mungkin itu akan lebih praktis. Tetapi, dengan kartu lebaran, maka akan terasa lebih dalam. Nah, pernahkan Anda membuat kartu lebaran sendiri? Atau Anda sedang dalam tahap pencarian inspirasi? Disinilah Anda akan menemukan kreatifitas membuat kartu lebaran!

2

Disini Saya akan menuliskan tentang pembuatan kartu lebaran dengan memanfaatkan kartu bekas lebaran tahun lalu. Dengan sedikit sentuhan huruf emas, maka itu akan menjadi lebih indah dan elegan. Potonglah bagian yang bagus, dan coba tempelkan pada kertas putih polos. Anda bisa menambahkan sedikit manik-manik bernuansa hijau dan emas. Gunakan kreatifitas Anda secara autodidak untuk menghias kartu lebaran Anda.

3

Ambil selembar kertas perak foil lalu Anda bisa mengernyitkan itu dan dengan hati-hati membuka secara datar lagi. Berikan tinta biru  yang lebih dari lipatan ini untuk menyorot tepian bintang itu. Setelah ini, biarkan kering, lalu potong persegi panjang agar sesuai bagian depan kartu Anda dan robeklah bagian tepinya! Lalu tempelkan pada selembar kertas lagi dan tambahkan manik-manik di tengah bintang itu dengan cara memberikan lem pada manik-manik tersebut.

4

Anda harus menggunakan semacam anting atau kalung untuk Anda jadikan aksesoris kartu Anda. Potong bagian pink yang bermotif etnik dan juga Anda bisa menambahkan ucapan pada kartu Anda, ambil beberapa lembar pita untuk dipasangkan di kartu lebaran Anda. Ini sangat simpel, tetapi terasa lebih memiliki simbol seni yang tinggi.

5

Dalam gambar ini, mungkin hanya contoh kecil dari kreatifitas kartu lebaran. Olahan kreatifitas selebihnya ada di tangan Anda. Mungkin ini bisa menjadi menjadi bisnis tanpa modal bagi Anda. Ambil beberapa motif dari kertas lain yang Anda sukai, padukan dengan motif lain. Anda bisa memilih bentuk sesuai dengan apa yang menjadi keinginan Anda. Dengan bantuan jarum, Anda bisa sedikit menjahit manik-manik ke dalam kartu Anda.

6

Disini, kreatifitas menggambar Anda sedang diuji! Anda bisa mengambil keputusan untuk menggunakan gambar 3 Dimensi untuk membuat kartu lebaran ini. Buatlah dahulu gambar hitam putih diatas kertas polos. Atau mungkin Anda bisa menggunakan kartu ucapan lama Anda. Anda bisa menambahkan kreatifitas yang unik dengan menggambarkan tangan diatasnya. Cobalah dengan melihat contoh diatas. Maka, kartu ini akan menjadi lain daripada yang lain!

Kartu lebaran bisa menjadi bisnis sampingan bagi Anda. Walau bersifat tahunan, ini akan menjadi bisnis yang akan cepat berkembang. Namun Anda harus tetap memperhatikan persiapan untuk memulai bisnis sampingan Anda ya.. Dengan mengolah kreatifitas, Anda bisa melakukan segala hal dengan kemampuan Anda. Selamat mencoba.


Riska

Ibu rumah tangga yang hobi menulis, terutama prosa. Telah lama berkecimpung di dunia teater dan aktif menulis hingga sekarang. Karya masih tersimpan rapi di file komputer pribadi dan rencana akan di publish beberapa waktu kemudian. Gemar musikalisasi puisi dan juga memasak. Hot coklat swiss, empal gepuk dan makanan khas Sulawesi yang jadi andalanku.