Web design seperti halnya seni desain lain, yaitu sering berubah. Sehingga para web designer perlu memperbarui tren terbaru untuk dapat merancang website kreatif. Beberapa tahun terakhir ini, para web designer mencoba menampilkan konten mereka dengan cara yang interaktif. Fokus mereka saat merancang sebuah website, lebih tentang menarik pengguna dan membuat mereka terikat secara emosianal.

Web-Design

Untuk memahami dan menggunakan konsep-konsep ini, kita dapat melihat beberapa ide desain paling umum yang harus diperhatikan di masa mendatang. Ini menyoroti beberapa tips penting dengan contoh-contoh yang dapat digunakan untuk web design. Banyak web designer berbakat yang sudah sadar tentang tips ini, namun, mereka cenderung kurang memperhatikannya.

 

1. Penggunaan Grafis harus Menarik

Ada banyak situs yang berdiri terpisah dari yang lain. Seorang web designer dapat menggunakan tata letak dan konsep kreatif untuk menarik pengguna. Hal ini membantu untuk menangkap perhatian pengguna sejak awal. Namun, apakah itu sudah efisien untuk menyampaikan pesan yang dimaksud? Dalam hal ini, situs interaktivitas dapat membantu untuk melibatkan pengguna pada halaman. Pengguna tinggal pada halaman ketika kita memberikan mereka beberapa tindakan yang harus dilakukan untuk menjelajahi situs dan menyediakan konten berbasis teks sederhana. Menggunakan interaktivitas pada sebuah situs web membantu untuk menangkap perhatian awal pengguna.

Sebagai contoh, sebuah situs produk dapat mencakup kutipan dari pelanggan. Ini keuntungan dari pengguna. Sebuah cara yang umum untuk menampilkan testimonial pelanggan adalah melalui penggunaan tanda kutip dengan nama dan sebutan pelanggan. Meskipun produk memiliki banyak testimonial dari pelanggan secara baik, ini tidak bisa menjamin untuk menangkap perhatian pengguna. Sebaliknya, interaktivitas yang menampilkan kutipan dan foto-foto pelanggan, pasti merupakan ide yang menarik perhatian. Ini tidak hanya akan menampilkan konten secara menarik melalui penggunaan kreatif flash interaktivitas, tetapi juga memberikan sentuhan personal kepada pelanggan yang sudah ada.

wranggg

Contoh besar lainnya : cobalah untuk menjelajahi situs Wrangler. Kita semua tahu tentang popularitas brand Wrangler. Website ini menampilkan produk dengan cara yang sangat unik. Ini melibatkan pengguna untuk melakukan tindakan seperti tarik kemeja untuk melihat desain kaos, dan untuk menelusuri website lebih lanjut. Visual kemudian terungkap dalam cara yang sangat menarik.

Sebuah website bahkan dapat meningkatkan tampilan dalam cara yang unik untuk terhubung dengan pengguna.

Website ini telah membuat kombinasi kreatif interaktivitas dan animasi untuk menyajikan informasi tentang perusahaan.

 

2. Meningkatkan Elemen Umum

Website kreatif memiliki penekanan besar pada warna dan tata letak. Ini berarti bahwa ada beberapa elemen yang mungkin tidak mendapatkan banyak perhatian, seperti peta situs yang tidak selalu disajikan dengan cara yang kreatif.

Kita dapat mengambil contoh lain yang akan menyoroti mengapa kita perlu untuk meningkatkan elemen halus pada sebuah situs web. Sebuah peta situs normal yang terlihat pada sebagian besar situs berisi rincian dalam teks dan format link.

Apakah kamu tahu JKRowling dan Harry Potter-nya yang terkenal? Apakah kamu pernah mengeksplorasi situsnya? Situsnya juga kreatif seperti buku Harry Potter. Lihat screen shot dari website-nya di bawah ini.

2

Website ini berisi layout visual menarik seperti yang terlihat dalam contoh. Elemen yang tersebar adalah kunci untuk peta situs. Ada banyak penggunaan fitur interaktif yang berisi rincian tentang situs tersebut.

Tab seperti Biography, Wizard of the Month, Tales of the Beedle and the Bard dan bahkan tab kontak yang digunakan sangat kreatif dalam tata letak ini.

Dalam website ini, seseorang dapat menyaksikan penggunaan kreatif display produk. Fitur produk yang ditampilkan dalam cara yang unik dan bentuk-bentuk khas tata letak.

Bagian tengah dapat dipindahkan sekitar dengan kursor yang mengubah penempatan cahaya untuk menampilkan berbagai fitur produk.

3. Menginduksi Tindakan dari Pengguna

Tujuan akhir dari situs yang dibuat oleh para web designer adalah untuk membuat pengguna melakukan tindakan yang diinginkan pada halaman. Tindakan ini bisa mendaftar untuk percobaan gratis atau menanyakan tentang layanan.

Jika kamu memiliki situs web yang berkembang pada pendapatan iklan, maka sangat mungkin bahwa halaman akan memiliki banyak iklan. Dalam kasus tersebut sebagian besar iklan gagal untuk menangkap perhatian pengguna dalam kerumunan iklan. Ini menjadi blind spot untuk sebagian besar pengguna. Ini adalah ketika situs interaktivitas dapat digunakan untuk menangkap perhatian pengguna.

Kamu mungkin berpikir bagaimana bisa interaktivitas membantu dalam iklan? Yah, kita harus berpikir kreatif! Dan tidak ada yang mustahil di dunia kreativitas! ­čÖé

Alih-alih memiliki banner polos, pengguna dapat tertarik untuk melihatnya dengan memiliki banner yang dirancang sebagai pelepas interaktivitas. Ini berarti, pengguna perlu untuk melepas layer pertama guna mengungkapkan pesan di bawahnya. Hal ini dapat sangat efektif terutama untuk kampanye iklan.

Bayangkan layer pertama mengatakan ” Jangan melihat ke bawah! Ini akan sulit bagi Anda untuk menolak tawaran itu! ” Apakah kamu pikir pengguna akan memiliki dorongan untuk melihat apa yang di bawah? Jelas! Itu akan membuat mereka merasa penasaran untuk melihat isi dari layer berikutnya. Bagi para web designer, hal ini tentu bisa dicoba.

 

4. Melibatkan Pengguna, sembari Mereka Melakukan Tindakan

Ada banyak situs yang menyediakan berbagai layanan untuk berbagai jenis pengguna. Sebagai contoh, jika kamu pergi ke situs belanja, ada segala macam hal yang dijual di situs tersebut. Desain website untuk topik tersebut tidak mengarahkan pengguna untuk mencadangkan barang yang mereka cari.

Seorang pengguna mungkin tidak memiliki waktu atau kesabaran untuk melihat melalui berbagai kategori dan mengetahui informasi yang diperlukan. Dan para web designer harus memikirkan hal tersebut.

Sebagai contoh, sebuah situs fotografi dapat memiliki tab seperti fotografi alam, kamera yang berguna untuk fotografi alam, fotografi satwa liar, dll. Jika elemen ini disajikan bersama-sama, dapat membuat pengguna mengunjungi semua tab dalam mencari informasi.

Sehingga seorang pengguna akan bergerak sementara, mengacu pada tab ini dan cukup termotivasi untuk melakukan suatu tindakan.

Mari kita lihat sebuah website yang telah menggunakan interaksi untuk menampilkan koleksi musim panas dan gugur terbaiknya. Koleksi ditampilkan melalui desain daun yang melingkar pada tanaman.

Tidak inginkah kamu melihat beberapa koleksi lengkap dengan mengklik beberapa daun yang melingkar? Mungkin kamu akan merasa penasaran. Ini adalah cara yang unik untuk melibatkan pengguna dan mendorong mereka agar menelusuri koleksi terbaru mereka! Bukankah begitu?

Website ini dirancang dengan kreatif untuk membawa minat para pengguna agar mengeksplorasi lebih jauh. Di sini, rasa produk F & N dapat dilihat dengan mengkliknya. Ketika kamu mengklik kaleng, rasa yang berbeda akan segera terungkap. Hal ini ternyata menjadi faktor menarik bagi pengguna untuk mendapatkan informasi produk.

5. Menambahkan Interaktivitas untuk Website

Setelah membaca poin di atas, kamu pasti akan setuju bahwa interaktivitas adalah cara untuk mencapai tujuan pada desain website.

Menciptakan interaksi tersebut akan menghabiskan banyak waktu. Namun, saat ini mungkin akan jauh lebih mudah. Beberapa perangkat lunak yang baik seperti Raptivity Web Expert memungkinkan penciptaan interaktivitas menggunakan kustomisasi berbasis wizard sederhana. Ini benar-benar akan menghemat waktu dalam pemrograman!

 

Seorang web designer memang terpacu untuk menjadi kreatif pada setiap pekerjaannya dalam menciptakan elemen penting website bisnis. Agar pekerjaan yang mereka ciptakan dapat terwujud dengan baik. Untuk mengasah kemampuan desain, kamu diwajibkan agar selalu memiliki pekerjaan desain. Daftar dirimu sebagai freelancer di Sribulancer yuk!


Riska

Ibu rumah tangga yang hobi menulis, terutama prosa. Telah lama berkecimpung di dunia teater dan aktif menulis hingga sekarang. Karya masih tersimpan rapi di file komputer pribadi dan rencana akan di publish beberapa waktu kemudian. Gemar musikalisasi puisi dan juga memasak. Hot coklat swiss, empal gepuk dan makanan khas Sulawesi yang jadi andalanku.