iStock_000014314309Medium-1024x657

Social media ibarat jalan dua arah. Social media memungkinkan perusahaan meningkatkan visibilitas dan kesadaran publik, memperkenalkan profil perusahaan, promosi produk atau jasa dan juga membangun hubungan dengan pelanggan. Pada saat yang sama, pelanggan juga menggunakan social media untuk mengekspresikan diri mereka dan memberi pendapat tentang suatu produk atau jasa dari merek tertentu. Ini merupakan kesempatan bagi perusahaan untuk menerima umpan balik secara cepat dan juga membantu bisnis Anda untuk mendapatkan audience mellui media online. Tapi, ada artikel ini, Sribu akan membahas keuntungan lain dari social media, yakni inspirasi bagi para pengusaha untuk menemukan ide bisnis yang baik untuk dijalankan. Inilah 5 cara menemukan ide bisnis tersebut!

1.   Trending Topic

Trending topic ini digunakan untuk memberikan informasi mengenai berbagai kejadian dan berita yang sedang dibahas melalui media sosial. Dalam media sosial seperti Facebook dan Twitter, trending topic akan disajikan dengan menggunakan hashtags.

Dengan mengamati hashtags, Anda mungkin akan menemukan berbagai komplain yang muncul. Anda bisa mendapatkan berbagai informasi yang mendetail melalui hashtags tersebut dan menjadikannya sebagai bahan pertimbangan Anda untuk mencari berbagai solusi dan menawarkannya kepada calon pelanggan Anda. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan ide bisnis baru.

2.  Halaman Populer

Pada media sosial yang dominan menggunakan gambar sebagai kontennya, Pinterest dan Instagram memberikan informasi kepada pengguna berbagai gambar yang menarik perhatian melalui halaman populernya. Pengguna media sosial tersebut akan menjelajahi halaman popular dan topik yang menarik sehingga mereka akan mendapatkan wawasan dan pengetahuan seputar hal yang tengah diminati saat ini.

Anda juga bisa menggunakan media sosial seperti Pinterest dan Instagram untuk mendapatkan ide-ide bisnis yang dapat langsung menjangkau pelanggan potensial. Kemudian, Anda juga langsung dapat merefleksikan apa yang konsumen butuhkan sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Coba pikirkan hal-hal seperti, apa yang dapat saya tawarkan sehingga bisa memberikan solusi untuk mereka? Apa yang bisa membuat mereka tertarik untuk menggunakan solusi yang saya tawarkan?

3.  Situs dengan Platform Pendanaan

Saat ini ada banyak sekali situs untuk memberikan dana kepada orang mau pun kelompok yang memiliki ide bisnis seperti Kickstarter dan Indiegogo. Situs-situs tersebut merupakan sumber informasi yang sangat baik untuk menemukan tren, produk dan layanan baru yang diminati oleh masyarakat. Berbagai UKM dan startups mengunjungi situs-situs seperti ini untuk mendapatkan peluang pendanaan dari pemodal usaha, investor, dan masyarakat umum.

Dengan memperhatikan ide bisnis mana yang menerima pendanaan, Anda bisa mendapatkan wawasan tentang apa yang masyarakat cari, apa yang membuat mereka tertarik dan apa yang membuat mereka bersedia ikut mendanai ide bisnis tersebut.

Social media buttons

4.  Acara TV dan layar kedua

Saat ini kita sepenuhnya tenggelam dalam era digital sehingga hidup kita dikelilingi oleh benda-benda digital seperti komputer, laptop, atau perangkat mobile. Biasanya, benda-benda tersebut digunakan untuk berinteraksi dan mencari informasi melalui berbagai media online.

Namun, ada juga berbagai acara TV yang menampilkan kompetisi bisnis untuk mendapatkan investor. Nantinya para peserta akan membuat rencana bisnis yang dapat menarik para investor. Biasanya, pada saat acara seperti ini mengudara, peserta harus  membuka Twitter dan Facebook lalu membaca berbagai timbal balik. Apakah ide bisnis baru ini akan berhasil? Apakah orang-orang benar-benar akan menggunakan produk yang ditawarkan? Jika tidak, apa yang akan membuatnya lebih menarik? Pemgembangan apa lagi yang bisa dibuat untuk ide bisnis ini?

Pelajari apa yang efektif dan apa yang tidak efektif dalam pengembangan ide bisnisnya. Melalui tayangan tersebut juga, Anda memiliki kesempatan untuk mendengarkan dan melihat berbagai timbal balik dari investor.

5.  Halaman yang tren

Pada beberapa paragraf sebelumnya, kita telah membahas trending topic yang muncul pada media sosial. Namun, kali ini Anda harus menjelajahi seluruh halaman dari trending topic tersebut. StumbleUpon dan Flipboard mempunyai sejumlah besar informasi seputar trending topic dari berbagai industri yang dikategorikan dalam halaman tren untuk Anda. Jelajahi halaman Anda untuk topik yang sedang populer dan bacalah komentarnya. Anda akan enemukan banyak ide di sana.

Setelah membaca 5 hal di atas, masihkan Anda merasa sulit dalam mencari ide bisnis? Semoga tidak, ya!


Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.