technology-changed-business-1

Memasuki dunia bisnis menuntut kita untuk selalu berada dibawah tekanan, terkepung dengan banyak aktifitas penting, perencanaan yang matang dan pengambilan keputusan yang sulit. Namun hal ini dapat anda lakukan dengan baik jika anda mengetahui  hal-hal positif  dan bersifat produktif  seperti yang biasa dilakukan oleh para pebisnis hebat lainnya.

1. Membangun Rutinitas

Bagaimana anda bisa menjadi seorang pengusaha sukses jika anda tidak memiliki rutinitas  yang baik. Membangun sebuah rutinitas yang baik sama hal nya dengan membangun kedispilinan yang menjadi kunci sukses dalam berusaha.Pastikan anda mampu memanage waktu anda dengan baik dan efisien.

Jika anda adalah tipe orang yang tidak bisa bangun terlalu pagi untuk memulai sebuah aktivitas maka jangan mengandalkan waktu produktif anda di pagi hari. Jika anda tidak bisa mengerjakan kegiatan tertentu di hari selasa, maka jadwalkan lah di lain hari. Membangun rutinitas harus menyesuaikan dengan gaya hidup dan kebiasaan yang anda jalani. Semua pengusaha sukses memiliki rutinitas dan kedisiplinan yang baik untuk mengerjakan usahanya. Anda bisa mengatur skala kesibukan harian anda dengan prioritas yang harus di jalani setiap harinya.

2. Berolahraga

Mungkin terlihat simpel dan terkesan tidak memiliki hubungan secara langsung dengan dunia usaha, tapi tahukah anda bahwa banyak  para Chief Executive Officer(CEO)  perusahaan besar semacam Pepsi,Xerox,Apple memulai hari mereka dengan berolahraga. Mereka membiarkan adrenalin mereka sedikit terpacu untuk memberi semangat positif sebelum mereka memulai usaha mereka di pagi hari.

Dengan berolahraga, jiwa dan tubuh kita akan menjadi sehat. Hal ini nantinya akan mendukung produktifitas kinerja kita. Jika anda adalah orang yang kurang suka dengan latihan fisik yang menguras tenaga. Anda bisa melakukan  yoga untuk tetap  membangun semangat positif dalam jiwa anda. Dengan tubuh dan jiwa yang sehat, anda juga akan siap jadi pebisnis yang hebat.

3.Mengevaluasi  Kemajuan  Anda

Sebagai Pengusaha, pasti anda memiliki kesibukan yang padat. Kadang anda  hanya terfokus pada apa yang akan  anda kerjakan dan lupa untuk membuat evaluasi terhadap kemajuan yang telah anda buat. Padahal sebuah evaluasi sangat diperlukan untuk menentukan langkah apa yang harus diambil sebagai the next level untuk kemajuan bisnis anda. Dengan adanya evaluasi kerja  juga membuat anda tidak kehilangan poin-poin penting yang harus anda benahi di kemudian hari.

Misalnya menyempatkan untuk mengecek pengeluaran selama 30 hari. Untuk mengetahui arus keluar masuknya keuangan usaha anda. Setelah itu anda dapat menempatkan proyeksi  keuangan anda untuk 30 hari kedepan sesuai dengan kebiasaan  keuangan dan hasil evaluasi yang telah anda lakukan.

4 Menghabiskan Waktu yang Berkualitas  Dengan Orang-Orang Terdekat.

Menjadi seorang pebisnis dan pengusaha sukses bukan berarti anda hanya larut dengan kesibukan dan pekerjaan anda saja. Anda tetap harus memiliki waktu yang berkualitas untuk orang-orang terdekat anda. Sangat penting untuk memperhatikan keseimbangan antara keluarga dan pekerjaan. Karena obyektifitas  dan semangat dalam bekerja diperoleh dari keluarga, karena keluargalah yang  menjadi alasan bagi kita untuk bekerja keras.

Dengan menghabiskan banyak waktu dengan orang-orang terdekat, kita akan mempertahankan diri kita supaya tetap memiiki pikiran yang jernih, kita  juga akan mendapat energi tambahan untuk melakukan aktifitas  yang mungkin akan penuh tekanan  dalam dunia bisnis.

5.Persiapkan Malam Ini Untuk Rencana Esok Hari

Dulu ketika kita kecil, orang tua kita membiasakan kita untuk mempersiapkan  apa yang harus kita bawa ke sekolah esok harinya. Dalam dunia bisnis , anda juga harus terbiasa untuk membuat rencana untuk hari berikutnya. Akan lebih baik jika kita memiliki perencanaan kerja secara konkrit  untuk esok hari, untuk mematangkan ide yang ada dalam kepala kita. Membuat rencana kerja juga berati memberi arah pada pekerjaan kita secara jelas. Biasakan  untuk mendapatkan ide dan mensetting tujuan yang ingin anda peroleh pada hari berikutnya, sebelum anda berangkat tidur di malam hari. Hal ini nantinya bisa menjadi semacam business plan untuk usaha anda dan menjadikan usaha  anda semakin terarah.

5 hal produktif yang telah kita bahas diatas adalah sebagian hal positif yang biasa dilakukan para pimpinan perusahaan maupun pengusaha sukses dunia. Kita pun juga bisa mengadaptasinya untuk dijadikan sebagai  rutinitas untuk membangun semangat kerja sebagai pebisnis handal.

 

 


Tri Ani

Writer di sribu.com, private teacher, pelaku bisnis di bidang konveksi. Sangat menyukai buku dan kopi. Tertarik pada semua hal yang berhubungan dengan tantangan.