5 Faktor Desain Website Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan

Sebuah bisnis terutama jika bisnis anda merupakan sebuah usaha kecil menengah amatlah membutuhkan bantuan internet serta media sosial untuk bisa meraih dan menjaga loyalitas pelanggan. Jika anda belum memanfaatkan internet secara penuh untuk bisnis anda maka inilah saat yang tepat dan jangan menundanya lagi.

Kebanyakan para pebisnis skala kecil tak terlalu memperhatikan pentingnya kehadiran bisnis mereka secara online. Bahkan banyak bisnis besar, menengah dan kecil yang tak memiliki website profesional. Seringkali banyak juga bisnis yang membiarkan website mereka tanpa sentuhan desainer profesional dan dibiarkan tanpa update rutin.

Padahal jika anda memperhatikan betapa banyak perusahaan atau bisnis yang menghabiskan banyak uang untuk beriklan di media konvensional namun gagal untuk meraih pelanggan. Hal itu tentu beda halnya dengan “keberadaan bisnis anda” di dunia online. Dengan berinvestasi di website berkualitas, strategi digital yang baik dan pemanfaatan media sosial dengan tepat maka akan berpotensi untuk meraih customer dalam jangka panjang.

Salah satu strategi dan langkah dasar untuk memperluas target market adalah dimulai dari sebuah website. Semakin banyak customer yang melihat keberadaan bisnis anda internet maka itu artinya anda memiliki potensi untuk meraih pelanggan.

Banyak orang yang sering mengesampingkan arti pentingnya sebuah website padahal jika anda ingin meraih kesuksesan untuk bisnis atau usaha anda maka dibutuhkan sebuah website yang profesional.

Desain website yang profesional dan berkualitas baik menunjukkan bahwa website anda tak hanya menarik namun juga mampu untuk menarik pelanggan loyal. Desainer website yang kurang berpengalaman tidak akan mempertimbangkan aspek-aspek yang baik dari sebuah desain website dengan bertujuan untuk menarik minat pelanggan.  Berikut lima faktor mengapa sebuah website bisa mempengaruhi loyalitas pelanggan atau customer loyalty.

blue

1. Website yang Mempermudah customer untuk menyampaikan complain

Sebuah website yang baik akan mempermudah customernya untuk menyampaikan complainnya. Tak mungkin sebuah bisnis atau usaha akan luput dari complain dan hal itu merupakan hal yang wajar. Namun sayangnya banyak perusahaan atau bisnis yang  menyediakan fasilitas ini.

Website anda adalah bisnis anda dan ini merupakan tempat bagi customer anda untuk menyampaikan apa yang menurut mereka masih kurang dari service atau produk anda. Dengan menyediakan website yang mudah diakses serta sebuah tempat untuk menumpahkan kritik mereka maka ini berarti anda memperhatikan customer anda. Hal ini akan membuat bisnis atau perusahaan anda diingat customer sebagai bisnis yang memperhatikan kebutuhan customernya. Tentu saja hal ini akan meningkatkan loyalitas pelanggan atau customer loyalty.

2. Website Yang Memberikan Customernya Kemudahan

Sebuah desain website yang baik akan memudahkan customernya dan hal ini secara langsung akan meningkatkan customer loyalty. Pernahkan anda berkunjung ke sebuah website dimana anda merasa tersesat didalamnya? Tentu sebagian besar dari anda pernah mengalaminya.

Anda berada di sebuah website dan berusaha untuk mencari informasi atau memenuhi kebutuhan anda akan sebuah produk atau service namun yang anda dapatkan adalah sebuah kerumitan. Hal ini tentunya akan berdampak pada loyalitas pelanggan.

Anda harus membuat website anda mudah untuk diakses dan tentunya memudahkan customernya. Dengan sebuah website yang mudah diakses tentu customer akan betah berlama-lama di website anda, pada akhirnya tertarik dengan produk atau layanan anda dan akhirnya menjadi customer yang loyal.

3. Website Yang Paham Kebutuhan Customernya

Desain website yang baik akan membuat customer anda paham mengenai bisnis anda. Seringkali banyak desain website yang tak proporsional dan tidak pada tempatnya. Ini akan membuat bisnis anda seperti kehilangan arah dan sulit bagi customer untuk mengetahui produk atau layanan anda. Intinya adalah sebuah desain yang baik akan memudahkan customer untuk mengetahui produk atau layanan yang anda tawarkan. Hal ini tentunya akan menarik minat mereka untuk membeli produk atau memakai jasa anda dan meningkatkan loyalitas pelanggan anda.

4. Website Yang Memberikan Informasi Terbaik Untuk Customernya

Visitor website anda tentunya selalu memiliki alasan untuk berada disana. Mereka bisa berada di website anda selama lima detik ataupun berjam-jam. Tentunya apa yang biasa dicari visitor adalah informasi. Seorang web designer harus menanamkan di benak mereka bahwa tujuannya adalah untuk meraih dan meningkatkan loyalitas pelanggan anda. Sebuah website yang baik harus didesain untuk memberikan informasi berkualitas mengenai produk atau service dengan mudah.

5. Website Yang Mencerminkan Identitas Bisnis Anda

large_628312c2ec

Seringkali seorang desainer website gagal untuk menuangkan identitas perusahaan kedalam sebuah website. Terlebih lagi hal itu sering terjadi pada bisnis skala menengah dan kecil yang mencoba membangun website mereka sendiri tanpa arahan yang  jelas.

Tentunya website yang baik mencerminkan identitas perusahaan atau bisnis anda. Identitas perusahaan atau bisnis anda akan makin menarik dengan sebuah tagline atau slogan. Identitas bisnis anda seorang desainer website harus bisa menuangkannya kedalam website bisnis anda dan tentunya hal ini harus merupakan dari strategi marketing online bisnis anda.

Simak juga bagaimana Desain dan Marketing memiliki hubungan mutualisme yang sangat kuat di sini.


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G

  • ya, memang betul seperti itu

  • Artikel yang bagus. Benar-benar memberi input dan masukan yang berharga. Keep writing dan always sukses ya!

    • Terima kasih atas support-nya, stay tuned terus di blog kami! Jangan lupa subscribe blog kami juga 🙂

  • Sebuah inspirasi yang membangun kesadaran