Dengan 1.39 miliar pengguna aktif dalam sebulan, Facebook populasi melebihi semua negara di dunia. Hal ini menjadi peluang besar bagi pemilik bisnis untuk memasarkan produk mereka melalui Facebook.

Media promosi seperti ini mampu menjangkau segala segmen, karena pengguna Facebook sendiri sudah menjangkau segala lapisan masyarakat.

Cara membuat akun Facebook juga tergolong cukup sederhana. Jika Anda ingin mempromosikan bisnis Anda melalui Facebook, ada baiknya Anda tidak hanya sekedar membuat akun Facebook biasa, tetapi tambahkan Facebook Fan Page pada akun Anda. Berikut 5 cara membuat Facebook Fanspage:

1. Tentukan Klasifikasi Produk

Select Facebook Page Type

 

Silahkan log in terlebih dulu ke akun  Facebook Anda, setelah itu buka URL ini di tab baru

https://www.facebook.com/pages/create.php

Pilih satu dari 6 klasifikasi yang tersedia:

  • Local business or place
  • Artist, band, or public figure
  • Company, organization, or institution
  • Entertainment
  • Brand or product
  • Cause of community

Pilihlah klasifikasi yang tepat, karena dapat membantu menaikkan peringkat Anda dalam pencarian yang terkait dengan bisnis Anda. Jadi, penting untuk memilih klasifikasi yang sesuai.

Setelah memilih klasifikasi, pilih kategori bisnis Anda dan tulis nama perusahaan/merek dagang Anda. Perlu diingat bahwa kategori dan nama tidak bisa diganti lagi, jadi pikirkan dengan matang dahulu. Lalu pilih kotak “I agree to Facebook page terms” dan klik “get started“.

 

2. Lengkapi Informasi

facebook page info details

 

  • Upload foto pada Fan page Anda, agar terlihat bahwa bisnis Anda professional, pilihlah foto dengan kualitas baik dan sebaiknya gunakan logo atau gambar yang dapat mencerminkan bisnis Anda, karena foto tersebut akan muncul setiap Anda melakukan posting, news feed, dan membalas pesan dari akun orang lain. Gunakan foto dengan ukuran 180 x 180 pixel.
  • Anda perlu mengisi halaman ‘About’ pada Fan page Anda. Deskripsikan bisnis Anda dalam 2-3 kalimat yang mampu menggambarkan bisnis Anda. Jika Anda mempunyai website, tidak ada salahnya untuk mencantumkan juga URL menuju website perusahaan anda.

 

 

3. Masukkan Konten

Facebook Photo Dimension
Via JohnLoomer

 

  •  Photo Cover

Photo cover membuat penampilan fanspage Anda lebih menarik. Ukuran untuk photo cover adalah 828x 315 pixel. Jika Anda belum memiliki desain photo cover, Anda bisa menggunakan jasa pembuat desain photo cover, seperti sribu.com.

 

  • Melakukan Posting di Fanspage

Penting untuk Anda mengetahui seperti apa jenis fans Anda. Mengetahui jenis dan topik informasi yang mereka sukai akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan engagement Anda dengan para pembaca.

Semakin menarik dan bermanfaat konten yang kita posting, akan semakin banyak pengunjung yang tertarik mengunjungi dan bahkan dengan suka rela membagikan konten Anda.

Mengetahui waktu dan jenis post yang tepat untuk pembaca Anda juga akan sangat membantu.

 

  • Amati Fanspage Anda

Setelah membuat Fanspage Anda menarik tentunya akan membuat kepuasan, tetapi jangan lupa bahwa akan ada pengunjung Fanspage Anda yang harus Anda pantau secara rutin. Bangunlah hubungan baik dengan pengunjung seperti membalas komentar dan pesan mereka agar interaksi dengan mereka bisa terus-menerus. Jika pengunjung puas, maka mereka pun akan membuat pengunjung pada Fanspage Anda semakin banyak.

 

4. Memantau Keterlibatan Fans Anda 

Saatnya Anda menilai sejauh mana usaha yang Anda lakukan dalam pemasaran melalui Fanspage menguntungkan.

Anda bisa mengunjuni tab “Insights” di halaman fan page Anda untuk memantau keterlibatan fans dan pengunjung Anda.

Untuk mengetahui postingan mana yang mendapatkan paling banyak reach pada halaman Facebook, pilih Insights kemudian klik Reach.

Akan tampil beberapa spike yang menunjukkan postingan mana dengan reach paling tinggi.

Namun Anda jangan bergantung dengan informasi ini saja untuk mengetahui post mana yang terbaik

Facebook Insights Reach

 

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Facebook Insights, telah kami bahas di sini.

Beberapa cara membuat Facebook Fanspage di atas tidak susah untuk dipraktekkan, bukan? Dalam pemasaran melalui media apapun sebaiknya kita membangun hubungan dengan pelanggan kita. Semakin puas pelanggan ataupun pengunjung kita, maka mereka akan bersedia menjadi promoter bisnis kita.


Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.