Pentingnya Branding dan Desain Kemasan Untuk Produk Usaha Kecil

Banyak pebisnis usaha kecil yang bingung dengan istilah brand. Anda mungkin berpikir bahwa hanya perusahaan besar saja peduli pada eksistensi sebuah brand. Namun nyatanya tak begitu usaha kecil dan menengah perlu untuk membenahi brand mereka.  Dengan pentingnya branding dan kemasan untuk produk usaha kecil maka brand anda akan lebih dikenal untuk masyarakat luas. Bagaimanapun branding dan kemasan pada produk usaha kecil lebih dari sekedar menciptakan tagline dan logo. Berikut 5 alasan pentingnya branding dan kemasan untuk UKM:

1. Branding dan kemasan membuat brand anda lebih dikenal

large_e5f6f76eac

Branding dan kemasan membuat brand anda lebih kuat dan tentunya menciptakan interaksi bagi klien. Brand merupakan kunci utama untuk pembelian karena orang lebih loyal kepada brand. Brand yang kuat saat ini haruslah unik agar lebih diingat orang. Brand yang kuat tak perlu berusaha lebih dikarenakan mereka sudah memenangkan kompetisi terhadap target market.

2. Branding dan Kemasan Menarik Perhatian Customer

Lilo

Branding dan kemasan pada produk usaha kecil menengah lebih menarik perhatian customer. Bayangkan produk yang dikemas dengan menarik di sebuah toko maka tentunya akan lebih menarik perhatian customer. Branding pada sebuah produk akan menunjukkan profesionalitas dan kualitas produk anda. Branding pada produk bisa menggunakan print ad yang tentunya mengedepankan desain sebagai senjata utama.

Banyak perusahaan yang mengadakan penelitian mengenai skema warna, desain dan tipe dari kemasan produk yang paling menarik untuk customer. Tak dipungkiri lagi desain yang menarik pada kemasan produk memang membuat customer memilih brand atau produk anda.

3. Branding dan Kemasan Memfasilitasi Keputusan Pembelian

Branding serta packaging membantu memfasilitasi keputusan sebuah pembelian. Branding serta packaging yang menarik membuat customer potensial tertarik untuk membeli produk anda. Packaging pada produk juga memuat informasi mengenai produk anda. Informasi ini biasanya juga turut memfasilitasi keputusan pembelian pada customer.

4. Branding dan Kemasan Memainkan Peranan Penting Dalam Promosi

Branding dan Kemasan Memainkan Peranan Penting dalam memberikan informasi terhadap sebuah produk. Intinya branding dan kemasan berperan amat besar terhadap promosi sebuah produk. Bagaimana jadinya sebuah produk jika tak dikemas dengan baik serta tak dilakukan strategi apapun untuk mempromosikannya. Hal ini tentunya amat berpengaruh besar pada kesuksesan produk anda. Promosi yang baik melalui strategi branding dan kemasan akan mengarahkan produk anda pada kesuksesan secara penjualan.

5. Branding dan Kemasan Membuat Produk Anda Berbeda Dengan Produk Lain

Packaging-pisang

Strategi branding dan kemasan membuat sebuah produk berbeda dengan produk lainnya. Strategi branding sendiri meliputi banyak hal seperti misalnya membuat desain website yang bagus, desain brosur atau flyer, branding pada interior ruang usaha atau branding pada desain kartu nama. Desain branding dan kemasan yang bagus, menarik dan eye catching akan membuat produk atau brand anda berbeda di tengah kompetisi produk lainnya. Kemasan serta branding yang menarik akan membuat customer mampu mengidentifikasi brand anda ditengah kompetisi dengan produk lainnya.

Starbucks memiliki strategi branding dan kemasan yang menarik. Terbayangkan oleh anda jika kemasan starbucks tidak seperti yang sekarang dan didesain dengan biasa saja, belum tentu starbucks menjadi pemain pasar yang kuat seperti saat ini.

Faktor desain amat berpengaruh pada strategi branding dan kemasan terutama untuk usaha kecil dan menengah. Tanpa desain yang baik dan profesional maka strategi branding dan kemasan yang anda lakukan sulit untuk berhasil.  Faktor desain ini juga membuat persepsi yang berbeda atas sebuah produk yang nantinya akan berujung pada sebuah pembelian.

Mendapatkan desain yang bagus dan berkualitas saat ini memang cukup sulit. Namun bukan berarti tidak bisa, desain yang eye catching dan terlihat profesional anda bisa dapatkan di Sribu. Berikut alasannya.


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G

  • Oh gitu. Thanks ya artikelnya. Nice info. 🙂

    • terimakasih atas komennya. ditunggu ya artikel-artikel terbaru dari Sribu 🙂

  • made wibawa

    Memang brading merupakan suatu keharusan
    untuk memberikan ciri khas sebuah produk
    terkadang perusahaan menyepelekan hal ini
    namun semua itu membutuhkan kerja keras
    dan keluetan. sukses selalu bro

    • @84ec21764da1aa78e49f827cd8dde89d:disqus setuju. terimakasih atas komentarnya. sukses selalu juga, mas 🙂