online-branding

Branding adalah salah satu faktor kesuksesan dalam sebuah bisnis. Branding dapat diartkan sebagai produk nantinya akan dikenal oleh masyarakat, dan bagaimana cara produk dapat sampai ke konsumen. Tentu semua bisnis menginginkan mereknya bisa dikenal oleh masyarakat luas dan dapat diterima dengan baik oleh mereka. Karena merek adalah hal pertama yang akan keluar dibenak konsumen ketika ingin membeli suatu produk.

Apa yang membuat merek mendunia?

Pasti Anda tahu merek minuman soda yang sangat mendunia, Coca-cola. Total nilai estimasi merek dari Coca-cola lebih besar dari total asset keuangan yang dimiliki merek minuman tersebut, yaitu $ 70 miliar.

Bagaimana itu bisa terjadi? Berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang branding perusahaan:

1. Bedakan Sebuah Bisnis Dan Sebuah Perusahaan

Sebuah bisnis adalah beberapa kegiatan ekonomi yang melibatkan pertukaran barang dan jasa untuk mendapatkan bayaran.

Sebuah perusahaan adalah bisnis yang melakukan serangkaian kegiatan ekonomi dibidang spesifik yang melibatkan pertukaran barang dan jasa untuk mendapatkan bayaran.

Lalu apa bedanya? Branding.

Branding adalah apa tujuan bisnis dalam kegiatan ekonomi yang sebenarnya dan mengubahnya menjadi satu kesatuan yang dikenal sebagai perusahaan atau organisasi. Branding menunjukkan keunikan dari bisnis dan dapat membuat bisnis menonjol diantara para pesaing di industri itu.

Secara sederhana, bisnis adalah setiap kegiatan yang berpotensi menghasilkan uang untuk Anda. Tapi apa yang ada saat ini? Banyak pengusaha yang memiliki bisnis (mencari uang) dan hanya sedikit sekali yang menjalankan perusahaan (membangun merek).

Bukanlah sebuah sertifikat yang menunjukkan bahwa bisnis sudah terdaftar sebagai perusahaan yang kita bahas di sini. Itu hanya berarti bahwa bisnis sudah diakui oleh Negara dan Anda punya hak dan kewajiban untuk legalitas tersebut. Tetapi bukan berarti bisnis Anda diakui masyarakat sebagai perusahaan yang sesungguhnya.

Branding memberikan arti dari bisnis, itu merupakan tali penyatu dari semua kegiatan bisnis dan memberi arti dari setiap kegiatan tersebut serta menciptakan efek dalam mencapai seluruh target pasar yang dituju. Itu adalah jiwa dalam bisnis.

2.  Apakah Bisnis Anda Branded?

Tentu Anda akan menjawab lantang, Ya! Dan semoga “Ya”  itu memang benar. Tapi tidak sepenuhnya kesalahan Anda jika itu tidak terjadi, karena banyak ahli dalam merek yang menyebut bisnis Anda branded hanya karena mereka yang merancang desain logo perusahaan, memberi warna pada logo, membuat website perusahaan, membantu membuat business plan, dan membuat brosur atau flyer pada produk. Tentu dengan semua logo yang fantastis, nama merek yang menarik, paduan warna yang indah, dan slogan yang persuasif, akan membuat yakin bahwa bisnis Anda sudah branded. Tapi pasar tidak peduli dengan itu, buatlah mereka percaya bahwa semua hal menakjubkan tadi dapat memuaskan mereka.

3.  Selamat Datang Di Era Informasi

Era informasi ini ibarat berkah dan kutukan. Berkah karena pelanggan saat ini tahu dengan siapa mereka akan bertransaksi, dan perusahaan mana yang dapat dipercaya. Pelanggan akan berbondong-bondong masuk ke perusahaan yang memang dapat dipercaya.

Artinya, ragam warna iklan dan segala kebohongan hebat tidak mampu lagi menipu siapa pun. Pelanggan bisa mengakses segala informasi, dan sebuah bisnis harus melakukan usaha lebih untuk menarik pelanggan. Tentu ini adalah kutukan bagi bisnis yang masih berpikir konsumen adalah orang yang naïf. Pelanggan membutuhkan bukti bukan janji.

Perusahaan yang sukses branding, melakukan hal yang spesial, untuk orang-orang spesial, dan alasan spesial. Hal ini membuat apa yang Anda lakukan akan mudah terlihat efeknya di pasar.

4.  Apa Yang Membuat Bisnis Branding?

Rangkaian tindakan yang konsisten, akan menghasilkan sesuatu yang konsisten untuk membantu berkomunikasi dalam serangkaian pesan yang konsisten, dan mendapatkan target pasar yang konsisten pula. Intinya, kesuksesan branding ketika punya 4 elemen kunci:

  • Tindakan konsisten
  • Hasil konsisten
  • Komunikasi konsisten
  • Target pasar konsisten

Kata kunci dari elemen-elemen tersebut adalah konsistensi, itulah inti dari branding. Semua desain logo, warna yang menarik pelanggan, brosur yang menggambarkan produk, dan hal-hal kreatif lain adalah alat yang membantu membangun konsistensi merek. Konsistensi adalah fondasi dalam membangun kepercayaan dan akan mendapat pengakuan pasar.

set-up-romanian-company

Jadi, yang mana milik Anda? Bisnis? Atau perusahaan?

Membangun sebuah perusahaan mungkin bisa dilakukan siapapun asalkan sudah mendapatkan legalitas. Tetapi membuat branding dari perusahaan adalah hal yang berbeda. Jangan sampai perusahaan gagal mencapai tujuan utama. Bangunlah kepercayaan pelanggan. Buat merek Anda mendunia.


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G

  • I Nyoman Werna

    mantap bro. trims sharingnya